Anak tidak suka olahraga?

Bagaimana membuat anak tertarik pada olahraga?

222 views   |   shares
  • Ada begitu banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari berolahraga karena olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa Anda. Olahraga dapat dilakukan oleh semua kalangan usia. Anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Mereka bisa merasakan manfaat dari olahraga.

  • Agar olahraga bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda dan keluarga maka sebaiknya olahraga diterapkan sedini mungkin dan dimulai dari anak-anak. Sebagai orangtua, sudah menjadi tugas Anda memperkenalkan olahraga pada putra putri Anda. Walaupun mungkin pada awalnya ada beberapa anak yang akan menolak untuk berolahraga atau mungkin malah membencinya. Namun, hal tersebut bukan alasan bagi Anda untuk menjadi patah semangat. Terkadang anak tidak menyukai atau membenci olahraga karena mereka menganggap olahraga adalah kegiatan yang rumit, melelahkan, membosankan, penuh aturan atau tidak ada gunanya. Anak-anak butuh kegiatan fisik yang menyenangkan agar mereka menyukai kegiatan tersebut. Dan Anda pasti bisa kok membuat olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan.

  • Bagaimana dengan Anda ketika buah hati Anda membenci olahraga?

  • "Sebenarnya tidak membenci tetapi kurang menyukai yang namanya olahraga. Menyuruh Jasmine (anak saya) olahraga sama halnya menyuruh dia makan sayur yang dia tidak suka. Memaksanya hanya membuang waktu saja. Namun, saya punya cara lain untuk membuatnya secara tidak langsung berolahraga. Misalnya di akhir pekan, kami sekeluarga menyempatkan waktu untuk bersepeda atau jogging bersama. Mau tidak mau Jasmine pun ikut aktivitas tersebut. Dan pada akhirnya dia pun menikmati aktivitas tersebut. Jadi, manfaat dari olahraga masih bisa dia rasakan." (Jane, 33 tahun, Malang)

  • " Buah hati kita tidak menyukai olahraga pasti ada sebabnya. Ketika anak membenci satu jenis olahraga, kita dapat mengalihkannya pada olahraga lain yang diminati. Beri anak kebebasan untuk memilih olahraga yang disukai agar olahraga terasa menyenangkan untuk dilakukan. Perlu diingat juga olahraga harus disesuaikan dengan usia anak. Semakin besar dan bertambah usia anak maka aktivitas fisiknya juga semakin banyak sehingga olahraga yang dapat anak lakukan lebih beragam. Dengan begitu, akan banyak pilihan olahraga yang dapat menjadi pilihan anak. Selain itu dengan menjelaskan manfaat olahraga pada buah hati kita, mereka akan mengerti bahwa olahraga itu baik dan tidak perlu dibenci." (Yosua, 39 tahun, Malang)

  • " Karena buah hati saya masih balita jadi saya belum paham apakah ia suka atau tidak dengan olahraga. Tetapi saya akan tetap mengarahkannya kepada gerakan-gerakan fisik yang mempunyai manfaat sama seperti berolahraga. Dengan kata lain mengadaptasikan olahraga dalam bentuk permainan. Misalnya menendang bola, meloncat, berlari, jongkok atau berenang. Saya yakin dengan mengenalkan anak pada kegiatan-kegiatan seperti demikian, maka kecintaan akan yang namanya olahraga lambat laun akan tumbuh seiring anak tumbuh." (Meilin, 29 tahun, Kediri)

  • Advertisement
  • Yang paling penting untuk Anda lakukan agar anak tidak membenci olahraga adalah buat anak merasa olahraga adalah hal yang menyenangkan, tanamkan kebiasaan olahraga sedini mungkin pada anak, beri ruang buat anak dalam menentukan olahraga kesukaannya, selalu beri dukungan, dan jadilah contoh agar anak tertarik untuk berolahraga.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Anak tidak suka olahraga?

Bagaimana membuat anak tertarik pada olahraga?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr