Tanya Terapis: Cara Meraih Kembali Hubungan Cinta dengan Pasangan Anda

Saya dan pasangan saya sepertinya telah mencapai semacam jalan buntu dalam hubungan kami. Kami membahas tentang rumah dan anak-anak, tetapi percakapan intim dan hubungan yang lebih mendalam telah menghilang.

15,485 views   |   3 shares
  • Pertanyaan: Pasangan saya dan saya telah mencapai semacam kebuntuan dalam hubungan kami. Kami membahas rumah, anak-anak, dan topik logistik - tapi entah bagaimana percakapan intim dan hubungan yang lebih mendalam telah menghilang. Tampaknya, tanpa kita sadari, kita telah terpisah jauh. Kita meluangkan waktu di rumah tapi di ruang yang terpisah, kita memusatkan perhatian kita pada tanggung jawab keluarga atau pada kepentingan individu.

  • Saya sangat merindukan "hanya kami berdua," dan saya tahu dia pun merindukannya. Kadang-kadang dia berbicara kepada saya tentang minat barunya yang dia ingin saya pun tertarik untuk melakukannya- tapi ketika saya tidak merasa tertarik atau mungkin dia menunjukkannya pada waktu yang tidak tepat atau saat saya sedang kelelahan, dia cemberut dan kecewa. Seringkali percakapan kita berakhir dengan salah satu dari kami atau kami berdua kecewa dan marah, tidak mau bicara, atau berlalu pergi tanpa ada solusi yang bisa diselesaikan. Saya merasa kesepian dan mulai berfantasi tentang seseorang yang akan dengan senang hati mau memenuhi kebutuhan saya.

  • Apakah Anda punya saran mengenai bagaimana kita bisa bersama kembali atau apakah hubungan ini tidak ada harapan untuk diperbaiki?

  • Dalam hubungan yang tidak pasti

  • Jika Anda memiliki masalah yang Anda jelaskan merupakan indikasi bahwa hubungan Anda tidak ada harapan untuk diperbaiki, maka banyak pasangan akan menuju perceraian. Peran ganda Anda sebagai pasangan, orang tua, karyawan, teman, dan seorang anak dewasa memakan waktu, energi dan kesabaran Anda dan pasangan Anda. Di tambahkan lagi stres karena masalah keuangan dan masalah-masalah lainnya yang lekat dengan kehidupan sebuah keluarga, sehingga pernikahan Anda terdorong ke daftar terakhir dalam prioritas Anda - bersamaan dengan asumsi yang berbahaya bahwa masalah-masalah ini akan tetap ada saat Anda berfokus pada hubungan yang lebih baik. Pernikahan diibaratkan seperti sebuah taman bunga: taman bunga perlu perawatan rutin dan perhatian. Jika tidak di rawat dan diperhatikan, dia akan layu dan mati.

  • Jalan untuk kembali bersama terdiri dari langkah-langkah kecil

  • Senyuman dan sambutan hangat di pagi hari, pelukan lembut atau sentuhan di lengan, bantuan kecil yang memungkinkan pasangan Anda mengetahui bahwa Anda ingin membantu atau Anda memikirkan mereka. Ini semua adalah contoh hal yang dapat Anda lakukan mulai hari ini. Adalah sangat penting untuk memusatkan perhatian Anda pada pernikahan Anda, bahkan di tengah-tengah kekacauan di pagi hari atau saat-saat kita memiliki kesulitan di tempat kerja, atau masalah dengan salah satu dari anak-anak Anda. Tidak menghargai hubungan adalah sesuatu yang harus dihindari karena ini adalah lem yang melekatkan Anda dengan pasangan Anda untuk selalu hidup bersama dan memberikan perhatian dan dukungan yang Anda berdua perlukan.

  • Advertisement
  • Bahkan dengan cara-cara yang sederhana adalah penting untuk menciptakan waktu khusus untuk Anda berdua. Anda dapat melakukan hal ini di rumah dengan meluangkan waktu bersama setelah anak-anak tidur atau saat mereka tidak dirumah. Janganlah menganggap menonton TV sebagai waktu bersama. Sebaliknya, makan malam berdua, percakapan yang tenang atau aktivitas yang memungkinkan Anda untuk memusatkan perhatian pada satu sama lain tanpa gangguan kehidupan sehari-hari akan menumbuhkan kembali cinta di hati. Idealnya Anda harus merencanakan waktu untuk pergi berkencan berdua. Beberapa ide misalnya makan malam, mendengar sebuah band, berjalan-jalan di malam hari mengunjungi atraksi setempat, atau mengunjungi museum di sore hari. Mungkin Anda akan merasa canggung pada mulanya, tetapi jika Anda memilih suatu kegiatan yang Anda berdua nikmati, Anda dapat menentukan kegiatan yang dapat membantu Anda berdua kepada hubungan yang lebih intim.

  • Salah satu hal yang terpenting adalah untuk belajar mendengarkan dengan baik dan biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda mendengarkan. Hal ini memang agak sulit dilakukan seiring dengan kesibukkan dan kekacauan kehidupan sehari-hari. Salah satu teknik yang termudah adalah teknik mendengarkan reflektif. Saat pasangan Anda berbicara kepada Anda, putarlah badan Anda ke arahnya, mengangguk dan mendengarkan semua yang dia katakan sebelum Anda menjawab. Lalu ucapkan kembali apa yang Anda dengar. Dia akan merasa dihargai dan dihormati, dan hubungan cinta Anda tidak akan mudah pudar dalam kesibukkan kehidupan sehari-hari.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Ask a therapist: How to regain that connection with your spouse” karya Toni Coleman.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Toni Coleman, LCSW, is a licensed psychotherapist. She is a well-known relationship expert and author, working with publications, TV, and radio programs. Toni writes for HopeAfterDivorce.org, FamilyShare and LAFamily. Follow her on Twitter @CoachToni

Tanya Terapis: Cara Meraih Kembali Hubungan Cinta dengan Pasangan Anda

Saya dan pasangan saya sepertinya telah mencapai semacam jalan buntu dalam hubungan kami. Kami membahas tentang rumah dan anak-anak, tetapi percakapan intim dan hubungan yang lebih mendalam telah menghilang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr