5 nutrisi penting yang wajib ada dalam setiap menu makanan yang kita konsumsi

Seperti apakah komposisi nutrisi yang sebaiknya ada dalam makanan Anda?

493 views   |   2 shares
  • Menurut Anda, dalam kehidupan sehari-hari berapa banyak makanan yang sebaiknya kita konsumsi? Mungkin, di antara Anda ada yang menjawab, "Sampai terasa kenyang atau secukupnya saja." Padahal, jumlah makanan yang kita konsumsi setiap hari bukan dilihat dari berapa banyak porsi makanan yang harus dihabiskan, tetapi terletak pada berapa banyak nutrisi yang harus kita penuhi agar kesehatan dan kekuatan tubuh selalu terjaga.

  • Sayangnya, banyak orang beranggapan bahwa jumlah porsi makan jauh lebih penting ketimbang nilai gizi yang terkandung di dalam makanan. Bahkan, ada beberapa orang saking laparnya menambah porsi makannya dengan pola pikir semakin kenyang akan semakin lebih baik.

  • Kualitas makanan adalah hal terpenting yang harus kita perhatikan. Makanan yang ideal untuk dikonsumsi tidak hanya dilihat dari bentuk dan cita rasanya saja, tetapi dari berapa banyak komposisi nutrisi yang dimiliki oleh makanan tersebut. Mengutip penjelasan di laman http://www.idmedis.com/, idealnya dalam setiap porsi makanan wajib mengandung 5 unsur nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelima nutrisi penting tersebut adalah:

  • Karbohidrat

  • Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, tanpa adanya karbohidrat dalam menu makanan kita akan cepat merasa lapar dan tidak bertenaga. Di dalam karbohidrat sendiri ada tiga unsur penting, yaitu: Karbon, Hidrogen, dan Oksigen. Adapun sumber-sumber makanan penghasil karbohidrat sangat mudah kita jumpai, di antaranya: Nasi, jagung, gandum, singkong, kentang, ketela, pisang, gula dan sayur-sayuran berwarna hijau.

  • Protein

  • Fungsi utama protein adalah sebagai zat pembangun tubuh. Protein sendiri merupakan kumpulan senyawa organik yang di dalamnya terdiri dari unsur: Sulfur, Hidrogen, Fosfor, Nitrogen, Oksigen dan Asam amino. Adapun makanan penghasil protein bisa kita peroleh dari: Daging, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran hijau, dan ikan.

  • Vitamin dan mineral

  • Dokter spesialis gizi, Samuel Oentoro, seperti dijelaskan oleh Kompas.com mengatakan "Vitamin dan mineral merupakan unsur penting untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya itu vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam pembentukan energi. Mengonsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah cukup mampu memperkuat sistem daya tahan tubuh guna menangkal radikal bebas yang bisa menjadi sumber penyakit." Sumber vitamin dan mineral sangat mudah dijumpai, yaitu di dalam buah-buahan dan sayuran segar.

  • Lemak

  • Lemak memang sering dihubungkan dengan masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetes. Akan tetapi, manfaat lemak bagi tubuh sangatlah penting, tanpa adanya lemak tubuh tidak akan mampu beraktivitas. Selain sebagai sumber tenaga, lemak juga memiliki fungsi lain yang tak kalah menakjubkan, yaitu menjaga agar suhu tubuh tetap stabil. Adapun sumber lemak bisa diperoleh melalui: Buah-buahan, kacang-kacangan, daging, minyak kelapa, susu, ikan, telur, mentega, dan keju.

  • Advertisement
  • Serat

  • Makanan berserat adalah makanan yang mengandung serat alami di mana usus tidak mampu mencernanya. Oleh karena tidak mampu dicerna usus, maka serat makanan tidak menghasilkan energi maupun kalori bagi tubuh. Namun, di sisi lain jika dikonsumsi dalam jumlah cukup serat memiliki manfaat bagi tubuh, di antaranya: Mencegah konstipasi, membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung koroner, mencegah munculnya kanker usus, menurunkan berat badan dan menjaga gula darah tetap stabil. Untuk mendapatkan asupan serat alami beberapa jenis makanan berikut diketahui memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk tubuh: Oatmeal, pepaya, berry, sayuran hijau, jagung, alpukat, edamame, beras merah, buah pir, brokoli, apel, jambu merah, tomat, mangga, buah naga, nanas, kacang polong, kacang tanah, almond dan roti gandum.

  • Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak jenis penyakit baru bermunculan. Mungkin saja hal ini disebabkan karena pengaruh dari gaya hidup dan pola makan tidak sehat yang kita konsumsi setiap hari. Jika ingin hidup sehat, tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan kecuali memerhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan selalu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi seimbang, hidup kita akan jauh lebih sehat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 nutrisi penting yang wajib ada dalam setiap menu makanan yang kita konsumsi

Seperti apakah komposisi nutrisi yang sebaiknya ada dalam makanan Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr