Haruskah menginap di hotel berbintang setiap traveling bersama keluarga?

Namanya juga liburan, pasti ingin merasa senyaman mungkin. Apakah karena itu kemudian hotel mewah berbintang merupakan satu-satunya pilihan tempat menginap saat berlibur?

158 views   |   2 shares
  • Musim liburan panjang sudah hampir tiba. Waaah, senang sekali ya. Apalagi jika Anda dan keluarga telah merencanakan bepergian ke wilayah baru. Entah di luar negeri atau di dalam negeri, bepergian saat liburan bersama keluarga tentu saja menyenangkan.

  • Nah, biasanya sebelum bepergian, kita akan melakukan perencanaan yang matang agar tidak kerepotan nantinya. Selain mencari tiket atau mempersiapkan transportasi, memilih tempat menginap juga jadi prioritas yang harus direncanakan sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Kini sudah begitu banyak penyedia jasa pemesanan tiket online yang amat mudah, untuk memesan tiket hingga hotel. Bahkan pilihannya ada begitu banyak, dari hotel murah hingga mewah.

  • Nah, haruskah kita memilih hotel berbintang saja jika akan bepergian? Sebetulnya, hotel seperti apa sih yang diklasifikasikan sebagai hotel berbintang? Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sendiri membagi klasifikasi hotel yang ditinjau dari beberapa sudut pandang. Ada jenis hotel menurut tujuan kedatangan tamu; seperti hotel bisnis, hotel plesir dan sebagainya. Lalu ada juga jenis hotel menurut lamanya tamu menginap, jumlah kamar, dan lokasi.

  • Nah hotel berbintang, memiliki klasifikasinya sendiri yang dinilai dari jumlah kamar, fasilitas, sistem pengelolaan hingga pelayanan. Yang paling rendah kelasnya adalah bintang 2. Biasanya satu hotel minimum memiliki 20 kamar dengan luas 22 m2/kamar. Sementara yang paling mewah adalah bintang 5, dengan minimum memiliki 100 kamar dengan luas 26m2/kamar. Yang jelas, bintang 5 lebih mewah, fasilitas lebih lengkap dan pastinya lebih mahal.

  • Fasilitas bagus, biaya mahal, nyamankah?

  • Sebetulnya, hal terpenting yang harus diingat saat mencari tempat menginap adalah selain bisa menampung seluruh anggota keluarga, juga harus nyaman dan tentunya terjangkau kantong.

  • Demi alasan kenyamanan dan keamanan, hal-hal apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih hotel atau tempat menginap lainnya? Apakah harus di hotel berbintang lima dengan fasilitas eksklusif? Jawabannya, tergantung dari kegiatan apa saja yang akan Anda dan keluarga akan lakukan selama liburan dan daerah yang dikunjungi.

  • Perencana keuangan Aidil Akbar Madjid menjelaskan, kesalahan yang umum dilakukan saat liburan keluarga adalah, mereka cenderung memilih hotel yang mahal. Namun kegiatan lebih banyak dilakukan di luar ruangan seperti mengunjungi museum, pergi ke pantai atau datang ke tempat-tempat wisata. Sementara hotel hanya sebagai tempat untuk tidur dan beristirahat sebentar. Anda pun tak sempat menikmati segala fasilitas yang disediakan hotel padahal uang yang dikeluarkan untuk akomodasi terbilang besar.

  • Advertisement
  • "Kesalahan orang Indonesia kadang-kadang kita kan liburan maunya menikmati ya. (Banyak) keluar segala macam. (Tapi) kita menginap di hotel yang fancy, yang bagus. Kecuali kalau kita memang nggak ke mana-mana maunya di hotel, itu lain urusan," ujarnya. Akbar menyarankan, jika tujuan liburan adalah jalan-jalan dan banyak kegiatan bersama di luar, sebaiknya jangan mencari hotel bintang 5. Karena fungsi hotel hanya untuk menginap atau istirahat. Terlebih lagi jika liburan dengan keluarga.

  • Selain yang terkait fasilitas vs biaya itu, ada beberapa hal lain juga yang sebetulnya penting untuk diperhatikan dalam memilih hotel. Agar tidak hanya terpaut pada bintang dan fasilitas semata. Yakni sesuai dengan itinerary, jumlah orang yang pergi, tujuan wisata. Untuk itu, penting untuk memerhatikan tiga hal ini sebelum mem-booking:

  • Lokasi Hotel

  • Lokasi yang strategis bisa menjadi salah satu faktor dalam memilih hotel yang tepat bagi keluarga. Dekat dengan objek wisata yang ingin dikunjungi bisa jadi salah satu pertimbangan saat memilih hotel. Lokasi yang strategis dan dekat dengan objek wisata selain bisa menghemat waktu, juga bisa menghemat tenaga. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan lokasi-lokasi penting di sekitar penginapan seperti rumah sakit, tempat perbelanjaan serta tempat lainnya yang ingin dikunjungi.

  • Kebijakan Hotel

  • Jika akan berpergian bersama keluarga, ada baiknya Anda memastikan apakah usia anak sudah sesuai dengan kebijakan hotel. Setiap hotel memiliki kebijakannya masing-masing bagi tamu anak-anak. Hal ini tentu berkaitan dengan batasan jumlah orang di kamar atau harus/tidaknya meminta extra bed. Selain itu, mengecek keberadaan crib untuk bayi hingga memastikan tidak salah memilih kamar yang no smoking jika bersama anak-anak.

  • Fasilitas Kamar

  • Perhatikan fasilitas kamar yang Anda butuhkan bersama keluarga. Anda dapat memilih kamar connecting atau adjoining untuk memudahkan Anda mengawasi anak-anak. Pilih juga yang paling ramah keluarga jika bepergian bersama anak atau manula.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Haruskah menginap di hotel berbintang setiap traveling bersama keluarga?

Namanya juga liburan, pasti ingin merasa senyaman mungkin. Apakah karena itu kemudian hotel mewah berbintang merupakan satu-satunya pilihan tempat menginap saat berlibur?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr