Ketahui pola asupan nutrisi untuk Anda yang memasuki masa menopause

Wanita berusia senja memerlukan kalsium untuk mengatasi keropos tulang. Selain itu ada beberapa vitamin lain yang diperlukan bagi perubahan tubuh yang disebabkan oleh menopause.

204 views   |   shares
  • Wanita berusia senja memerlukan kalsium untuk mengatasi keropos tulang. Selain itu ada beberapa vitamin lain yang diperlukan bagi perubahan tubuh yang disebabkan oleh menopause. Beberapa wanita merasakan "hotflash" sesudah tidak lagi mengalami menstruasi. Badan dan wajah mereka tiba-tiba terasa panas tanpa sebab. Konon ini karena kekurangan hormon estrogen yang biasa dimiliki wanita. Tetapi terapi penggantian hormon saja tidaklah cukup, karena mengakibatkan efek sampingan seperti kanker rahim dan lain-lain. Ada obat yang cocok untuk ini, dan dokter dapat memberi Anda resepnya.

  • Bila Anda melakukan pemeriksaan tahunan seperti papsmear dan pencegahan kanker payudara, mintalah dokter memeriksa kepadatan tulang Anda. Walau Anda kadang-kadang dapat melihatnya dari gigi dan kuku Anda, yang bila keropos atau mudah patah merupakan tanda-tanda tulang keropos, namun Anda tidak dapat mengetahui dengan tepat selain melalui peralatan kedokteran. Seorang ibu teman saya ketika berjalan menuruni tangga sebuah hotel tangannya patah hanya karena digandeng oleh anak perempuannya. Untuk menghindari hal-hal seperti ini, lebih baik Anda menjalani pemeriksaan.

  • Menurut sebuah penelitian wanita, dan pria juga, yang berusia 65 tahun ke atas cenderung jatuh dan mengalami pinggul retak. Bila pernah jatuh sekali mereka bisa jatuh 2 atau 3 kali. Untuk itu dianjurkan orang-orang tua untuk melakukan tai chi. Olahraga ini cocok bagi orang-orang lansia karena tidak berat dan dapat menunjang keseimbangan tubuh serta menjaga kesehatan badan. Anda dapat melihat caranya di YouTube atau dari video-video yang banyak dijual.

  • Makanan yang mengandung potasium menunjang kesehatan jantung. Manusia lansia cenderung menderita penyakit jantung. Pisang, melon, alpukat merupakan buah-buahan yang banyak mengandung potasium.

  • Menghindari minum minuman yang mengandung soda membantu untuk menjaga kepadatan tulang. Begitu juga makanan yang mengandung zat zink seperti bayam dan sayur hijau lainnya.

  • Akibat bertambah lambatnya metabolisme, kebanyakan lansia sulit menjaga bertambahnya berat badan. Ini dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit, antara lain diabetes tipe 2. Karena itu lansia dianjurkan untuk tidak makan makanan yang terlalu manis. Makanan yang terlalu banyak garam juga sebaiknya dihindari sehingga tidak terkena penyakit darah tinggi yang dapat menjurus ke penyakit jantung. Makanan yang mengandung potasium menunjang kesehatan jantung. Orang dewasa dianjurkan minum sebanyak 2 sampai 2,5 liter per hari. Ketentuan ini berlaku pula pada lansia (minum lebih dari 6-8 gelas per hari).

  • Advertisement
  • Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menu makanan bagi lansia, yang membantu juga untuk wanita usia senja, sebagaimana ditulis dalam situs Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia.

  • 1. Membuat masakan dengan bumbu yang tidak merangsang, seperti pedas atau asam, karena dapat mengganggu kesehatan lambung dan alat pencernaan.

  • 2. Mengurangi pemakaian garam, yakni tidak lebih dari 4 gram per hari, untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

  • 3. Mengurangi santan, daging yang berlemak, dan minyak agar kolesterol darah tidak tinggi. Memperbanyak makanan yang berkalsium tinggi, seperti susu dan ikan.

  • 4. Memperbanyak makanan berserat, seperti sayuran mentah, agar pencernaan lancar dan tidak sembelit.

  • 5. Mengurangi konsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi agar gula darah normal, khususnya bagi penderita kencing manis agar tidak terjadi komplikasi lain.

  • 6. Menggunakan sedikit minyak untuk menumis dan kurangi makanan yang digoreng. Perbanyak makanan yang diolah dengan dipanggang atau direbus karena makanan tersebut mudah dicerna.

  • 7. Membuat masakan yang lunak dan mudah dikunyah sehingga kesehatan gigi terjaga.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ketahui pola asupan nutrisi untuk Anda yang memasuki masa menopause

Wanita berusia senja memerlukan kalsium untuk mengatasi keropos tulang. Selain itu ada beberapa vitamin lain yang diperlukan bagi perubahan tubuh yang disebabkan oleh menopause.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr