Cara menyeimbangkan antara karier dan kehidupan pribadi

Anda mencintai karier Anda, namun Anda juga memiliki kehidupan pribadi yang tidak dapat diabaikan.

152 views   |   1 shares
  • Anda mencintai karier Anda, namun Anda juga memiliki kehidupan pribadi yang tidak dapat diabaikan. Ada orang yang begitu memburu karier sehingga mengabaikan kehidupan pribadinya. Namun kebanyakan dari kita tidak begitu ambisius dan bekerja seperlunya saja asalkan dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Salahkah itu?

  • Semasa muda tentu saja tidak ada salahnya membina karier karena Anda memerlukan landasan dalam menaikkan jenjang karier Anda. Justru sesampai di atas banyak tuntutan yang harus Anda penuhi untuk mempertahankan kedudukan Anda. Anda tidak dapat melalaikan tuntutan-tuntutan itu karena Anda bisa dipecat. Jadi Anda bekerja lembur untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda, Anda memutar otak berpikir keras, bagaimana caranya untuk memajukan perusahaan dan memenuhi gol yang ditentukan atasan. Bila sudah begini Anda harus mengatur dan menjadwalkan hidup Anda agar ada keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi.

  • Di tempat kerja

  • Sebagai pegawai biasa Anda mungkin bekerja 40 jam seminggu, tetapi bila Anda menjadi pimpinan, Anda wajib bekerja 50 jam atau lebih. Sebagai orang yang berusaha meraih karier, tentu Anda berjuang memeras otak untuk memajukan perusahaan. Biasakan menyelesaikan pekerjaan di kantor, jangan sampai dibawa pulang karena itu akan mencampur-baurkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Anda harus pandai-pandai mendelegasikan tugas-tugas kepada anak buah Anda. Namun janganlah karena itu Anda sendiri santai-santai saja. Sebagai pimpinan Anda wajib memberi teladan dan menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja yang keras dan jujur.

  • Di rumah

  • Curahkan waktu kepada keluarga bila Anda berada di rumah. Janganlah hanya menonton televisi atau membaca koran tanpa peduli keadaan sekeliling Anda. Istri Anda mungkin membutuhkan bantuan dalam beberapa hal. Bila Anda sudah mempunyai anak, Anda mungkin dapat menolong mereka mengerjakan PR atau proyek sekolah. Ciptakan rekreasi bersama untuk semua anggota keluarga. Anda dapat melakukannya di rumah dengan main monopoli atau board game lainnya sambil menikmati hidangan ringan. Atau Anda dapat mengajak mereka keluar rumah misalnya ke mal, tamasya atau ke rumah nenek. Pokoknya Anda hendaknya menciptakan waktu yang berkualitas untuk dinikmati bersama.

  • Anda mungkin sesekali ingin menikmati waktu untuk Anda sendiri, seperti bermain golf atau menonton film di bioskop. Tetapi ini tidak perlu makan waktu sehari penuh, bukan? Anda dapat membagi waktu untuk keluarga Anda sehingga anak-anak lebih akrab dengan ayah mereka. Dengan demikian mereka tidak akan segan-segan berceritera bila mereka mengalami kesulitan di luar rumah.

  • Advertisement
  • Prioritas

  • Yang paling penting adalah mengatur prioritas Anda. Mana yang lebih penting bagi Anda, karier atau kehidupan keluarga Anda? Bila Anda sudah menetapkan prioritas, Anda tinggal mengikutinya. Akan lebih 'afdol' jika Anda memupuk karier Anda sebelum berkeluarga sehingga Anda tidak usah menghadapi dilema di mana Anda harus memilih mana yang harus Anda pentingkan. Tetapi bukanlah mustahil untuk meniti jenjang karier sesudah Anda berkeluarga. Justru kadang-kadang kewajiban Anda sebagai kepala keluarga akan memacu Anda untuk lebih serius dalam berkarier. Asalkan Anda dapat mengatur waktu dengan baik dan menjadwalkan tugas-tugas Anda maka keduanya dapat berjalan seiring.

  • Menjaga keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi tidaklah mudah, namun bila Anda pandai mengatur jadwal antara keduanya Anda dapat mencapai kesuksesan yang diimpikan. Pelajarilah dari pengalaman yang lalu, mungkin Anda membuat kesalahan di sana sini, tetapi selama Anda dapat menjadikan semua itu pelajaran untuk perbaikan di masa depan maka Anda akan berhasil.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Cara menyeimbangkan antara karier dan kehidupan pribadi

Anda mencintai karier Anda, namun Anda juga memiliki kehidupan pribadi yang tidak dapat diabaikan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr