Yang perlu Anda perhatikan selama bayi masih dalam fase oral

Apakah bayi Anda sedang berada pada masa di mana apapun yang dilihatnya akan dimasukkan ke dalam mulutnya? Jika ya, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melewati fase ini.

1,936 views   |   15 shares
  • Pada fase oral (memasukkan benda ke dalam mulut), mulut merupakan sumber kenikmatan yang utama pada bayi. Ada dua macam aktivitas oral yang dilakukan oleh bayi pada fase ini yaitu menggigit dan menelan. Aktivitas ini adalah ciri karakter yang akan berkembang di kemudian hari, oleh karenanya fase ini merupakan fase yang sangat penting pada seorang manusia.

  • Terkadang kita sebagai orang tua suka khawatir dan melarang anak menggigit mainan atau benda yang dipegangnya. Di usia 0 sampai sekitar 18 bulan seorang anak memang akan cenderung melakukan hal tersebut, menggigit dan memasukkan benda-benda ke dalam mulut. Padahal hal ini wajar saja, dan sebaiknya kita tidak melarangnya untuk melakukan hal tersebut. Karena jika dalam fase ini dijalani dengan tidak maksimal ternyata akan mengganggu tumbuh kembangnya di kemudian hari seperti menjadi tidak lancar berbicara, makan dan sebagainya. Bahkan dapat membuat kebiasaan lain yang lebih buruk seperti menggigit kuku atau jari. Oleh karena itu sebaiknya kita orang tua membantunya agar anak dapat melewati fase ini dengan baik namun tidak melarangnya melakukan hal tersebut.

  • Yang perlu diperhatikan oleh para orang tua agar dapat membantu anaknya melewati fase oral ini adalah dengan selalu memerhatikan apa yang dimasukkan oleh anak Anda ke dalam mulut. Jangan biarkan anak Anda menggigit atau memasukkan mainan yang tidak bersih ke dalam mulutnya. Jika ini terjadi Anda tidak perlu memarahinya tetapi perlahan ambillah mainan tersebut dan gantilah dengan mainan lain yang mungkin khusus untuk ia gigit. Saat ini banyak sekali jenis mainan yang memang dibuat dan disiapkan untuk digigit oleh bayi.

  • Masa saat bayi selalu memasukkan apa saja ke dalam mulutnya adalah bagian dari belajar. Melarang atau mengekang anak untuk melakukan hal tersebut sebelum fase itu terlewati dapat mengganggu perkembangannya, bahkan perokok dewasa dianggap sebagai orang yang tidak melewati fase oral ini dengan baik. Meski demikian fase ini biasanya hanya berlangsung sampai bayi berumur 18 bulan, tidak juga dianjurkan melanjutkan kebiasaan-kebiasaan tersebut sampai anak melewati fase tersebut. Terlebih lagi saat mulai masuk sekolah, berangsur-angsur kebiasaan ini sudah harus dikurangi dan dihilangkan sebelumnya, namun tentu tidak dengan cara yang keras seperti paksaan apalagi dengan mengejeknya.

  • Upayakan untuk membuat anak merasa menjadi tidak enak lagi melakukan hal tersebut tanpa mengurangi rasa aman nya terhadap Anda, ini adalah merupakan cara yang terbaik. Dengan mengoleskan sesuatu yang pahit pada jari anak ketika sedang tidur misalnya sehingga membuatnya tidak enak untuk menghisap jarinya akan membuatnya perlahan melupakan kebiasaan buruk tersebut. Dari pengakuan beberapa orang tua yang melakukan cara tersebut pada anaknya, banyak yang mengatakan hal tersebut cukup berhasil membuat anak mereka untuk tidak lagi menghisap jarinya.

  • Advertisement
  • Dan hal lain yang perlu diingat adalah bahwa dengan bertambahnya usia anak dan semakin matang jiwanya, anak juga akan belajar apa yang baik dan tidak baik dilakukan oleh anak-anak seusianya. Jadi fase oral ini memang harus dilalui oleh seorang anak dengan baik dan tidak perlu dihilangkan dengan cara-cara yang membuatnya tertekan atau terpaksa. Semoga pengetahuan ini dapat menambah informasi pada orang tua yang memiliki anak usia 0-18 bulan atau sedang membantu anaknya untuk melalui fase oral tersebut. Semoga bermanfaat!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Yang perlu Anda perhatikan selama bayi masih dalam fase oral

Apakah bayi Anda sedang berada pada masa di mana apapun yang dilihatnya akan dimasukkan ke dalam mulutnya? Jika ya, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melewati fase ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr