6 pertimbangan saat akan memberikan gadget kepada anak

Ketimbang memberikan gadget dengan harga yang fantastis pada anak, pentingkan faktor fungsi dan kegunaannya.

278 views   |   1 shares
  • Pada zaman dahulu banyak orangtua memarahi anak-anaknya karena suka bermain di luar rumah. Kini sebaliknya, orangtua justru lebih mendorong anak-anak mereka untuk bersosialisasi dan bermain di luar ketimbang berdiam diri di kamar dengan gadgetnya. Perangkat teknologi seperti gadget memiliki pengaruh besar bagi kesehatan mental serta psikologis anak-anak. Banyak penelitian yang mengungkapkan pengaruh buruk gadget terhadap perkembangan anak. Namun tentunya jika digunakan dengan tepat, perangkat teknologi dapat berguna baik.

  • Bagi Anda para orangtua, mampu menerapkan peraturan bijak penggunaan gadget pada anak, akan dapat menjauhkan mereka dari berbagai risiko buruk. Namun tentu tidak mudah melarang anak memegang gadget, apalagi ingin memilikinya.

  • Orangtua tetap bisa menentukan kapan saat yang paling tepat bagi anak-anak memiliki gadget pertamanya. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini 6 hal yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin memberikan gadget pertama kali kepada anak:

  • 1. Pertimbangkan usia yang ideal bagi anak memiliki gadget

  • Psikoterapi, Frand Walfish, mengatakan "Usia ideal bagi seorang anak memiliki perangkat gadget pertamanya adalah rentang 10 hingga 13 tahun. Pada usia ini anak-anak telah dianggap mampu memahami fungsi dari perangkat gadget dan bagaimana cara merawat serta mengoperasikannya."

  • 2. Pertimbangkan apakah anak-anak benar-benar membutuhkannya atau tidak

  • Tujuan orangtua memberikan fasilitas gadget kepada anak memiliki banyak motif. Salah satunya adalah agar anak mudah berkomunikasi baik dengan orangtua, saudara, guru maupun dengan sahabat-sahabatnya. Hanya saja, di usianya yang masih belia pertimbangkan dengan baik apakah mereka benar-benar memerlukannya atau tidak. Jangan sampai karena alasan gengsi, agak anak tidak kuper, lalu Anda kemudian justru memutuskan hal yang mungkin dapat membahayakan anak. Pikirkan kesehatan mata, emosi mereka terhadap konten-konten yang tidak pantas banyak beredar di sosial media, hingga peluang adanya kejahatan pada anak dengan perangkat mahal.

  • 3. Pertimbangkan situasi dan kondisi

  • Tidak semua orangtua beruntung memiliki kondisi ekonomi yang stabil. Oleh karena itu, sebelum memberikan gadget kepada anak pastikan Anda mampu membiayainya dengan kondisi keuangan yang mencukupi. Jangan pernah memaksakan diri, apalagi sampai berhutang hanya karena ingin bisa membahagiakan anak. Lebih baik bersabar dan menunggu hingga waktu yang tepat, sehingga kondisi keuangan keluarga Anda tidak terganggu.

  • Advertisement
  • 4. Pilih gadget sesuai dengan usia anak

  • Ada banyak jenis perangkat gadget serta kegunaannya. Pastikan perangkat yang Anda berikan pada anak sesuai dengan usianya agar manfaat yang diperoleh maksimal. Beberapa contoh perangkat yang bisa Anda berikan antara lain: Kamera digital pocket, tablet permainan, jam tangan digital, smartphone dengan fitur standar, notebook, game portable, Mp3 player dan sebagainya.

  • 5. Pertimbangkan fitur dan faktor harga

  • Perangkat gadget memang bukan lagi barang mewah yang hanya mampu dimiliki oleh segelintir orang. Ada banyak merek, fitur dan tentu saja harga yang ditawarkan. Jadikan sebagai acuan Anda sebelum memberikan perangkat gadget kepada anak. Hindari memberikan gadget dengan harga yang fantastis dan lebih pertimbangkan faktor fungsi serta kegunaan, ketimbang memburu fasilitas mewah yang ditawarkan.

  • 6. Pertimbangkan dampaknya bagi perekembangan anak

  • Telah disinggung di atas, perangkat gadget mampu mempengaruhi perkembangan anak. Beberapa dampak yang kerap dijumpai pada anak pengguna gadget adalah: Kesehatan menurun, menjadi kecanduan, mata minus, kesulitan tidur, malas belajar, lebih suka menyendiri dan penurunan prestasi di sekolah. Pastikan semua hal tersebut tidak dialami anak Anda. Selalu awasi dan berikan pemahaman yang tepat agar anak dapat dengan bijaksana menggunakan perangkat teknologi yang dimilikinya serta memberi manfaat bagi kehidupannya.

  • Jangan biarkan gadget mengambil alih dunia anak-anak, orangtua wajib memberikan arahan yang benar, bagaimana dan untuk apa tujuan gadget tersebut diciptakan. Semoga dengan bimbingan yang tepat dari para orangtua menghindarkan anak dari hal-hal buruk yang dapat terjadi akibat penggunaan gadget yang tidak tepat pada anak.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

6 pertimbangan saat akan memberikan gadget kepada anak

Ketimbang memberikan gadget dengan harga yang fantastis pada anak, pentingkan faktor fungsi dan kegunaannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr