Bayi saya 'bau tangan'. Bagus, dong!

Bayi bau tangan itu adalah anggapan yang sesungguhnya salah besar. Ini faktanya.

3,602 views   |   21 shares
  • Pernahkah Anda mendengar perkataan tentang bayi yang bau tangan? Terutama di kalangan ibu-ibu, hal ini artinya adalah jika terlalu sering menggendong bayi akan membuat bayi menjadi manja dan selalu ingin digendong. Benarkah hal ini ataukah hanya mitos saja? Di dalam kamus kedokteran tidak ada yang dinamakan istilah bayi bau tangan, ini hanyalah istilah yang ada dalam masyarakat umum yang diperuntukkan pada bayi yang senang digendong atau bayi yang rewel bila tidak digendong.

  • Sebenarnya tidak ada salahnya menggendong bayi, bahkan sering menggendongnya pada awal sepanjang tahun pertama usianya tidak akan menyebabkan bayi menjadi tergantung pada orang lain. Justru dengan sering menggendong, bayi akan lebih jarang menangis, bayi seperti ini akan menjadi anak yang lebih mandiri dan lebih cerdas jika dibandingkan dengan bayi yang lebih banyak diletakkan di tempat tidur, kereta dorong atau jarang kontak dengan manusia.

  • Sampai dengan 3 bulan usia bayi, ia belum dapat benar-benar tidur dengan nyenyak selama 8 jam waktu normal tidur manusia. Selama 3 bulan bayi memang akan tidur selama kurang lebih 20 jam dalam sehari namun waktu tidur tersebut terbagi-bagi dalam beberapa waktu sepanjang harinya. Hanya bayi berusia 4 bulan keatas yang sudah dapat membedakan siang dan malam sehingga mereka dapat tidur lebih lama di malam hari.

  • Munculnya istilah bau tangan ini sebenarnya hanya akibat dari salahnya pengertian atau respons dari tangisan bayi, sehingga bayi menjadi rewel dan terus menangis. Yang seharusnya dilakukan sebenarnya adalah dengan mencari tahu penyebab pasti mengapa bayi Anda menangis dan mengatasinya. Tidak harus segera digendong, karena bagaimanapun hanya dengan menangis lah bayi berkomunikasi untuk memperoleh yang diinginkannya.

  • Namun, sering menggendong bayi Anda tidak akan menjadikan anak Anda bau tangan seperti yang diucapkan oleh banyak orang. Melainkan bayi akan mendapatkan banyak pengaruh yang baik karena sering digendong oleh orang tuanya terutama dalam perkembangannya. Karena dengan menggendongnya lah merupakan saat yang sangat tepat untuk memperkenalkannya pada dunia dan secara tidak langsung akan memberikan pelajaran akan banyak hal. Bayi yang digendong akan banyak mengamati lingkungan sekitarnya, memperhatikan orangtuanya berbicara dan lain sebagainya. Percaya atau tidak ada anak yang lebih cepat pandai berbicara dibanding anak-anak lain seusianya juga berpengaruh karena lebih sering digendong oleh orang tuanya saat bayi.

  • Advertisement
  • Pada intinya, bayi memang selalu ingin berada dekat pada orang tuanya atau pengasuhnya, karena memang karakteristiknya mencari kenyamanan dan keamanan dari orang yang dikenalnya. Terutama ketika bayi berada dalam dekapan ibu, tentunya akan menjadi tempat ternyaman baginya. Meskipun dalam usia tertentu juga tidak dianjurkan untuk sering menggendong bayi, selain bayi menjadi kurang latihan atau kurang bergerak yang menyebabkan pertumbuhan ototnya lambat juga berkaitan langsung dengan perkembangan motorik sang anak.

  • Untuk itulah disarankan bagi para orang tua sebaiknya menstimulasi tumbuh kembang anak terutama kemampuan motoriknya agar anak dapat juga mengeksplorasikan kemampuannya. Misalnya dengan menentukan waktu-waktu tertentu membiarkan anak berada di lantai tanpa digendong agar ia dapat merangkak atau berguling sendiri. Tapi harus selalu diperhatkan kondisi tempat di mana anak bermain, jauhkanlah barang-barang yang sekiranya dapat berbahaya bagi anak. Ketika anak sedang ingin digendong, jangan terlalu khawatir tentang 'bau tangan' lagi ya. Sebagai orang tua, nikmatilah masa-masa menggendong anak yang masih bayi, karena tanpa terasa masa-masa itu akan segera berlalu dan anak akan cepat bertumbuh sehingga ada waktunya ia sudah tidak bisa atau tidak ingin lagi digendong.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Bayi saya 'bau tangan'. Bagus, dong!

Bayi bau tangan itu adalah anggapan yang sesungguhnya salah besar. Ini faktanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr