Maksimalkan kerja fungsi otak Anda dengan 5 kegiatan ini

Meskipun lambat laun kemampuan otak akan terus menurun, tetapi bukankah lebih baik jika kita berusaha sejak dini mempertahankannya?

370 views   |   6 shares
  • Seiring bertambahnya usia seseorang kemampuan fungsi otak justru mengalami penurunan. Namun, penurunan fungsi otak dapat berlangsung cepat atau lambat tergantung beberapa faktor, di antaranya: Genetika, gaya hidup dan lingkungan. Sejauh ini belum diketemukan bagaimana cara mengobati penurunan fungsi otak, tetapi penurunan fungsi otak dapat dicegah/diperlambat dengan melakukan beberapa kegiatan, seperti:

  • 1. Banyak membaca

  • Seorang peneliti dari Henry Ford Health System, Dr. C. Edward Coffey, seperti dilansir oleh Kompasiana, mengatakan "Hanya dengan banyak membaca seseorang dapat terhindar dari demensia, demensia merupakan penyakit yang merusak jaringan saraf otak sehingga menyebabkan penderitanya tidak bisa menghindari kepikunan." Dijelaskan lebih lanjut, sewaktu seseorang sedang membaca otak menciptakan suatu lapisan penyangga yang melindungi dan memperkuat sel-sel otak, hal ini ibarat seseorang sedang berolahraga di mana olahraga mampu memperkuat otot-otot tubuh.

  • 2. Jalan kaki

  • Para ilmuwan di Amerika mengatakan "Ukuran otak seseorang akan mengecil dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Namun, dengan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari mampu meningkatkan ukuran hippocampus, yaitu pusat memori di dalam otak yang rentan terhadap serangan Alzheimer." Penelitian tersebut melibatkan sedikitnya 120 pria dan wanita usia 55 hingga 80 tahun dan hasil yang diperoleh sungguh menakjubkan.

  • 3. Aktif dalam kegiatan sosial

  • Hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Harvard Medical School, seperti dilansir oleh laman hallosehat.com, mengatakan "Penelitian yang dilakukan pada orang-orang dengan masalah demensia menunjukkan bahwa dengan melakukan kegiatan sosial dalam masyarakat mampu menurunkan tingkat demensia mereka. Interaksi dengan orang lain seperti tetangga, keluarga, teman, binatang terbukti ampuh untuk memperlambat penurunan fungsi otak, khususnya pada orang lanjut usia." Lebih lanjut, dengan aktif dalam kegiatan sosial dalam masyarakat menghindarkan seseorang dari rasa kesepian, stres hingga depresi.

  • 4. Senam otak

  • Senam otak dapat dilakukan dengan berbagai macam cara atau permainan, seperti: Puzzle, rubik, teka-teki silang, catur, bermain musik atau mempelajari bahasa baru. Kegiatan-kegiatan tersebut dipercaya mampu membuat otak terus meregenerasi sel-sel otak yang telah lemah, sehingga membuat kondisi otak senantiasa sehat.

  • Advertisement
  • 5. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi

  • Di waktu malam upayakan tidur minimal 8 jam, hindari begadang agar otak dan tubuh tidak mengalami kelelahan. Selain itu, imbangi dengan selalu mengonsumsi makanan sehat kaya akan asam folat, omega 3, vitamin B6 dan B12. Jauhi pula alkohol dan rokok agar kemampuan fungsi otak tidak makin menurun.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Maksimalkan kerja fungsi otak Anda dengan 5 kegiatan ini

Meskipun lambat laun kemampuan otak akan terus menurun, tetapi bukankah lebih baik jika kita berusaha sejak dini mempertahankannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr