Cara terbaik lindungi anak dari HMFD atau yang sering dikenal dengan 'flu Singapura'

Hand Mouth and Foot Disease (HMFD) yang sering juga kita kenal dengan 'flu Singapura' kembali merebak seiring datangnya musim penghujan yang lembap. Apakah itu?

269 views   |   1 shares
  • Musim penghujan seringkali membawa masalah tidak hanya banjir namun juga beberapa penyakit menular dan virus yang mewabah. Seperti halnya yang dilansir dari laman Centre of Disease Control di Amerika, di mana meluasnya wabah Hand Mouth and Foot Disease (HMFD) dan juga terjadi di Indonesia dan seringkali dikenal dengan sebutan 'flu Singapura'.

  • Apakah itu HMFD? Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus, Coxsackievirus. Penyakit ini sering sekali dengan mudah menular pada anak di bawah usia 10 tahun, namun tidak jarang ada orang dewasa yang juga terkena. Seringkali orang dewasa yang tertular, tidak mengalami gejalanya namun dapat menjadi potensial pembawa (carrier) virus pada anak-anak di sekitarnya.

  • Penyakit HMFD ini disebabkan oleh virus, karenanya tidak diperlukan obat-obatan seperti antibiotik untuk menyembuhkannya. Diawali dengan gejala deman, nyeri tenggorokan/menelan, nafsu makan yang menurun, dan nyeri/tidak enak badan. Setelah demam satu sampai dua hari, timbul bintik-bintik merah di rongga mulut (umumnya berawal di bagian belakang langit-langit mulut) yang kemudian pecah menjadi sariawan. Kemudian, 1-2 hari timbul juga ruam-ruam kulit dan bintik-bintik merah di telapak tangan dan kaki dan tidak tertutup kemungkinan timbul di area tungkai, lengan, bokong dan kulit sekitar kemaluan.

  • Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah HMFD adalah pencegahan penularan virusnya. Jika anak Anda terjangkit virus tersebut, yang dapat Anda lakukan hanya menunggu dan memastikan anak Anda tetap terhidrasi. Umumnya mereka anak menolak untuk makan, minum dan menjadi rewel karena merasa sakit di area rongga mulut. Sabar ya Ibu, Ayah, HMFD umumnya akan bertahan selama 1-2 minggu sebelum sembuh dengan sendirinya.

  • Perhatikan!

  • Jika muncul flu biasa yang diikuti dengan demam 1-2 hari dan adanya penurunan nafsu makan. Segera cek rongga mulut dan tangan kakinya, untuk melihat jika ada tanda lentingan seperti bisul atau sariawan yang muncul di area tersebut.

  • Dari mana penyebarannya?

  • HMFD menular melalui air liur, lendir, luka dan kotoran. Batuk, bersin, air liur dan kontak secara dekat dapat menyebarkan virus ini. Memeluk seseorang yang terinfeksi atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus lalu menyentuh mulut dan mata dengan tangan tersebut juga meningkatkan risiko penularan HMFD.

  • Advertisement
  • Apa yang harus dilakukan para orangtua?

  • Dengan tibanya tahun ajaran baru sekolah, sudah waktunya untuk menjadi waspada tentang kesehatan anak Anda. Yang terpenting, ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan setiap saat ingin makan atau minum. Tingkatkan imunitas mereka hingga tidak rentan tertular virus.

  • Jika anak sudah terkena HMFD, pastikan mereka pulih total sebelum kembali bersekolah atau mengunjungi tempat umum yang rentan menularkan anak-anak lain. Segera kunjungi dokter anak saat menemukan tanda seperti penjelasan di atas. Selama sakit, anak mungkin akan mengalami kesulitas makan minum, namun perlu Anda pastikan untuk menjaga agar anak terhidrasi dengan baik. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengetahui risiko infeksi dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Cara terbaik lindungi anak dari HMFD atau yang sering dikenal dengan 'flu Singapura'

Hand Mouth and Foot Disease (HMFD) yang sering juga kita kenal dengan 'flu Singapura' kembali merebak seiring datangnya musim penghujan yang lembap. Apakah itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr