8 kegiatan ini bisa jadi hobi baru Anda. Yuk, dicoba!

Saat rutinitas membuat Anda jenuh, mari coba 8 kegiatan yang bisa dibilang “kekinian” sebagai (calon) hobi baru Anda. Siapa tahu, banyak manfaat yang Anda bisa petik darinya.

117 views   |   shares
  • Menjalankan kegiatan favorit Anda sebagai hobi, bukan berarti bebas dari rasa bosan. Saat rutinitas begitu membelenggu, terkadang jawabannya adalah membuat kebiasaan baru. Salah satunya, mencoba aktivitas baru sebagai variasi.

  • Tak ada salahnya juga jika Anda mencoba 8 kegiatan yang bisa dibilang "kekinian" sebagai (calon) hobi baru Anda. Siapa tahu, banyak manfaat yang Anda bisa petik darinya.

  • 1.Decoupage

  • Bangkitkan kembali jiwa artistik Anda dengan decoupage. Kegiatan ini pada dasarnya adalah menghias barang menggunakan potongan-potongan kertas. Namun, bukan sembarang hiasan, decoupage akan menyulap potongan-potongan kertas menjadi karya menawan. Gaya yang sedang hits saat ini adalah shabby chic yang kental aura vintage-nya. Motif floral adalah salah satu ciri khasnya. Contoh-contoh decoupage dapat Anda contek dari Ratu Rumah Tangga, Martha Stewart. Atau, bebaskan kreasi Anda dan mulai mendekorasi ulang perabot rumah tangga Anda menjadi lebih berseni.

  • 2. Membuat vlog

  • Kekuatan media sosial menjadikan sebuah hal kecil dapat berdampak besar. Inilah yang menjadikan video blogging (vlogging) begitu populer saat ini. Saat memandang tulisan dan gambar terasa menjenuhkan, video menawarkan kekuatan audio visual yang menyampaikan pesan dengan lebih baik. Nyalakan kamera Anda dan mulailah berbagi hal-hal positif kepada dunia. Anda dapat membuat video tutorial tentang apa saja, mulai dari memasak, menata busana atau hijab, hingga cara membuka dan menutup stroller! Pilihan lain, Anda dapat membuat review atas produk yang Anda gunakan. Video berbentuk jurnal harian atau catatan perjalanan, juga menarik minat pemirsa, khususnya jika topiknya begitu dekat dengan keseharian. Cobalah menonton saluran vlog yang telah viral untuk mencari inspirasi dan trik menghidupkan vlog karya Anda.

  • Advertisement
  • 3. Mewarnai

  • Kegiatan yang biasanya identik dengan kanak-kanak ini ternyata membawa banyak manfaat bagi orang dewasa, lho! Seorang ahli kejiwaan ternama, Carl Jung secara visioner telah "meresepkan" mewarnai sebagai salah satu terapi kepada para pasiennya. Kegiatan mewarnai juga di bawah sadar akan membangkitkan kenangan bahagia masa kecil Anda dan membuat Anda lebih lepas. Untuk kegiatan mewarnai dewasa, telah tersedia banyak buku dan aplikasi ponsel dengan berbagai tema gambar. Tema alam dan motif mandala menjadi tema terpopuler yang biasa dipilih. Sebagai media pewarna, pensil warna disarankan untuk dipilih ketimbang krayon dan spidol, untuk hasil yang lebih rapi dan mudah dibaurkan warnanya untuk menghasilkan rangkaian warna baru.

  • 4. Membuat bento

  • Bekal dengan visual menarik ala Jepang ini tak melulu jadi konsumsi Si Kecil. Kotak makan kini menjadi kanvas baru jemari Anda, hingga menawan bak karya seni memukau mata. Bento dapat dibuat sesuai kreasi dan kegemaran penikmatnya. Mulai dari bekal sekolah anak dengan tokoh kartun favoritnya, atau kotak makan siang untuk suami tercinta. Sajian yang dimasukkan pun tidak terbatas pada masakan khas Jepang saja. Kudapan dan hidangan pencuci mulut pun dapat Anda jadikan bagian dari bento. Ada prinsip dan langkah-langkah pembuatan bento yang patut Anda perhatikan. Komposisi warna, jenis makanan, hingga kemasan makanan menjadi faktor-faktor yang harus Anda atur untuk menciptakan bento yang sedap dipandang, dinikmati, dan bermanfaat.

  • Advertisement
  • 5.Online karaoke

  • Ingatkah Anda pada video menarik first lady AS, Michelle Obama yang berkaraoke ria dengan pesohor asal Inggris, James Corden di dalam mobil? Satu alasan mengapa Anda jangan ragu untuk mengeluarkan suara emas Anda, tanpa perlu datang ke tempat-tempat karaoke. Sekarang, melalui berbagai aplikasi online karaoke, Anda dapat mudah memilih lagu favorit Anda dan segera berdendang. Bahkan, Anda dapat berduet dengan penyanyi lain, tanpa harus berada di sisinya secara fisik! Yang terpopuler saat ini, Smule, dapat Anda unduh di ponsel pintar Anda. Ambil mikrofon itu dan segeralah bernyanyi, kawan.

  • 6. Merajut

  • Jika dahulu, para Nenek dan Oma adalah penggemar kegiatan merajut, kini aktivitas ini sudah ditekuni banyak kaum muda. Sederet selebriti pun menjadikan merajut sebagai kegemaran mereka, seperti Sarah Jessica Parker, Julia Roberts, hingga Ashton Kutcher. Selain melatih koordinasi mata-tangan Anda, merajut juga menjadi pereda stres yang ampuh. Selain itu, Anda dapat merancang aneka aksesoris rajutan dengan tangan Anda sendiri. Apabila Anda suka tantangan, Anda dapat menjajal rajutan raksasa yang ekstrim dan spektakuler. Ssst, kabarnya berbelanja benang rajut dapat membuat Anda sekalap memborong sepatu, lho!

  • Advertisement
  • 7. Membuat materi Montessori untuk anak

  • Sekali waktu,libatkan anak tercinta dalam menjalankan hobi Anda. Membuat materi "bermain sambil belajar" menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. Aktivitas berbasis Montessori dapat Anda fokuskan pada pengenalan sensori dan belajar melakukan kegiatan rumah tangga harian. Mengenal aneka tekstur bahan, mengenali warna, bentuk, menuangkan cairan, membuka dan menutup aneka kemasan, bisa menjadi cara pembelajaran baik untuk anak. Dengan memberikan kesempatan mereka pula turut menciptakan mainan-mainan ini bersama Anda, kesenangan dan keceriaan pun akan bertambah kala melakukannya.

  • 8.Food photography

  • Apa yang Anda lakukan sebelum menyantap hidangan? Bisa jadi, dewasa ini, mayoritas akan menjawab "mengambil foto makanan" ketimbang "berdoa". Sekarang, jangan hanya ambil sembarang foto untuk diunggah di media sosial Anda. Tingkatkan estetika dengan menekuni food photography. Tidak perlu membeli kamera mahal, Anda dapat menghasilkan foto cantik sebagai pemula. Cukup manfaatkan cahaya alami dan penataan artistik dengan sudut pandang yang tepat. Anda mampu menyuguhkan kisah lezat yang menerbitkan liur dalam jepretan Anda.

  • Hobi baru akan menghadirkan cerita-cerita baru dalam hari-hari Anda. Ciptakan kenangan indah dan tak terlupakan dari aktivitas bermanfaat yang menjadikan hidup Anda lebih berwarna.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

8 kegiatan ini bisa jadi hobi baru Anda. Yuk, dicoba!

Saat rutinitas membuat Anda jenuh, mari coba 8 kegiatan yang bisa dibilang “kekinian” sebagai (calon) hobi baru Anda. Siapa tahu, banyak manfaat yang Anda bisa petik darinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr