Ini cara si 'introvert' membaur dalam pesta

Berada di keramaian adalah 'waktu penyiksaan' bagi mereka dengan kepribadian introver. Coba lakukan tips di bawan ini untuk dapat menikmati sebuah pesta tanpa kecemasan berlebih.

314 views   |   1 shares
  • Kepribadian introver bukan berarti mereka memiliki ketakutan terhadap orang lain. Tipe kepribadian ini mungkin seringkali terlihat sebagai orang yang pemalu, padahal sebenarnya mereka cenderung memproses sesuatu hal secara internal dan berpikir dahulu sebelum bicara. Tipe introver umumnya lebih banyak melakukan dialog dalam diri sendiri, lebih suka memikirkan tentang gagasan atau memori dalam benak mereka sendiri. Sehingga kegiatan seperti meneliti, membaca atau menulis dapat lebih menarik perhatian seseorang dengan sifat introver ketimbang harus bersosialisasi dengan orang lain.

    Meskipun Anda seorang introver, ada kalanya berbaur dalam lingkungan sosial juga perlu dilakukan. Misalnya saat menghadiri sebuah pesta atau acara tertentu untuk kepentingan karier, kehidupan sosial atau memperluas jejaring. Tentu tidak mudah bagi Anda, berada dalam keramaian. Untuk mengatasi kekhawatiran yang mungkin timbul saat Anda harus menghadiri sebuah acara, coba lakukan beberapa tips di bawah ini untuk membantu Anda berbaur dengan semua orang dalam segala kondisi.

  • 1. Siapkan satu atau dua kalimat pembuka percakapan atau sebuah cerita lucu

    Bagi Anda yang kerap kali bingung kehabisan ide untuk berbicara basa-basi dengan orang lain, beberapa topik standar pembuka percakapan adalah membahas hal-hal ringan tentang topik kesukaan lawan bicara Anda, up-date info berita terbaru hingga hobi. Anda juga perlu mempersiapkan sebuah cerita lucu yang inklusif, lucu, atau trending topik yang masih hangat atau baru saja terjadi. Ini adalah salah satu cara membuat orang akan senang atau tertarik berbincang dengan Anda.

  • 2. Berpikir bahwa Anda adalah tuan rumah

    Meskipun Anda menghadiri pesta milik orang lain, tidak ada salahnya untuk menganggap diri Anda 'tuan rumah' pada pesta tersebut. Tentunya hanya dalam pikiran Anda, untuk membangkitkan kepercayaan diri dan membuat Anda merasa nyaman karena terasa sedang di rumah. Salah satu cara mudah adalah dengan berakting layaknya tuan rumah, memperkenalkan orang satu sama lainnya atau menawarkan minuman atau makan kepada orang lain.

  • 3. Jauhkan pikiran negatif dari pikiran Anda

    Jika Anda menganggap ide berada di keramaian adalah situasi yang stres, maka tubuh Anda pun akan bereaksi terhadap pikiran Anda tersebut. Kecemasan mulai menendang, telapak tangan berkeringat, otot tegang dan denyut jantung Anda akan mengalami percepatan. Hal ini hanya akan membuat Anda semakin gugup dan merasa tidak nyaman yang terlihat pada gerak-gerik Anda, sehingga orang pun merasa tidak nyaman berada di sekitar Anda.

  • 4. Mengambil waktu 'break'

    Di tengah pesta yang sedang berlangsung, ambillah waktu istirahat sejenak dari tengah keramaian untuk mengisi ulang tenaga dan menata emosi Anda. Sukses berbaur dalam sebuah pesta bagi seorang introver, tetap saja sangat mudah menguras emosi dan tenaganya. Karenanya menarik diri dari keramaian dengan pergi ke toilet, atau keluar mencari udara segar, penting bagi Anda untuk mereset ulang energi dan pikiran. Jangan terlalu memaksakan harus bergaul sebanyak-banyaknya dan pastikan Anda memiliki waktu untuk merehabilitasi diri agar kembali semangat melanjutkan pesta.

  • 5. Beri penghargaan pada diri sendiri

    Hadiahi diri Anda sendiri, saat sudah berhasil melewati segala ketegangan tersebut. Tujuannya agar memotivasi diri Anda supaya dapat lebih percaya diri ke depannya. Dengan melakukan hal ini Anda akan mulai mengenali perasaan positif yang dirasakan saat Anda dapat terbuka dan menikmati keramaian. Hal ini akan berguna bagi Anda untuk acara-acara berikutnya.

Bantu kami menyebarkan

Saya mahasiswa akhir di Institut Kesenian Jakarta, Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami yang saya cintai. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Ini cara si 'introvert' membaur dalam pesta

Berada di keramaian adalah 'waktu penyiksaan' bagi mereka dengan kepribadian introver. Coba lakukan tips di bawan ini untuk dapat menikmati sebuah pesta tanpa kecemasan berlebih.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr