Atasi demam pada bayi di bawah usia satu tahun tanpa panik

Sebagai orangtua khususnya Ibu, tentu Anda akan merasa sangat khawatir ketika anak sakit. Ingin anak segera pulih dan kembali ceria menjadi harapan Ibu yang terbesar.

466 views   |   2 shares
  • Demam adalah sebuah reaksi tubuh ketika sel-sel di dalamnya berusaha keras melawan kontaminasi bakteri jahat. Pada bayi, demam adalah saat ketika suhu tubuhnya melebihi suhu 38 derajat celcius.

  • Sangat tidak dianjurkan mengukur suhu tubuh dengan menggunakan perabaan baik itu pada dahi atau pun leher pada anak, karena tidak tertutup kemungkinan perabaan dengan menggunakan tangan bisa menyesatkan. Suhu tubuh bisa saja meningkat saat suhu di luar tinggi ataupun anak bermain dengan aktivitas fisik yang tinggi. Dan sebaliknya pada anak yang mengalami dehidrasi pun akan terasa dingin ketika diraba walaupun suhu tubuhnya meningkat.

  • Saat ini tersedia berbagai macam pilihan termometer untuk mengukur suhu tubuh yang dapat dipergunakan orangtua. Selain termometer kaca, tersedia juga termometer digital yang penggunaannya hanya dengan cara mendekatkan termometer pada dahi dan telinga bayi. Namun demikian, penggunaan termometer telinga tidak juga dianjurkan pada bayi yang berusia kurang dari 3 bulan. Gunakan pengukuran pada dahi yang jauh lebih mudah, mengingat anak berusia di bawah 3 bulan juga belum dapat bekerjasama dengan baik untuk dilakukan pengukuran melalui mulut.

  • Semua bayi pasti pernah mengalami demam, kondisi seperti ini sangat umum pada semua orang termasuk bayi. Sebagai orang tua tentu akan merasa khawatir ketika mengalami situasi seperti ini. Ketika mendapati suhu tubuh si kecil panas, jangan panik, ada kalanya demam pada bayi terjadi setelah menjalani imunisasi. Meskipun ada juga kondisi tertentu di mana bayi membutuhkan perhatian lebih ataupun penanganan dari petugas kesehatan atau dokter.

  • Untuk itu, sebagai orang tua wajib mengetahui setiap penyebab, gejala serta tanda-tanda yang muncul ketika suhu tubuh anak terasa panas. Sebab demam pada bayi berusia di bawah 3 bulan sangat membutuhkan perhatian yang serius dan tepat. Jika demam tidak juga turun setelah pengukuran suhu dalam periode tertentu dalam 24 jam, segeralah bawa si kecil ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih.

  • Penanganan yang dapat Anda lakukan kepada bayi yang berusia di atas 3 bulan sangat sederhana dan dapat Anda coba sebagai penanganan awal ketika hal ini terjadi:

  • 1. Berikan asupan cairan yang cukup, baik itu ASI, susu formula atau air putih untuk menghindari dehidrasi. Mungkin tidak bisa sekaligus diberikan dalam jumlah yang banyak, jangan dipaksakan. Sedikit-sedikit namun lebih sering diberikan kepada bayi akan lebih efektif.

  • 2. Jangan gunakan air dingin ketika memandikan anak. Memandikan si kecil yang terserang demam dengan air hangat akan membuatnya lebih rileks. Jika demamnya tinggi dan anak terlihat lesu ada baiknya untuk tidak dimandikan terlebih dahulu, cukup menyeka anak dengan air hangat.

  • Advertisement
  • 3. Hindari pakaian berbahan tebal yang membuat si kecil tidak merasa nyaman. Kenakan pakaian yang cukup saja yang membuat anak tidak merasa kedinginan dan kepanasan.

  • 4. Jika dalam 24 jam suhu tubuh tidak turun atau bahkan mungkin bertambah, segeralah bawa si kecil ke dokter.

  • Ada juga orang tua yang langsung saja memberikan obat penurun panas, padahal ini juga tidak dianjurkan tanpa konsultasi dokter. Untuk demam yang terjadi pada bayi sebaiknya tidak langsung diberikan obat penurun panas selama suhu tubuh si kecil belum melebihi 38 derajat celcius, kecuali ada riwayat kejang demam yang pernah terjadi sebelumnya dan sudah dikonsultasikan langsung dengan dokter.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Atasi demam pada bayi di bawah usia satu tahun tanpa panik

Sebagai orangtua khususnya Ibu, tentu Anda akan merasa sangat khawatir ketika anak sakit. Ingin anak segera pulih dan kembali ceria menjadi harapan Ibu yang terbesar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr