Yang harus dipilih dan dihindari penderita stroke

Apa saja yang harus Anda lakukan untuk terhindar dari serangan stroke ke-2 kalinya?

274 views   |   2 shares
  • Bila Anda pernah mengalami stroke, Anda harus berhati-hati untuk jangan sampai mengalami stroke sekali lagi. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk itu? Stroke adalah akibat dari mengalirnya darah secara tidak beres ke otak sehingga sel-sel otak mati. Ada dua macam stroke yaitu ischemic atau tidak adanya aliran darah ke otak danhemorrhagic atau pendarahan pada otak. Keduanya mengakibatkan otak tidak dapat berfungsi dengan benar. Gejala stroke ischemic dapat berlangsung sampai dua jam. Gejala stroke hemorragic dapat berakibat permanen. Tanda-tanda stroke antara lain kehilangan rasa dan kelumpuhan pada sebelah bagian badan, kesulitan untuk memahami atau berbicara, kepala pusing, sebelah mata tidak dapat melihat.

  • Hindari makan banyak garam dan gula

  • Bagi lansia makan garam terlalu banyak dapat menyebabkan darah tinggi, sedangkan kebanyakan gula menyebabkan diabetes, keduanya adalah penyebab stroke.

  • Makanlah buah dan sayur

  • Buah-buahan seperti strawberry, anggur, blackberry mengandung zat penawar yang dapat mematikan zat-zat radikal yang membunuh sel-sel tubuh. Makanan gaya Timur Tengah membantu mengurangi risiko stroke. Menu ini mengandung banyak ikan, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Dengan menyantap menu ini kolesterol turun, asam urat berkurang, darah tinggi dan gula darah terkendali. Sebuah studi yang melibatkan puluhan ribu wanita Swedia memantau mereka selama dua puluh tahun. Ternyata dengan menyantap menu Timur Tengah para wanita itu tidak pernah mengalami stroke, serangan jantung atau gagal jantung. Menu Timur Tengah juga menghindari pemakaian minyak, menu ini memakai sedikit minyak zaitun yang dipakai tidak lama sebelum masakan dihidangkan sehingga struktur minyak tidak berubah karena panas sehingga membahayakan kesehatan.

  • Tentu saja semua ini kuncinya ialah porsi yang secukupnya saja. Jangan berlebihan, karena biarpun makanan sehat bila dimakan terlalu banyak tidak akan sehat. Makan berlebihan akan mengakibatkan berat badan bertambah yang pada akhirnya bahkan dapat menyebabkan stroke.

  • Berhentilah merokok

  • Merokok dapat merusak urat nadi ke jantung dan otak sehingga mengakibatkan gumpalan darah yang menyumbat jalannya darah ke otak. Anehnya bila orang berhenti merokok sebelum terkena stroke atau kanker, urat nadinya dapat memperbaiki diri dan sehat kembali. Demikian pula penggunaan narkoba mempertinggi kemungkinan terkena stroke.

  • Olahraga

  • Gaya hidup yang aktif dengan olahraga ringan dapat membuat tubuh lebih sehat. Bahkan bila tanpa Anda sadari Anda memiliki penyakit pembuluh darah, penyakit ini dapat disembuhkan dengan olahraga ringan. Olahraga juga dapat mengendalikan berat badan yang berarti Anda mengatur tekanan darah tinggi serta gula darah Anda sehingga badan lebih sehat.

  • Advertisement
  • Mengurangi stres

  • Kehidupan yang penuh stres akan memperbesar kemungkinan terkena stroke, karena itu cobalah untuk hidup lebih santai. Lakukanlah yoga, taichi, tamasya jika pekerjaan Anda menimbulkan banyak stres. Perbaiki hubungan yang mengakibatkan timbulnya stres, jangan menyimpan perasaan dendam atau kurang baik karena Anda sendiri yang akan merasakan akibat buruknya.

  • Stroke yang disebabkan oleh penyakit keturunan atau kesehatan Anda yang buruk, dapat dihindari jika Anda mengatur gaya hidup Anda sesuai dengan saran-saran di atas. Jangan lupa pergi ke dokter paling tidak setahun sekali untuk memeriksakan kesehatan Anda, ini juga penting guna menghindari stroke.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Yang harus dipilih dan dihindari penderita stroke

Apa saja yang harus Anda lakukan untuk terhindar dari serangan stroke ke-2 kalinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr