5 Langkah untuk Menenangkan Bayi Anda

Salah satu tugas terbesar selama beberapa minggu pertama sebagai orang tua adalah mencari tahu apa arti dari tangisan mereka dan belajar bagaimana cara untuk menghentikan tangisan mereka.

3,176 views   |   shares
  • Membawa pulang seorang bayi baru sangatlah membahagiakan, namun orang tua baru juga menghadapi banyak tantangan dalam beberapa minggu pertama. Semua bayi memang suka menangis dan beberapa bayi menangis terus menerus. Salah satu tugas terbesar selama beberapa minggu pertama sebagai orang tua adalah mencari tahu apa arti dari tangisan mereka dan belajar bagaimana cara untuk menghentikan tangisan mereka. Berikut adalah lima langkah mudah untuk diikuti:

  • Periksa keadaan sekitar bayi Anda

  • Alasan paling umum saat bayi menangis adalah lapar, popok yang penuh atau basah, dan kepanasan. Ketika bayi mulai menangis, pikirkan tentang terakhir kali Anda memberinya makan dan mengganti popoknya. Pastikan bayi Anda untuk bersendawa dengan baik setelah setiap makan. Bayi juga mudah merasa kepanasan, terutama saat kita memakaikan beberapa lapisan baju dan menyelimutinya. Membuka selimut bayi Anda mungkin cukup untuk menghentikan tangisannya.

  • Berikan kenyamanan

  • Jika bayi Anda tidak lapar, basah, atau kepanasan, sekarang saatnya untuk mencoba beberapa teknik untuk menenangkan tangisannya. Tujuan dalam menenangkan bayi adalah untuk menciptakan lingkungan seperti di dalam rahim ibu. Coba membedong bayi dengan selimut tipis untuk meniru lingkungan dalam rahim yang mereka nikmati selama kehamilan. Juga, suara-suara halus, seperti vakum, pengering rambut, atau air yang mengalir, meniru suara-suara di dalam rahim akan membantu menenangkannya.

  • Bergerak

  • Ingatkah selama kehamilan, bayi selalu tidur saat Anda beraktifitas dan terjaga di malam hari? Bahkan setelah lahir, bayi terbuai untuk tertidur oleh gerakan. Goyang-goyang di kursi goyang, taruh bayi dalam ayunan, atau naik mobil untuk menenangkan si kecil. Hal-hal sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar rumah sambil menggendong bayi dapat menenangkan tangisan bayi.

  • Luangkan waktu untuk berbaring rapat-rapat dengan bayi Anda

  • Tidak ada hal yang dapat membuat bayi lebih bahagia selain daripada berbaring rapat-rapat dengan ibu atau ayah mereka. Gunakan gendongan bayi, selendang, atau gendongan bayi lainnya akan membantu membuat si bayi merasa nyaman dan Anda pun dapat sambil melakukan pekerjaan rumah. Menggendong bayi memerlukan banyak latihan, bersabarlah dengan proses tersebut. Sebelum Anda sadari – menggendong bayi akan menjadi hal yang natural bagi Anda, dan Anda akan menikmati kebebasan yang datang dari memiliki kedua tangan bebas untuk mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

  • Advertisement
  • Ciptakan suasana yang tenang

  • Dunia adalah tempat yang sangat membangkitkan gairah seorang bayi yang baru lahir. Pergi belanja di mal atau berada di sekitar banyak orang dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Bawa bayi Anda ke tempat yang cahayanya agak redup, tenang, dan berbicaralah atau bernyanyilah dengan lembut padanya. Ketidaknyamanan yang berkurang dapat mengembalikan ketenangan dan memberikan istirahat yang Anda butuhkan.

  • Satu hal yang sangat penting – Mengetahui saat Anda harus pergi meninggalkan bayi Anda: Beberapa bayi lebih sering menangis dari bayi lainnnya, dan banyak bayi yang sulit untuk ditenangkan saat menangis. Bayi yang mengalami kolik dapat menangis selama berjam-jam terus menerus setiap harinya, dan sangat sulit untuk ditenangkan. Jika bayi Anda sulit sekali untuk ditenangkan, ketahuilah batasan-batasan Anda. Jika Anda merasa marah atau frustrasi saat bayi Anda tidak mau berhenti menangis, tempatkan bayi Anda di tempat yang aman dan tenangkan diri Anda. Jika tangisan anak Anda parah sekali, mintalah bantuan teman atau saudara yang dapat Anda percaya untuk mengasuh bayi Anda sementara Anda beristirahat dan menenangkan diri.

  • Mengetahui dengan tepat mengapa bayi Anda menangis tidaklah mudah, tapi dengan berjalannya waktu, Anda akan belajar untuk membaca isyarat yang mereka berikan. Menetapkan jadwal yang fleksibel untuk waktu makan dan mengganti popoknya akan memberi isyarat bahwa mereka sudah siap untuk makan atau popoknya sudah waktunya diganti. Ingatlah bahwa waktu ini adalah waktu yang sangat membingungkan baik bagi Anda maupun bagi bayi Anda. Bayi kecil Anda baru saja meninggalkan lingkungannya yang aman dan stabil di mana mereka tidak pernah merasa kedinginan, kepanasan, lapar ataupun kotor. Untungnya, bayi beradaptasi dengan cepat terhadap kehidupan di bumi. Tangisan bayi memuncak di antara usia dua bulan kemudian tangisannya akan surut. Ingatlah bahwa bayi Anda tidak akan menangis selamanya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “5 Steps to Comfort Your Newborn” karya Heather Hale.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Heather Hale is a fourth-generation Montanan, mom to three crazy boys, and wife to one amazing husband. She writes about passionate parenthood at moderatelycrunchy.com.

5 Langkah untuk Menenangkan Bayi Anda

Salah satu tugas terbesar selama beberapa minggu pertama sebagai orang tua adalah mencari tahu apa arti dari tangisan mereka dan belajar bagaimana cara untuk menghentikan tangisan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr