Kelola keuangan Anda dengan baik dan rasakan 6 manfaatnya

Anda boleh mempunyai uang segudang, tetapi bila Anda tidak tahu cara mengelolanya, uang Anda akan mengalir seperti air sampai tetes terakhir dalam sekejap

650 views   |   3 shares
  • Anda boleh mempunyai uang segudang, tetapi bila Anda tidak tahu cara mengelolanya, uang Anda akan mengalir seperti air sampai tetes terakhir dalam sekejap. Anda dapat saja melakukan kesalahan dalam mengelola uang Anda seperti membeli saham yang jatuh dalam jangka pendek, atau menabungnya pada seseorang seperti Bernie Maddox (seorang pengelola uang yang menipu banyak simpanan orang terkenal di AS). Karena itu lebih baik Anda menyerahkan uang Anda kepada bank yang biasanya memiliki seorang ahli pengelola keuangan yang dapat Anda percaya.

  • 1. Saham

  • Anda dapat belajar bagaimana mengelola uang Anda melalui pembelian saham. Namun jangan membelanjakan semua uang Anda, pakailah 30% saja. Sisanya bagi-bagilah dalam tabungan untuk keadaan darurat, tabungan jangka pendek dan tabungan jangka panjang. Dengan demikian jika Anda mendadak memerlukan uang, Anda tidak perlu buru-buru menjual saham Anda dengan harga murah atau mencairkan tabungan jangka panjang sehingga didenda bank.

  • 2. Asuransi

  • Jangan lupa membeli asuransi untuk rumah, mobil dan kesehatan Anda sehingga bila terjadi hal-hal di luar dugaan, Anda akan merasa aman karena memiliki Asuransi. Juga simpanlah uang di ASTEK karena perusahaan Anda memberi tambahan dana setara dengan jumlah yang Anda tabung.

  • 3. Membeli rumah/tanah

  • Jika masih ada uang lebih dan Anda ingin menanam modal dengan jalan membeli rumah atau tanah, Anda dapat melakukannya asalkan dengan hati-hati karena banyak penipu yang memalsukan surat rumah dan tanah. Hendaknya Anda pikirkan juga bagaimana mengelola rumah atau tanah itu. Apakah akan Anda sewakan atau jual kembali jika sudah menguntungkan.

  • 4. Jual beli

  • Bila Anda berbakat dagang Anda dapat menggunakan sebagian uang Anda untuk berjual beli mobil, motor atau barang-barang lainnya. Anda tidak perlu membuka toko jika ini hanya usaha iseng. Atau bila Anda tertarik pada suatu bisnis, Anda dapat memulainya, misalnya membuka salon atau rumah makan. Tentunya sesudah semua itu Anda perhitungkan masak-masak, kalau perlu meminta nasihat dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang itu. Jangan sampai karena terburu nafsu uang Anda lenyap karena usaha Anda bangkrut. Dan sekali usaha itu maju Anda harus menekuninya sendiri, Anda tidak dapat memercayakannya kepada orang lain begitu saja. Apabila Anda tidak mempunyai jiwa pedagang lebih baik Anda tidak memulainya.

  • 5. Menanam modal

  • Jika Anda melihat sebuah usaha yang berjalan lancar dan pemiliknya membutuhkan modal tambahan Anda dapat mencoba menanam modal. Syaratnya Anda harus membuat perjanjian tertulis yang secara rinci menyebutkan berapa pembagian keuntungan setiap tahun, berapa lama Anda ingin menanam modal dan bagaimana cara uang itu akan dikembalikan oleh peminjamnya. Kalau perlu buatlah perjanjian itu di depan seorang notaris sehingga ada sanksi hukumnya bila salah satu pihak melanggar perjanjian.

  • Advertisement
  • 6. Meminjamkan uang

  • Tidak ada salahnya Anda meminjamkan uang kepada kerabat atau teman baik yang membutuhkannya asalkan Anda tahu bahwa selalu ada kemungkinan uang itu tidak akan kembali. Atau untuk menjaga hubungan lebih baik Anda menghadiahkan uang itu jika Anda memang mampu supaya Anda tidak sakit di kemudian hari bila si peminjam tidak membayarnya. Ini bukan cara mengelola uang yang baik, namun bila Anda mempunyai uang pasti ada kerabat atau teman baik yang tertarik untuk minta tolong. Sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam budaya masyarakat kita.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kelola keuangan Anda dengan baik dan rasakan 6 manfaatnya

Anda boleh mempunyai uang segudang, tetapi bila Anda tidak tahu cara mengelolanya, uang Anda akan mengalir seperti air sampai tetes terakhir dalam sekejap
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr