Mendadak harus menjadi Stay-at-Home-Mom. Bagaimana saya menyiapkan diri?

Ketika si Ibu bekerja mendadak dihadapkan pada situasi harus menjadi Ibu penuh waktu di rumah. Bagaimana saya memperlengkapi diri?

186 views   |   3 shares
  • Kehidupan seorang wanita berubah ketika dia sudah berstatus sebagai istri, lalu kehidupannya akan berubah sekali lagi ketika hamil dan kemudian melahirkan. Ia menyandang sebuah gelar yang istimewa, ibu. Sebagai seorang ibu pastilah kita ingin menyaksikan pertumbuhan anak, ingin mengasuh sendiri anak kita dan bisa menghabiskan waktu bermain bersama si kecil. Namun, seringkali keinginan ini harus dikubur terlebih dahulu karena faktor ekonomi. Ketika cuti melahirkan telah selesai, ada rasa tidak rela yang menyusup masuk kedalam hati seorang ibu untuk meninggalkan si bayi. Atau tangisan si balita yang tidak memperbolehkan ibunya pergi bekerja. Hati ibu mana yang tidak teriris jika diperhadapkan kepada situasi tersebut?

  • Semua sudah dipersiapkan. Ada pengasuh yang dipercaya, atau dititipkan di day care atau di rumah nenek dan kakek, sang ibu yang rela ataupun tidak rela akan kembali bekerja. Lantas, tiba-tiba pengasuh mengajukan permohonan berhenti bekerja, atau tiba-tiba kakek nenek harus pergi keluar kota dan tidak dapat mengasuh cucunya, sang ibu pun dilema. Karier atau anak? Tapi pilihan karier sepertinya tidak bisa dipilih. Maka sang ibu paruh waktu mendadak harus menjadi ibu penuh waktu.

  • Apa saja yang harus dipersiapkan oleh si ibu bekerja ini untuk memasuki dunia yang baru yaitu menjadi stay at home mom atau SAHM?

  • Well, yang terutama yang perlu Anda persiapkan adalah kebesaran hati Anda. Mengapa? Perlu kebesaran hati Anda untuk menjadi seorang ibu penuh waktu. Menyenangkan rasanya bisa bersama anak terus menerus, mungkin itu yang ada dalam bayangan Anda. Tapi, ketika dijalani ternyata tidak semudah dan seindah itu. 24/7 bersama dan mengurus anak ternyata bisa berakibat pada level kewarasan Anda. Hal-hal yang dahulu sepele, misalnya minum teh atau kopi susu dengan santai akan menjadi hal yang mahal ketika Anda telah menjadi SAHM. Anda akan memiliki pengikut setia yang akan mengikuti kemanapun Anda pergi bahkan ke kamar kecil sekalipun. Berbesar hatilah jika Anda memutuskan akan menjadi SAHM. Berbesar hatilah jika nantinya anak Anda 'mengekori' kemanapun Anda pergi karena suatu hari dia akan bertumbuh besar dan sudah sibuk sendiri. Berbesar hatilah jika Anda harus membereskan mainan yang rasanya tiada habisnya, karena akan datang hari di mana Anda merindukannya ketika dia telah menikah dan meninggalkan rumah. Berbesar hatilah jika dunia Anda seperti direnggut dari Anda. Anda memiliki dunia yang baru yang tidak dimiliki oleh semua wanita.

  • Advertisement
  • Hal berikutnya yang perlu Anda persiapkan adalah rencana keuangan. Diskusikanlah bersama suami bagaimana keuangan keluarga Anda akan diatur. Karena otomatis pendapatan akan datang dari suami Anda saja. Jika memungkinkan cobalah selama 1 bulan untuk hidup hanya dari gaji suami sehingga Anda dapat memperkirakan anggaran-anggaran mana saja yang dapat Anda potong untuk berhemat.

  • Kemudian mungkin Anda dapat mencari hobi atau usaha dari rumah untuk tetap membantu ekonomi keluarga. Serta persiapkan hal yang dapat menjaga kewarasan Anda. Karena menjadi ibu 24/7 dapat menguras tenaga, pikiran dan kewarasan Anda. Mungkin cemilan kesukaan, menulis blog atau sekedar curhat (berkeluh kesah) kepada suami lewat whatsapp, bbm, imessage, email ataupun telepon. Kewarasan sangatlah diperlukan apalagi jika Anda adalah satu-satunya orang dewasa di rumah sampai suami Anda pulang dari kantor.

  • Nah, mommies demikianlah hal-hal yang perlu Anda persiapkan jika Anda harus menjadi ibu penuh waktu. Selamat menikmati waktu-waktu bersama si kecil. Meskipun akan terasa melelahkan, berbesar hatilah. Bila datang hari di mana Anda merindukan ketika Anda bekerja dan bertemu dengan teman-teman, berbesar hatilah. Sekalipun terlihat dan terdengar menyeramkan atau rasanya seperti dunia dan kebebasan Anda terenggut begitu saja, menjadi ibu penuh waktu ataulah SAHM adalah pekerjaan yang mulia. Nikmatilah waktu-waktu berharga yang akan datang dan tidak melewatkan momen-momen penting dalam hidup anak Anda. Enjoy!

  • "There will be so many times you feel like you've failed. But in the eyes, heart and mind of your child you are SUPER MOM." Stephanie Precourt.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Mendadak harus menjadi Stay-at-Home-Mom. Bagaimana saya menyiapkan diri?

Ketika si Ibu bekerja mendadak dihadapkan pada situasi harus menjadi Ibu penuh waktu di rumah. Bagaimana saya memperlengkapi diri?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr