Kekuatan dari Harapan-Harapan Positif

Bagaimana kita sebagai keluarga bisa membangun kekuatan dari setiap anggota keluarga? Adalah sangat mudah untuk meningkatkan perilaku yang pantas daripada untuk menghilangkan perilaku yang merusak.

2,037 views   |   4 shares
  • Kepala sekolah di mana anak saya bersekolah menelepon saya. Alex baru saja beberapa minggu masuk taman kanak-kanak, jadi saya begitu terkejut menerima telepon dari sekolahnya. Sayangnya, ternyata saya tidak terkejut seperti yang seharusnya. Anak saya terlibat dalam perkelahian di taman bermain dengan anak-anak yang lebih tua. Dan semenjak itu para guru selalu mendapatkan masalah dari Alex.

  • Sayangnya, hal-hal buruk itu tidak hanya terjadi di sekolah. Sebagai orangtua, kita mungkin tidak menyadari kebiasaan dari anak kita sendiri. Bukan maksud kita mengabaikannya, kita sangka kita sudah berbuat sebaik mungkin. Sesungguhnya, tidak ada seorang pun yang mencintai anak-anak kita sebanyak kita sendiri, tetapi kadang-kadang kita tidak menyadari telah menciptakan harapan yang salah.

  • “Dia sejak dulu selalu pemalu,” Saya mendengar seorang ibu mengatakan tentang putrinya yang sekarang berumur 21 tahun.

  • Atau, “Dia sama seperti saudara saya, Heru – yang pemalas.”

  • “Dia sama sekali tidak memiliki ambisi, sama seperti neneknya, “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.”

  • Sering kali, tidak peduli apakah anak-anak atau cucu-cucu kita percaya bahwa sikap atau tingkah laku yang tidak diharapkan ini bukanlah berasal dari dalam diri mereka tetapi pengaruh dari luar, mereka akan gampang percaya bahwa gambaran buruk ini menunjukkan siapa diri mereka sesungguhnya, pemalas, tidak mau bertanggung jawab, pemalu, atau bertingkah aneh. Lebih sulit mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan daripada mengubah bagaimana seharusnya kita bertingkah-laku. Setiap anak sangat berharga, mereka mungkin memulai kenakalannya di luar dugaan kita.

  • Apa yang akan terjadi jika kita mengubah persepsi tentang anak kita? Bagaimana kalau kita bisa mengubah perilaku negatif tersebut dengan cara mulai melihat anak-anak kita dalam persepsi yang baru? Bagaimana jika kita bisa melihat potensi sesungguhnya dari anak-anak kita? Bagaimana harapan-harapan positif tentang siapa anak-anak kita mampu mempengaruhi tingkah laku mereka sekarang?

  • Pada musim panas sebelum Alex naik kelas kami mendaftarkan dia di sekolah yang baru. Kami telah membahasnya panjang lebar, untuk memulai awal yang baru. Alex sekarang seperti selembar kertas yang sama sekali belum pernah ditulisi. Tidak akan ada lagi perkelahian di taman bermain. Tidak akan ada lagi keonaran di sekolah. Perilaku lama Alex tidak lagi sama seperti sebelumnya, Sekarang, dia dipengaruhi oleh harapan positif dari orang lain.

  • Advertisement
  • Langkah yang bagaimana yang dapat kita terapkan di rumah untuk mengubah harapan-harapan negatif yang kita miliki tentang anak-anak kita? Bagaimana kita bisa menulis ulang kisah tentang apa yang mereka yakin bisa diharapkan dari mereka?

  • Cobalah beberapa kegiatan berikut ini:

    1. Sebagai orang tua ajaklah anak-anak anda untuk duduk bersama dan membuat daftar karakter positif masing-masing dari mereka. Buatlah terpisah dan kemudian bandingkan.

    2. Libatkan kakek, bibi, paman dan saudara-saudara yang lain untuk ikut serta, ingatkan mereka bahwa anda sedang mencari hal-hal yang menguatkan bukan melemahkan.

    3. Terakhir tanyailah anak-anak anda bagaimana mereka melihat hal-hal terbaik tentang diri mereka.

  • Susunlah semua persepsi positif ini. Bagaimana setiap dari mereka berbeda? Kemudian tanyakanlah kepada diri Anda sendiri, “Bagaimana kita sebagai keluarga bisa membangun kekuatan dari setiap anggota keluarga?” Lebih mudah meningkatkan perilaku yang pantas daripada menghilangkan perilaku yang merusak.

  • Harapan baru untuk perilaku positif dari anak-anak Anda mungkin memerlukan waktu beberapa bulan sebelum akhirnya bisa dilihat hasilnya. Akan ada banyak tantangan dan rintangan dari berbagai sisi secara bersamaan. Jangan pernah menyerah, bersabarlah. Hasilnya akan membahagiakan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “The power of positive expectations” karya Susan N. Swann.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Read about the power of families to seek after the one in Susan's book: Coming Home: A Mormon's Return to Faith. Learn more at www.returntofaith.org You can reach Susan at: susanswann7@hotmail.com

Kekuatan dari Harapan-Harapan Positif

Bagaimana kita sebagai keluarga bisa membangun kekuatan dari setiap anggota keluarga? Adalah sangat mudah untuk meningkatkan perilaku yang pantas daripada untuk menghilangkan perilaku yang merusak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr