Memulai bisnis dengan sahabat? Ini aturannya

Berbisnis dengan sahabat akan menjadi sulit ketika Anda tidak dapat memisahkan antara hubungan pribadi dan pekerjaan. Intip tips berikut.

146 views   |   1 shares
  • Membangun bisnis dengan sahabat akan lebih mudah dibanding membangun bisnis bekerja sama dengan orang yang baru dikenal. Namun, berbisnis dengan sahabat akan menjadi sulit ketika Anda tidak dapat memisahkan hubungan pribadi dan pekerjaan. Berikut adalah beberapa aturan yang dapat Anda terapkan jika hendak memulai bisnis dengan sahabat.

  • Bangun chemistry

  • Meskipun telah lama menjalin persahabatan dengannya, pastikan lagi bahwa Anda dan dia memiliki kecocokan karakter. Karakter sangat sulit diubah, ada yang cocok dijadikan sahabat namun tidak cocok menjadi rekan bisnis. Pastikan kalian dapat menerima karakter satu sama lain dan memiliki chemistry yang kuat, sehingga ketika bekerja bersama dapat saling memahami dan mendukung.

  • Pastikan memiliki visi dan misi yang sama

  • Langkah selanjutnya adalah memilih bidang bisnis yang ingin digeluti. Dalam hal ini, pastikan Anda dan sahabat memiliki visi dan misi yang sama. Hindari menjalani bidang bisnis yang tidak sesuai dengan keahlian salah satu atau Anda berdua. Misalnya Anda berdua tertarik di bidang otomotif, karena sama-sama merupakan penggemar mobil sporty. Dengan begitu Anda dan sahabat telah memiliki konsep atau gambaran akan bisnis tersebut dan dapat mengurangi risiko.

  • Tentukan tujuan dan peran masing-masing dalam usaha yang akan digeluti

  • Tentukan tujuan serta peran masing-masing. Misalnya saat tujuan Anda karena ingin berbisnis untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya, sedangkan sahabat Anda hanya ingin sebuah wadah untuk meyalurkan hobi. Tentunya dua pandangan ini sangat bertolak belakang dan nantinya dapat mengakibatkan gesekan-gesekan. Pastikan saat memulai bisnis, Anda dan sahabat telah menentukan peran masing-masing dan memahaminya serta menghormati peran satu sama lainnya. Misalnya, Anda yang nantinya akan mengurus bagian pemasaran dan sahabat yang mengurus pengembangan produknya.

  • Buatlah kontrak kerjasama dan pembagian hasil

  • Setelah memantapkan hati untuk berbisnis dengan sahabat, jangan lupa untuk membuat kontrak. Meskipun sahabat Anda adalah orang yang telah lama Anda kenal, bukan berarti dia dapat 100 persen dipercaya dan begitu pula sebaliknya. Untuk itu, diperlukan adanya kontrak legal. Masukkan pula pembagian hasil yang telah disepakati pada kontrak tersebut. Ini merupakan langkah yang profesional dalam berbisnis dan dapat melindungi Anda dan sahabat sewaktu-waktu ada perselisihan yang tidak dapat ditengahi.

  • Jangan bersaing

  • Advertisement
  • Jangan sampai ada rasa persaingan antara Anda dan sahabat, ketika menjalani bisnis bersama. Jauhkan perasaan iri terhadap sahabat atau takut dikalahkan. Toh usaha ini milik Anda berdua. Jika mungkin kelak dia yang lebih dominan dalam menyukseskan usaha ini, tentu Anda dapat menikmati hasilnya. Dari pada berpikir untuk bersaing, lebih baik pikirkan bagaimana Anda dan dia dapat saling mendukung dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

  • Saat menjalani usaha bersama, kadang sahabat pun bisa jadi musuh. Karenanya Anda berdua perlu membatasi untuk tetap bekerja profesional walau sedang bersama. Sikap profesional dan toleransi, visi membangun bisnis bersama dan kepercayaan satu sama lain adalah beberapa kunci bisnis bersama sahabat. Saat sudah berada di puncak, tetaplah mengutamakan persahabatan Anda di atas segalanya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Memulai bisnis dengan sahabat? Ini aturannya

Berbisnis dengan sahabat akan menjadi sulit ketika Anda tidak dapat memisahkan antara hubungan pribadi dan pekerjaan. Intip tips berikut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr