6 Tujuan Menabung yang Dapat Anda Terapkan

Kebanyakan orang memiliki pengertian mengenai perlunya menabung untuk masa depan, tetapi mungkin kurang memiliki kejelasan tentang apa tujuan menabung, apa yang perlu ditabung dan bagaimana caranya.

8,947 views   |   9 shares
  • Kebanyakan orang memiliki pengertian mengenai perlunya menabung untuk masa depan, tetapi mungkin kurang memiliki kejelasan tentang apa tujuan menabung itu, apa yang perlu ditabung dan bagaimana caranya. Berikut hal-hal yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut:

  • Simpanan untuk hari tua/pensiunan

  • Terkadang kita berkeinginan untuk tidak pensiun,tetapi kita tetap harus membuat suatu rencana pada saat kita mungkin berubah pikiran atau memang karena kita tidak punya pilihan. Seandainya Anda hidup selama 102 tahun, apakah Anda berpikir Anda akan tetap bekerja? Segeralah menabung untuk hari tua Anda dengan menggunakan jaminan hari tua Anda yang tersedia di tempat Anda bekerja maupun simpanan yang diberikan oleh pemerintah (Jamsostek) atau investasi dalam bursa saham. Simpanan/tabungan ini harus menjadi sesuatu yang sakrali yang tidak akan anda sentuh/pergunakan sampai masa pensiun. Beberapa peraturan dalam pajak, Anda diperbolehkan untuk menggunakan simpanan Anda untuk membayar uang muka dalam pembelian rumah dengan persyaratan yang berlaku. Berhati-hatilah pada saat Anda akan mengambil suatu keputusan. Usahakanlah untuk tetap menabung untuk jaminan hari tua Anda.

  • Perguruan Tinggi

  • Anda pasti menginginkan anak-anak Anda untuk melanjutkan sekolah mereka sampai perguruan tinggi dalam mencapai cita-cita/impian dalam kehidupan mereka. Mulailah menabung sedini mungkin untuk anak-anak Anda, untuk pendidikan mereka bahkan sampai pada perguruan tinggi.

  • Mobil baru

  • Memang terdengar jauh lebih menyenangkan jika Anda menabung untuk membeli mobil daripada menabung untuk masa pensiunan Anda. Anda akan lebih senang mengendarai mobil jika uangnya berasal dari tabungan Anda sendiri dan bukan dari pinjaman. Tentunya Anda tidak ingin bekerja untuk mobil Anda yang Anda inginkan adalah mobil anda bekerja untuk Anda!

  • Liburan

  • Dapatkah Anda membayangkan bahwa Anda harus tetap membayar pengeluaran liburan Anda selama 5 – 7 tahun setelah Anda menggunakannya? Bukan hal yang menyenangkan, tetapi ada banyak dari orang yang membuat liburan mereka seperti itu, ketika mereka menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran liburan mereka. Liburan Anda mungkin hanya berlangsung selama 7 hari, namun penderitaan Anda untuk membayar hutang pada kartu kredit Anda bisa berlangsung bertahun-tahun. Jika anda menabung untuk liburan, maka liburan Anda akan lebih menyenangkan dan Anda akan terhindar dari pengeluaran yang tertunda.

  • Cadangan

  • Advertisement
  • Menabung untuk cadangan atau kebutuhan yang mendadak, berbeda dari mempunyai mobil baru dan liburan, Anda harus melindungi rencana dan impian Anda. Jika tiba-tiba Anda memerlukan transmisi/mesin baru untuk mobil Anda, maka hal itu dapat mengganggu tabungan Anda yang rencananya akan digunakan untuk membeli mobil dalam beberapa tahun kedepan, jika Anda tidak mempunyai cadangan yang diperlukan. Secara keseluruhan, tabungan cadangan Anda dapat membantu memenuhi pengeluaran tahunan Anda bahkan ketika Anda tiba-tiba tidak memiliki pekerjaan.

  • Lainnya

  • Tidak ada alasan apapun untuk tidak menabung, baik menabung untuk hal-hal yang Anda inginkan atau tanpa alasan sekalipun. Memiliki uang membuat kita lebih dapat membantu orang lain. Teruslah menabung!

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Save for what? 6 savings objectives that may apply to you today" karya Devin Thorpe.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

6 Tujuan Menabung yang Dapat Anda Terapkan

Kebanyakan orang memiliki pengertian mengenai perlunya menabung untuk masa depan, tetapi mungkin kurang memiliki kejelasan tentang apa tujuan menabung, apa yang perlu ditabung dan bagaimana caranya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr