Cara menyimpan sepatu-sepatu kesayangan Anda agar tidak menjadi sarang nyamuk

Jangan sampai tumpukan sepatu kesayangan Anda justru menjadi sarang nyamuk

313 views   |   1 shares
  • Banyak dari kita khususnya dari kaum wanita yang senang sekali mengoleksi sepatu, bahkan sampai ada yang memberikan waktu, tenaga, uang dan konsentrasinya hanya untuk membeli barang yang satu ini. Hal ini tidak masalah, namun yang perlu diingat adalah investasi yang cukup banyak tentunya harus diikuti dengan perawatannya juga. Seringkali justru kita kurang memerhatikan dengan baik bagaimana seharusnya kita merawat, menyimpan dan membersihkan sepatu-sepatu kita.

  • Menyimpan sepatu dengan baik dan benar akan membuat sepatu-sepatu kesayangan akan tetap terlihat bagus dan lebih tahan lama. Selain itu sepatu juga harus dilindungi dari debu, air dan sinar matahari langsung agar tidak melengkung dan berubah warna ketika disimpan. Namun menyimpan sepatu-sepatu ini juga tidak sembarangan, menumpuknya begitu saja justru akan membuat masalah baru ketika sepatu-sepatu kita menjadi sarang nyamuk di rumah, tentu hal ini sangat membuat tidak nyaman dan juga berbahaya bagi penghuni rumah termasuk buah hati kita.

  • Untuk itu ada beberapa metode penyimpanan sepatu di bawah ini mungkin dapat membantu Anda:

  • 1. Bersihkan sepatu sebelum disimpan

  • Sepatu yang memang sudah tidak akan Anda pakai dalam waktu tertentu sebaiknya tidak dibiarkan berceceran begitu saja, tapi menyimpannya dalam kondisi kotor akan membuatnya rusak. Sempatkanlah untuk membersihkan sepatu Anda sebelum menyimpannya, jika memang harus dicuci pastikan kondisi sepatu tersebut kering sempurna.

  • 2. Isi sepatu dengan kertas

  • Khusus untuk sepatu yang kemungkinan akan disimpan dalam waktu yang lama, sebaiknya diisi dengan kertas agar bentuknya tetap terjaga dan tidak memberikan ruang untuk serangga-serangga untuk bersarang di dalamnya. Gunakanlah kertas tisu toilet sebagai pengganti koran yang tintanya dapat juga menempel pada sepatu Anda.

  • 3. Gunakan lemari khusus sepatu

  • Kalau sebelumnya mungkin Anda hanya meletakkan atau menumpukkan sepatu Anda begitu saja, namun dengan menggunakan lemari khusus sepatu, barang-barang koleksi Anda ini akan menjadi lebih tertata dengan baik. Anda dapat menyusunnya berdasarkan keperluan dan fungsinya. Lemari sepatu yang baik adalah lemari yang terbuat dari kayu cemara, karena dapat menghindari serangan ngengat yang tentu saja dapat merusak sepatu Anda.

  • 4. Pakai lagi kotak sepatu sebagai pengganti plastik

  • Untuk sepatu yang akan disimpan dalam waktu yang cukup lama dan seringkali dibungkus plastik adalah anggapan yang salah. Sepatu yang tidak terkena udara justru akan berjamur dan tentu akan merusak kondisi sepatu tersebut. Anda dapat menggunakan kotak aslinya atau kotak sejenis untuk menyimpannya, gunakan gel silica untuk membantu menjaga kondisi sepatu Anda di dalam kotak tersebut. Dan jangan lupa berikan label untuk membantu Anda mengenali isi kotak tersebut.

  • Advertisement
  • 5. Jangan gunakan kapur barus di lemari

  • Kapur barus yang terbuat dari bahan kimia, meskipun baik untuk mengusir serangga tetapi sangat berbahaya bagi sepatu yang Anda simpan. Sepatu kulit yang terkena kapur barus dapat rusak kondisinya jika tertempel kapur barus. Cukup letakkan pengharum alami pada lemari untuk menghindari serangga-serangga seperti nyamuk dan ngengat pada lemari sepatu Anda.

  • Selain dari metode-metode sederhana di atas, biasakanlah untuk memeriksa sepatu-sepatu tersebut dalam periode tertentu untuk menjaga kualitas barang-barang koleksi Anda ini. Selain menjadi selalu terjaga kondisinya, Anda juga mungkin dapat menyortir ulang beberapa sepatu yang dapat disumbangkan atau menyingkirkan sepatu-sepatu yang sudah tidak akan Anda pakai lagi. Semoga bermanfaat!

Bantu kami menyebarkan

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Cara menyimpan sepatu-sepatu kesayangan Anda agar tidak menjadi sarang nyamuk

Jangan sampai tumpukan sepatu kesayangan Anda justru menjadi sarang nyamuk
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr