'Warisan' seperti apa yang akan Anda berikan kepada putra-putri Anda?

Bukan hanya orang kaya yang dapat memberikan warisan kepada anak-anaknya, setiap orangtua memiliki sesuatu berharga yang dapat diwariskan kepada anak cucunya.

309 views   |   4 shares
  • Bukan hanya orang kaya yang dapat memberikan warisan kepada anak-anaknya, setiap orangtua memiliki sesuatu berharga yang dapat diwariskan kepada anak cucunya. Apa saja yang dapat Anda tinggalkan bagi keturunan Anda?

  • Patriotisme

  • Bagi Anda yang berkecimpung di dunia militer, inilah salah satu warisan yang dapat Anda berikan kepada anak cucu Anda. Rasa cinta Anda kepada negara dan bangsa yang Anda wujudkan dalam karier militer Anda. Anak cucu Anda dengan bangga akan mengenang Anda sebagai seorang kapten atau sersan yang gagah berani. Foto Anda yang mengenakan seragam militer berhiaskan bintang-bintang jasa terpampang di ruang tamu rumah mereka. Dan biasanya karena warisan Anda ini, mereka akan mengikuti jejak Anda masuk ke akedemi militer.

  • Jurnal

  • Dalam catatan harian yang tampaknya sepele ini Anda dapat mengilhami anak cucu Anda dengan pengalaman-pengalaman Anda. Misalnya Anda menuturkan bagaimana Anda mengatasi kesulitan dan tantangan yang Anda alami, mereka akan membaca dan terilhami bagaimana mereka dapat berbuat hal serupa ketika menghadapi kesulitan seperti itu. Inilah warisan keteguhan dalam menghadapi tantangan hidup. Mereka pun akan menjadi orang-orang yang tidak mudah putus asa.

  • Iman

  • Mengajarkan kepada anak-anak Anda untuk menjadi orang-orang beriman yang mengenal dan mencintai Tuhan adalah warisan yang tidak ternilai. Mereka akan menjadi orang-orang baik yang berharga di mata masyarakat. Mereka akan berjuang mendirikan harkat-harkat yang baik demi ajaran-ajaran Tuhan yang mereka patuhi.

  • Harta

  • Tentu saja tidak ada salahnya mewariskan harta kepada anak cucu bila Anda termasuk salah seorang yang beruntung memilikinya. Sebaiknya Anda mengatur semua itu selagi Anda masih sehat. Tidak perlu menunggu sampai detik-detik terakhir sebelum Anda menandatangani surat warisan Anda. Seringkali harta dapat menimbulkan perpecahan dalam keluarga, karena itu surat warisan yang adil dapat menghindari bencana ini. Salah satu orangtua terkaya di dunia, Bill Gates dan istrinya, malah berniat untuk tidak memberikan warisan hartanya kepada anak-anaknya. Mereka lebih suka mewariskan keterampilan membina kesuksesan daripada sekadar harta warisan.

  • Nama

  • Ada lagi orangtua terkenal lainnya yang ingin mewariskan nama masyhurnya kepada anak cucunya. Presiden terpilih AS yang baru, Donald Trump, telah tersohor sebagai mogul realtor, namun itu belum cucup baginya. Karena itu dia berkampanye untuk meraih jabatan paling tinggi di negaranya. Sekarang dengan kemenangannya, anak cucunya dapat berkata dengan bangga bahwa ayah atau kakeknya adalah presiden AS. Ini dapat mengilhami mereka untuk membina karier mereka di bidang politik. Ada pepatah yang mengatakan bahwa harimau mati meninggalkan belangnya, manusia yang mati meninggalkan namanya.

  • Advertisement
  • Nah, tidak peduli apa pun yang akan Anda wariskan kepada anak cucu Anda, Anda pasti ingin memberikan yang terbaik dari diri Anda. Apakah itu tekad baja Anda dalam mengatasi kesulitan hidup, atau kepandaian Anda untuk memupuk kekayaan, atau kepercayaan Anda kepada Tuhan yang dalam? Anda sendiri dapat memperbaiki diri Anda dalam hal ini, karena Anda tidak ingin meninggalkan sesuatu yang buruk, bukan? Seandainya saat ini Anda memiliki citra yang kurang baik, masih ada waktu untuk meninggalkannya sehingga Anda mampu mewariskan sesuatu yang baik bagi keturunan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

'Warisan' seperti apa yang akan Anda berikan kepada putra-putri Anda?

Bukan hanya orang kaya yang dapat memberikan warisan kepada anak-anaknya, setiap orangtua memiliki sesuatu berharga yang dapat diwariskan kepada anak cucunya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr