Bagaimana semestinya suami berperan dalam keuangan rumah tangga?

Siapakah yang seharusnya bertanggungjawab dalam urusan keuangan rumah tangga?

4,477 views   |   23 shares
  • Seringkali permasalahan muncul ketika menyangkut pengaturan keuangan rumah tangga. Suami merasa paling berhak mengatur keuangan karena dialah yang mencari nafkah, sedangkan istri juga merasa berhak mengatur keuangan karena merasa lebih mengerti cara mengelola uang. Lantas, sebenarnya siapakah yang berhak mengatur keuangan keluarga? Apakah sesungguhnya peranan seorang pria dalam keuangan rumah tangga?

  • Kebanyakan keuangan rumah tangga biasanya diserahkan kepada kaum istri dengan asumsi bahwa wanita lebih pintar mengelola keuangan. Namun, masalah baru akan muncul bila kebetulan sang istri cenderung lebih boros daripada suami. Akibatnya bisa saja keuangan rumah tangga malah jadi berantakan. Lain lagi untuk beberapa tradisi yang mengharuskan suami yang mengatur keuangan rumah tangga padahal sang suami ini tidak terlalu pintar dalam mengelola keuangan, akibatnya pun keuangan rumah tangga bisa fatal.

  • Oleh sebab itu, seperti di semua aspek dalam rumah tangga, keuangan pun perlu yang namanya kesepakatan bersama. Sekalipun suami adalah pencari nafkah, tidak ada salahnya menyerahkan pengelolaan keuangan rumah tangga kepada istri bila memang istri lebih menguasai pengelolaan keuangan. Bicarakanlah bersama dengan suami bagaimana Anda dan suami akan mengatur keuangan rumah tangga. Apakah suami yang mengatur setiap pos pengeluaran dan istri yang mengelola, atau suami mengatur beberapa pos seperti tagihan rumah dan istri yang mengatur pos pengeluaran dapur dan sekolah anak.

  • Pertanyaan berikutnya muncul apabila suami bukanlah pencari nafkah melainkan istri. Istri merasa dialah yang paling berhak mengatur keuangan keluarga karena dialah pencari nafkah ditambah suami yang seharusnya pada umumnya adalah pencari nafkah malah tidak melakukan bagiannya.

  • Nah, pernah ada sebuah kejadian sang suami tidak bekerja dan istrinyalah yang mencari nafkah. Sehari-hari suami mengurus anak dan rumah sedangkan istrinya bekerja. Pada awalnya keuangan rumah tangga diurus sepenuhnya oleh sang istri. Namun, keuangan rumah tangga mereka tidak pernah stabil dan selalu kekurangan. Sampai akhirnya mereka bersepakat bahwa sang suami yang akan mengatur keuangan rumah tangga mereka. Singkat cerita, setelah keuangan diatur oleh sang suami, keuangan rumah tangga mereka berangsur membaik. Gaji sang istri dikelola dengan baik oleh sang suami. Karena memang sang suami mempunyai latar belakang pendidikan di bidang keuangan dan sudah dari sebelum menikah telah terbiasa mengatur keuangannya dengan baik dan menaati anggaran yang telah dibuat.

  • Advertisement
  • Jadi, meskipun kelihatannya sang suami tidak berperan sebagaimana mestinya menjadi pencari nafkah, sang suami mengatur keuangan rumah tangga dan rumah dengan baik sekali. Ini hanyalah contoh bahwa kembali lagi, tidak ada aturan baku siapa yang harus mengatur keuangan rumah tangga. Bila Anda menganut paham bahwa suamilah yang harusnya berperan sebagai pencari nafkah, maka bicarakanlah dengan suami. Dukung dan tolonglah suami Anda untuk mencari pekerjaan baru untuknya.

  • Namun, harus diakui kebanyakan wanita cenderung lebih tidak menaati anggaran yang telah dibuat dibandingkan dengan kaum pria. Mereka cenderung lebih cepat mengkalkulasi apakah sebuah pengeluaran akan berdampak pada keuangan rumah tangga atau tidak. Suami juga dapat menjadi rem yang baik untuk istri yang suka berbelanja. Bila Anda adalah termasuk kelompok yang senang berbelanja, maka serahkanlah pengaturan keuangan rumah tangga kepada suami dengan sukarela. Bagaimanapun, suami adalah imam dalam rumah tangga, pemimpin dalam rumah tangga.

  • Maka jawaban dari pertanyaan apakah sebenarnya peran pria dalam keuangan rumah tangga dikembalikan lagi kepada kesepakatan antara suami dan istri.

Bantu kami menyebarkan

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Bagaimana semestinya suami berperan dalam keuangan rumah tangga?

Siapakah yang seharusnya bertanggungjawab dalam urusan keuangan rumah tangga?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr