6 Rahasia Sebuah Pernikahan Bahagia

Fokus pada hal-hal positif yang dilakukan pasangan nikah Anda akan menciptakan suasana yang jauh dari saling menyalahkan dan membenci.Itulah resepnya untuk tetap bahagia dalam suatu pernikahan.

19,662 views   |   22 shares
  • Sediakan waktu untuk berbicara

  • Pasangan nikah yang bahagia saling berbicara secara teratur hampir tentang segala sesuatu. Keintiman pudar secara cepat bila pasangan tersebut berhenti untuk saling berbicara. Jangan biarkan kehidupan menghalangi dasar pembina hubungan tersebut. Jika Anda menjumpai jadwal atau beban kerja Anda membuat Anda sulit melakukannya, sisipkan potongan-potongan kecil percakapan kapanpun Anda dapat. Misalnya, mencuci piring bersama sehabis makan malam. Kegiatan ini akan memberi Anda kesempatan untuk merumpi paling sedikit beberapa menit dan memberi Anda kesempatan untuk saling berhubungan. Buatlah ini suatu prioritas dalam pernikahan Anda dan jangan biarkan hal-hal lain menghalanginya.

  • Bereskan masalah Anda bersama

  • Pasangan hidup Anda hendaknya menjadi orang pertama yang Anda ajak bicara jika Anda memiliki masalah, bahkan seandainya masalah tersebut adalah masalahnya. Pasangan nikah yang bahagia sanggup berbicara kepada pasangan hidupnya tetang segala hal, sedangkan pasangan nikah yang tidak bahagia seringkali lebih merasa nyaman membicarakannya kepada teman-teman mereka. Lebih menggoda untuk berbicara kepada teman-teman karena mereka akan lebih bersimpati dan setuju dengan sudut cerita Anda. Namun demikian, itu adalah pola yang tidak sehat yang hanya akan mendorong ke arah kesulitan dalam pernikahan.

  • Saling memberi kejutan

  • Makin bervariasi seorang suami dan isteri memasuki kehidupan bersana, makin bahagia pernikahan mereka. Berusahalah melakukan hal-hal rutin secara berbeda, sekadar demi perubahan. Seorang pasangan nikah mengatakan bahwa sekali-kali mereka suka berkumpul di sebuah restoran di mana mereka berpura-pura sebagai orang yang tidak kenal yang saling tertarik. Tidak ada aturan tentang bagaimana memperkenalkan variasi tersebut dalam hidup Anda. Yang penting adalah bahwa Anda berdua sangat menyukainya, bersifat petualangan, dan menyenangkan.

  • Mengejar minat Anda sendiri

  • Terlalu banyak kaum lelaki dan perempuan menggunakan pernikahan sebagai alasan untuk berhenti tumbuh dan menantang diri mereka sebagai individu. Sebaliknya, pasangan nikah yang bahagia tidak bersembunyi di balik pernikahan mereka. Demi Anda dan demi pernikahan Anda, Anda harus selalu berusaha menjangkau tujuan Anda. Langkah pertama adalah menentukan tujuan Anda; langkah selanjutnya adalah merinci mimpi yang nampaknya tak masuk akal tersebut menjadi banyak langkah kecil yang terjangkau. Ingatlah untuk selalu saling mendorong dan mendukung dalam mengejar tujuan Anda.

  • Advertisement
  • Bertindaklah seperti sepasang kekasih

  • Pasangan nikah yang bahagia, tak perduli berapa tahun mereka telah bersama, tak perduli berapa banyak anak mereka, selalu ingat bahwa mereka adalah sepasang kekasih. Ingatkan diri Anda selalu bagaimana perasaan Anda dulu sewaktu berkencan untuk pertama kali dan selanjutnya memperlakukan pasangan hidup Anda tetap seperti itu. Usahakanlah sebaiknya untuk menjaga penampilan fisik dan kebiasaan menjaga kebersihan diri yang baik. Dengarkan dengan penuh perhatian ketika pasangan hidup Anda berbicara kepada Anda. Bercumbulah dengan pasangan Anda seperti yang pernah Anda lakukan dulu. Biarkan dia mengetahui bahwa Anda masih merupakan pasangan yang menarik.

  • Mempertahankan prioritas yang sehat

  • Apa yang dapat Anda lakukan dalam hidup itu terbatas. Jika pernikahan Anda menderita sebab Anda terlalu banyak melakukan hal-hal lain, inilah saatnya untuk menilai kembali komitmen Anda. Buatlah daftar semua tuntutan, baik yang dari dalam maupun dari luar, yang memenuhi hidup Anda dan periksalah ulang tuntutan tersebut bersama pasangan hidup Anda. Putuskan yang mana yang sangat penting dan meniadakan yang tidak penting. Realistislah dengan pengharapan Anda. Menjadi 'sempurna' jauh lebih tidak penting daripada menjadi bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “6 Secret to a happy marriage” karya Lynn Scoresby.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

6 Rahasia Sebuah Pernikahan Bahagia

Fokus pada hal-hal positif yang dilakukan pasangan nikah Anda akan menciptakan suasana yang jauh dari saling menyalahkan dan membenci.Itulah resepnya untuk tetap bahagia dalam suatu pernikahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr