Mengenalkan Uang Pada Si Kecil

Pelajaran tentang pengelolaan keuangan tidaklah diajarkan secara formal di bangku sekolah. Itu dipelajari anak-anak di rumah, dan sebaiknya diajarkan sejak dini dengan cara yang bijaksana dan menyenangkan.

2,426 views   |   shares
  • Sebagai orang tua terkadang kita bertanya-tanya, pada usia berapakah kita sebaiknya memperkenalkan uang pada si kecil. Banyak orang tua berpikir bahwa tidaklah perlu untuk terburu-buru memperkenalkan uang kepada si kecil dikarenakan kekuatiran akan pengaruh negatif dari uang sehingga bagi mereka cukuplah memberi si kecil uang saku untuk sekolah. Padahal pelajaran tentang pengelolaan keuangan tidaklah diajarkan secara formal di bangku sekolah. Si kecil hanya belajar tentang nominal mata uang di sekolahnya. Jadi praktis anak-anak akan belajar mengelola keuangan dari mencontoh kebiasaan sehari-hari di rumah. Itulah mengapa penting untuk mengenalkan uang serta mengajarkan si kecil tentang menggunakan uang dengan baik sejak dini. Tapi tentu saja pengenalan dan pelajaran yang kita berikan harus disesuaikan dengan usia serta dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Pastikan hal-hal yang kita kenalkan dan kita ajarkan adalah hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini ada beberapa ide yang bisa membantu Anda untuk mengenalkan serta mengajarkan si kecil tentang uang.

  • Memberi uang jajan

  • Kadang kita para orang tua mulai melakukan hal ini ketika anak-anak sudah cukup besar dengan pemikiran bahwa anak tersebut sudah bisa mengatur pengeluarannya. Tapi bagaimana dia akan bisa mengatur pengeluarannya jika tidak dibiasakan sedari dini. Akan sangat sulit bagi seorang anak untuk tiba-tiba menjadi pandai mengatur pengeluaran jika sedari kecil dia dibiasakan untuk meminta uang ketika dia menginginkan sesuatu. Oleh karena itu, memberi uang jajan adalah langkah dasar untuk mengenalkan serta mengajarkan mengelola keuangan pada si kecil. Mulailah dengan memberi uang jajan secara harian. Ajarkan pada si kecil bahwa pada sehari itu dia hanya boleh membeli jajanan atau apa yang dia inginkan sejumlah uang yang Anda berikan dan ingatkan bahwa tidak akan ada uang tambahan jika uang jajannya habis sebelum waktunya. Jika hal itu sudah mulai berjalan dengan baik, Anda bisa mulai memberinya uang jajan secara mingguan, bahkan tidak menutup kemungkinan bulanan jika dalam prakteknya anak Anda memang mampu mengelola uangnya dengan baik. Dengan cara seperti ini, kita mengajarkan anak kita untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan uang mereka.

  • Mengajarkan untuk membayar sendiri

  • Memang di sekolah anak-anak kita diajarkan tentang nominal uang. Akan tetapi akan lebih menyenangkan bagi mereka jika bisa mempraktekannya langsung dengan cara membiarkan mereka membayar sendiri barang yang mereka beli. Ajaklah anak ke minimarket atau toko lalu biarkan dia memilih barang yang ingin dia beli Tunjukan label harganya dan berikan dia sejumlah uang yang mendekati harga tersebut. Biarkan anak yang membayar di kasir. Ingatkan bahwa dia harus menerima kembalian dengan jumlah yang tepat. Anda bisa membantu menghitung kembalian yang harus dia terima. Hal yang perlu diingat ketika melakukan ini adalah pilihlah minimarket atau toko yang tidak penuh pengunjung untuk menghindari antrean panjang di kasir sehingga tidak mengaganggu pembeli yang lain.

  • Advertisement
  • Menabung

  • Menabung adalah hal yang hendaknya diajarkan secara dini kepada anak-anak kita. ini adalah bagian yang sangat penting dalam mengajarkan uang kepada si kecil. Sebagai permulaan, tidaklah perlu kita langsung terburu-buru membuka rekening di bank dengan nama si kecil. Cukuplah dimulai dengan celengan yang lucu. Untuk menarik minat si kecil, biarkan dia yang memilih celengannya, lalu bisa juga kita ajak dia menghias celengan tersebut dengan tulisan atau gambar yang dia suka dan yang mengingatkan dia untuk menabung. Kemudian letakan celengan itu di tempat yang mudah terlihat di kamar si kecil, sehingga dia akan teringat untuk mengisi celengan tersebut. Bisa juga kita menentukan goal atau tujuan menabung bersama si kecil misalnya si kecil menginginkan sebuah mainan baru yang harganya cukup mahal, maka kita bisa menjadikan itu sebagai tujuan dia menabung. Ajarkan padanya bahwa jika dia menyisihkan uang jajannya setiap hari selama jangka waktu tertentu, maka dia akan bisa membeli mainan itu. Dengan cara ini si kecil akan lebih bersemangat menabung dan ketika nanti pada akhirnya mainan itu terbeli, dia akan lebih menghargai barang tersebut.

  • Mengajarkan tentang anggaran belanja

  • Jangan berpikir tentang menjarkan si kecil anggaran belanja yang rumit. Melainkan mengajarkan anggaran belanja secara sederhana. Sering ketika kita belanja bulanan si kecil ikut serta dan tidak jarang dia menginginkan untuk membeli makanan atau yang dia mau. Nah, hal ini bisa menjadi kesempatan yang bagus mengajarkannya tentang anggaran belanja dengan cara memberinya batasan tentang seberapa banyak uang yang boleh dia belanjakan. Sebagai contoh, dia hanya boleh menghabiskan Rp.15.000,- untuk membeli makanan atau yang dia inginkan. Ketika si kecil memilih ingatkan dia bahwa jika makanan/snack yang dia pilih melebihi harga Rp.15.000,- maka dia tidak boleh membelinya.

  • Itulah beberapa ide bagaimana kita mengenalkan uang serta mengajarkan bagaimana menggunakannya pada si kecil. Masih banyak lagi cara yang bisa kita temukan. Yang perlu diingat adalah kita hendaknya mengajarkan dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba.

Baca, hidupkan, bagikan!

It is my sincere desire and hope that my writing will positively influence readers, and help them be better and happier.

Mengenalkan Uang Pada Si Kecil

Pelajaran tentang pengelolaan keuangan tidaklah diajarkan secara formal di bangku sekolah. Itu dipelajari anak-anak di rumah, dan sebaiknya diajarkan sejak dini dengan cara yang bijaksana dan menyenangkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr