Kiat bertahan ketika kehidupan rumah tangga terasa berat

Kekuatan cinta Anda mungkin sedang diuji saat ini.

1,877 views   |   21 shares
  • Pelaku utama dalam kehidupan rumah tangga adalah pasangan suami istri, keduanya adalah dua sahabat dan sebuah tim yang harus kompak dalam membina rumah tangga. Agar dua sahabat ini dapat solid sebagai satu tim yang kompak maka masing-masing pihak baik itu suami ataupun istri harus dapat melakukan fungsi dan perannya masing-masing sesuai denngan tugas dan kewajibannya. Disamping itu penting juga untuk menjaga cinta antara keduanya tetap terjaga bahkan terus bertumbuh, karena dengan dasar itulah kehidupan yang dijalani akan menjadi indah. Dapat dibayangkan bagaimana jadinya jika perasaan itu hilang atau memudar, tentu akan memicu munculnya berbagai konflik. Karena tidak mudah menyatukan dua pribadi dari latar yang berbeda, kebiasaan, karakter dan sebagainya.

  • Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan dan merawat cinta kasih diantara suami istri. Jika memang sudah banyak hal yang dirasa sudah dilakukan untuk itu namun terasa berat mungkin masih perlu waktu yang lebih lagi untuk mengusahakannya. Kesabaran merupakan langkah utama yang harus diambil ketika muncul persoalan dalam kehidupan rumah tangga. Sebab di dalam kesabaran inilah terdapat banyak kebaikan-kebaikan yang dapat mendukung usaha Anda.

  • Karena bagaimanapun dalam setiap rumah tangga yang dijalani oleh siapapun pastilah ada pertengkaran, masalah, dan cobaan. Jika tidak ada itu semua justru akan menjadi hal yang perlu dipertanyakan, jadi apapun masalahnya pertengkaran dalam rumah tangga tidak seharusnya menjadikan perjalanan hidup tersebut menjadi berat, bahkan sebagian orang berpendapat bahwa pertengkaran adalah bagian dari kenikmatan berumah tangga. Sebab permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga adalah proses belajar bagi suami ataupun istri untuk terus mengetahui dan memahami pasangan masing-masing.

  • Oleh karena itu, permasalahan dalam rumah tangga tidak untuk menjadikan hidup menjadi berat, namun merupakan tangga proses yang berujung kepada kebahagiaan bila Anda dan pasangan dapat melaluinya dengan baik. Dalam berumah tangga, semua orang akan melalui perjalanan panjang yang cukup melelahkan agar dapat mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan kesiapan mental dalam diri sebelum berumah tangga, mempersiapkan segala bekal yang dibutuhkan agar apapun gelombang yang datang rumah tangga Anda dengan pasangan tidak mudah digoyahkan.

  • Jangan pernah biarkan Anda atau pasangan mengalami depresi yang berat akibat permasalahan yang ada dalam rumah tangga Anda berdua. Depresi seringkali menjadi masalah yang besar pada seseorang, semua orang yang hidup pastinya memiliki berbagai masalah yang berbeda-beda bobot dan bentuknya, bila mereka terlalu cepat berputus asa dan tidak kuat menghadapi suatu masalah maka dapat mengalami depresi dan berujung pada stres yang secara signifikan akan berpengaruh pada keutuhan rumah tangga Anda dan pasangan.

  • Advertisement
  • Segala sesuatunya tentu memiliki risiko dan tanggung jawab untuk itu diperlukan hati yang sungguh-sungguh untuk menjalaninya agar hasilnya dapat memuaskan. Jika apa yang diharapkan mungkin belum terjadi pada akhirnya kekuatan mental Anda dan pasangan pun akan diuji agar tidak mudah menyerah dan berputus asa untuk tetap memiliki semangat dan pengharapan untuk masa depan yang lebih baik lagi, sebab banyak sekali pasangan suami istri yang hidup harmonis dan menjalani hari-hari dalam rumah tangga mereka dengan indah meskipun sudah bertahun-tahun menikah. Jika Anda dan pasangan sudah sampai kedalam keluarga yang harmonis, maka hal itu patut selalu Anda jaga dan syukuri bersama pasangan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Kiat bertahan ketika kehidupan rumah tangga terasa berat

Kekuatan cinta Anda mungkin sedang diuji saat ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr