Impian 'gila' sekalipun bisa Anda raih. Ini caranya

Apa yang terjadi dalam hidup Anda adalah pilihan. Berjuanglah meraih impian Anda daripada memilih untuk diam dan menunggu sampai 'lebaran kuda'.

402 views   |   11 shares
  • Urusan lahir dan mati adalah milik Sang Pencipta. Bagaimana Anda menjalaninya, pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Mereka yang dengan penuh semangat menentukan dan berjuang meraih mimpinya, memiliki jalan dan akhir yang berbeda dengan mereka yang tidak 'berusaha' dalam hidupnya.

  • Colin Powell, seorang mantan jenderal di angkatan bersenjata Amerika membuat pernyataan ini, "Sebuah mimpi tidak akan menjadi kenyataan melalui keajaiban, hal itu memerlukan keringat, keteguhan dan kerja keras". Lalu bagaimana dengan Anda?

  • 1. Miliki mimpi

  • Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Carl Sundburg, peraih nobel kesusasteraan tahun 1919 memberikan pernyataan yang tegas, 'Tak satu pun dapat terjadi bila tidak dimulai dengan mimpi'. Lalu bagaimana Anda bisa memilikinya? Mimpi itu bisa saja datang dari harapan orangtua yang ingin Anda wujudkan. Ayah saya selalu berkata, "Nak, ketika kamu dewasa, kamu harus meraih lebih dari ayahmu!" Atau terinspirasi atas pencapaian orang lain lalu membuatnya sebagai mimpi Anda. Misalnya: Menciptakan pekerjaan sendiri, tidak mau bekerja untuk orang lain; Memiliki toko sekelas mini market, menjadi Atlit dan sebagainya. Apapun impian Anda, mimpi yang 'besar' dan seringgi-tingginya walau tampak mustahil namun yakinlah Anda dapat mencapainya.

  • 2. Keringat dan kerja keras

  • Meraih mimpi bukan seperti bermain sulap. Harus ada usaha dan perjuangan bercucuran keringat. Tidak jarang banyak hal yang harus Anda korbankan seperti kesenangan dan waktu Anda. Bekerja lebih keras, lebih lama dan waktu istirahat berkurang. Bila jam kerja mulai jam 8 pagi, datanglah lebih awal dan belajarlah tentang tugas Anda. Bila ternyata Anda harus ditempatkan di daerah terpencil saat baru memulai karier pekerjaan, jangan menolaknya.

  • 3. Belajarlah dari mereka yang telah mencapainya

  • Seringkali Anda bukanlah orang pertama yang bermimpi seperti yang Anda inginkan. Sudah ada orang-orang terdahulu yang berhasil mencapainya dan bahkan menjadi inspirasi Anda untuk mencapai impian. Bergurulah pada beberapa dari mereka. Temukan pola-pola yang sama untuk mengikuti keberhasilan yang mereka gapai.

  • 4. Teguh

  • Teguh berarti kuat berpegang pada sesuatu yang Anda yakini. Segera setelah menentukan mimpi-mimpi, mulailah berusaha dan bekerja keras. Jangan mudah menyerah bila menghadapi hambatan. Ingat, tidak ada perjalanan yang mulus, saat Anda yakin akan menggapai mimpi tersebut, cepat atau lambat percayalah Anda akan menggapainya.

  • Advertisement
  • 5. Jangan pernah berhenti bermimpi

  • C.S Lewis, penulis dan pendidik tersohor dari Irlandia (1898 - 1963) mengatakan, "Anda tidak pernah terlalu tua untuk punya tujuan baru, atau bermimpi mimpi yang baru." Segera setelah Anda berhenti bermimpi, hari-hari Anda akan berubah dan berjalan lebih lambat. Seakan Anda hanya menunggu hari berganti hari tanpa semangat menunggu esok. Makna kehidupan mulai meredup dan gairah pun akan sirna.

  • Ayo jangan takut mempunyai mimpi-mimpi. Agar tidak dianggap 'gila', bagikan dengan mereka yang sudah terlebih dahulu menggapainya. Mereka tentu telah memakan 'asam garam' dan memberikan nasihat-nasihat yang berguna untuk Anda. Namun jangan gengsi untuk bersikap rendah hati, jika memang impian Anda tersebut benar-benar "gila" bagi mereka sekalipun. Mengubahnya 'sedikit' tentu tidak apa-apa kan?

Bagikan pada teman dan keluarga..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Impian 'gila' sekalipun bisa Anda raih. Ini caranya

Apa yang terjadi dalam hidup Anda adalah pilihan. Berjuanglah meraih impian Anda daripada memilih untuk diam dan menunggu sampai 'lebaran kuda'.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr