Ngidam pada ibu hamil. Haruskah dituruti?

Ngidam saat mejalankan kehamilan adalah hal yang wajar. Tapi apa perlu sampai meminta suami membelikan sebuah makanan di tengah malam?

679 views   |   3 shares
  • Ngidam saat kehamilan adalah hal yang wajar terjadi. Hampir semua wanita hamil pernah mengalaminya, walau ada juga yang tidak. Ngidam yang dialami ibu hamil biasanya identik dengan keinginan mengonsumsi makanan tertentu yang tidak biasa atau melakukan sesuatu hal yang kurang lazim. Hal ini seringnya terjadi pada tiga bulan pertama di awal kehamilan. Sebelum memutuskan apakah ngidam sifatnya 'wajib' dituruti, baca dulu di bawah ini:

  • Apakah yang dimaksud ngidam pada ibu hamil?

    Dalam dunia kedokteran tidak ada istilah 'ngidam'. Kondisi ini bukan berasal dari janin atau dampak dari perubahan hormon selama masa kehamilan. Penjelasan yang paling memungkinkan adalah, kondisi ini terjadi adalah saat Anda mengalami ngidam, ternyata itu adalah cara tubuh memberitahukan bahwa kebutuhan nutrisi (tertentu) Anda perlu ditambah. Misalnya saja Anda menginginkan buah, mungkin menandakan bahwa tubuh Anda sedang membutuhkan vitamin. Atau Anda menginginkan coklat atau susu, mungkin menandakan bahwa tubuh Anda membutuhkan kalsium. Dan sebagainya.

  • Mengapa wanita hamil bisa ngidam?

    Ngidam lebih tepatnya dapat dikatakan sebuah kondisi 'psikis' di bawah alam sadar seorang ibu hamil yang menginginkan sesuatu untuk memanjakan hasrat hati semata. Secara psikologis, biasanya ibu hamil yang mengalami ngidam adalah untuk mendapatkan kenyamanan. Misalnya seorang ibu hamil merasa kurang energi karena banyak terserap oleh janin, sehingga ia menginginkan makanan dalam porsi banyak dan seringkali manis seperti steak, kue tart dan segelas milk shake. Setelah memperolehnya, tentu dia akan merasakan kepuasannya terpenuhi dan merasa nyaman. Contoh lain seorang ibu hamil ngidam mengelus-ngelus kepala plontos sang suami, hal ini sebenarnya hanya untuk mendapatkan kenyaman. Atau contoh terakhir, ketika istri yang sedang hamil tidak mau mencium bau badan suaminya saat suaminya telah pulang kerja. Ini terjadi kembali lagi karena rasa nyaman. Sang istri telah nyaman dengan bau yang dihirupnya seharian tanpa adanya bau suami.

    Tidak hanya itu saja, umumnya ngidam juga terjadi karena pengaruh budaya. Misalnya saja, di Indonesia, ibu hamil kebanyakan sering ngidam mangga atau rujak. Sedangkan bagi ibu hamil yang tidak tinggal dikampung halamannya, sering kali ngidam makanan dari tempat asalnya. Wanita hamil di Amerika, kebanyakan justru mengidamkan makanan yang gurih seperti pizza atau hamburger.

  • Perlukah ibu hamil menuruti ngidam tersebut?

    Ada kepercayaan yang sering saya dengar, jikalau ibu hamil tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkannya saat mengidam maka anak yang dikandungnya nanti memiliki kebiasaan mengeluarkan air liur. Tentu hal tersebut mitos yang tidak ada hubungannya dengan kondisi ngidam. Tumbuh kembang bayi memang dipengaruhi oleh kecukupan nutrisinya selama hamil, betul. Namun tidak benar adanya jika kebiasaan mengeluarkan air liur pada bayi dikaitkan dengan hal tersebut. Penuhi ngidam selama hal tersebut dapat membuat seorang ibu hamil merasa nyaman dan bahagia selama masa kehamilannya. Namun perhatikan, bahwa ketika Anda mengidamkan sesuatu pertimbangkan pula kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan. Jangan berlebihan dan jangan memilih yang berisiko untuk kesehatan bayi.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya mahasiswa akhir di Institut Kesenian Jakarta, Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami yang saya cintai. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Ngidam pada ibu hamil. Haruskah dituruti?

Ngidam saat mejalankan kehamilan adalah hal yang wajar. Tapi apa perlu sampai meminta suami membelikan sebuah makanan di tengah malam?
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr