5 cara sederhana mengenalkan transportasi udara pada anak

Yuk, segera kenalkan pada anak agar penerbangan di waktu liburan besok terasa lancar dan nyaman

334 views   |   shares
  • Anak-anak cenderung punya rasa ingin tahu yang besar. Semakin hari mereka semakin kritis. Sebagai orangtua tentu kita harus memperlengkapi diri dengan pengetahuan-pengetahuan umum dengan banyak membaca, termasuk jenis-jenis transportasi. Bila Anda dan keluarga termasuk sering bepergian, tentu anak-anak akan bertanya macam-macam hal mengenai transportasi yang Anda dan keluarga gunakan. Mengenalkan transportasi darat relatif lebih mudah karena mudah diakses dan harganya lebih murah. Lantas, bagaimana caranya mengenalkan transportasi udara? Simak 5 cara sederhana mengenalkan anak pada transportasi udara berikut ini.

  • Nah, sebelum Anda mengenalkan pada anak Anda, pastikan Anda telah menguasai berbagai jenis transportasi udara yang akan Anda ajarkan pada anak Anda.

  • 1. Ajak menggambar

  • Ceritakanlah tentang berbagai jenis transportasi udaranya. Deskripsikan dengan bahasa anak-anak tentang alat transportasi tersebut. Lalu, ajak dia menggambarkan imajinasinya tentang alat transportasi tersebut. Ini juga dapat merangsang daya imajinasi anak. Jangan memperlihatkan bentuk aslinya terlebih dahulu, Anda ingin melihat imajinasinya akan hasil penjelasan Anda. Bila Anda telah memperlihatkan bentuk aslinya, hasil yang digambar cenderung adalah hasil dari apa yang dia lihat.

  • 2. Art and craft

  • Anda dapat mengajak anak Anda berkreasi membuat macam-macam transportasi udara. Anda dapat menggunakan botol minuman air mineral bekas untuk membuat pesawat balon, kardus bekas untuk membuat pesawat, kantong plastik untuk membuat balon udara. Lalu beri label nama setelahnya. Bila Anda bingung, carilah di internet bagaimana membuat macam-macam transportasi udara. Ini akan menjadi saat yang menyenangkan buat anak dan Anda. Anda juga dapat menyiapkan cat air/poster untuk dia gunakan pada hasil karyanya. Bila Anda tidak ingin rumah menjadi berantakan/kotor, kerjakanlah di teras atau bagian belakang rumah Anda dengan dialasi koran.

  • 3. Video

  • Anda juga dapat memperlihatkan video tentang transportasi udara ini. Selain melihat bentuknya yang nyata, anak juga dapat mendengar suara yang dihasilkan alat-alat transportasi udara tersebut. Dampingi anak Anda ya ketika Anda sedang memperlihatkan video-video tersebut. Jelaskan pada anak Anda tentang jenis transportasi yang sedang ia tonton. Anda juga dapat mencari video lagu anak-anak tentang transportasi udara lewat internet.

  • 4. Tebak gambar

  • Nah, setelah Anda telah memperlihatkan bentuk asli dari transportasi udara tersebut melalui video, saatnya melakukan permainan tebak gambar. Bila Anda memiliki keahlian menggambar, Anda dapat menggambarnya di karton, hias dan ajak anak menebak apa nama alat transportasi tersebut. Namun, bila kualitas gambar Anda sedang-sedang saja dan Anda ingin praktis, Anda dapat mencari di internet lalu dicetak di karton, hias dan siap digunakan.

  • Advertisement
  • 5. Cetakan puding/kue

  • Carilah dan belilah cetakan puding/kue yang berbentuk transportasi udara. Akan lebih menyenangkan lagi bila Anda mengajak anak Anda membuat puding/kue/coklat bersama-sama lalu mencetaknya dalam cetakan tersebut. Setelah jadi, berikan hasilnya pada anak Anda. Anda dapat melakukan permainan tebak gambar sembari anak Anda makan. Selain mengenalkan berbagai jenis kendaraan, Anda juga mengenalkan aktivitas di dapur kepada anak Anda. Sekali dayung, 2 atau 3 pulau terlampaui. Menyenangkan bukan?

  • Demikianlah 5 cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengenalkan macam-macam transportasi udara pada anak Anda. Belajar tidaklah selalu harus di meja belajar dan dapat dibuat menyenangkan untuk anak-anak. Bila ada museum ataupun pameran alat transportasi di kota Anda, Anda juga dapat mengajak anak Anda mengunjunginya. Selamat berkreasi!

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

5 cara sederhana mengenalkan transportasi udara pada anak

Yuk, segera kenalkan pada anak agar penerbangan di waktu liburan besok terasa lancar dan nyaman
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr