Perlahan tapi pasti, sosial media “meracuni” pernikahan Anda

Sepertinya biasa saja melihat masing-masing orang sibuk dengan gadgetnya sendiri di dalam suatu keluarga. Hal inilah yang menjadi lampu kuning terutama bagi hubungan suami istri.

1,433 views   |   68 shares
  • Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kita dapat dengan sangat mudah memperoleh berbagai informasi dari dunia maya, terutama sosial media. Bagi mereka yang memiliki gadget atau smartphone canggih, hal ini sangat mendukung sekali dalam mengakses informasi dari seluruh dunia. Namun pada sisi lain ternyata ada efek negatif yang ditimbulkan dari sosial media ini terhadap sebuah hubungan khususnya hubungan rumah tangga. Tidak sedikit kasus perceraian di berbagai daerah yang dipicu dari penggunaan sosial media. Mungkin Anda tidak mengerti bagaimanakah sosial media dapat menghancurkan sebuah pernikahan yang secara konteks umum tidak saling berhubungan. Media sosial memang tidak berhubungan langsung terhadap pernikahan sebab berada di dunia yang berbeda, pernikahan dijalani di dunia nyata sedangkan bermain media sosial kita berselancar dalam dunia maya.

  • Lalu bagaimanakah cara media sosial dapat merusak pernikahan seseorang? Berikut ini ulasannya:

  • 1. Membuat hubungan menjadi ekslusif

  • Ekslusif di sini tidak berarti ekslusif terhadap orang luar, eksklusif terhadap orang luar dari rumah tangga Anda mungkin tidaklah menjadi masalah berarti, namun yang menjadi masalah akibat seringnya bermain gadget dan sudah menjadi kebiasaan dapat menjauhkan Anda dengan pasangan karena perhatian Anda secara tidak sadar teralihkan dan seringkali ini dapat memicu pertengkaran dengan pasangan.

  • 2. Kurangnya rasa syukur

  • Banyak sekali konten yang diunggah ke media sosial dari sahabat, saudara tentang pernikahan mereka, apa yang mereka jalani bersama pasangan. Hal tersebut dapat memicu rasa iri dan rasa iri tersebut akan membuat Anda jadi membanding-bandingkan dengan apa yang Anda miliki, sedangkan kunci kebahagiaan berumah tangga hanyalah selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki.

  • 3. Berbagi privasi

  • Jadi meskipun Anda ataupun orang lain yg juga hobi bermain media sosial berpikir apa yang Anda tuliskan, unggah dan komentarkan di dalamnya adalah sebuah hak pribadi karena Anda melakukan dalam akun milik sendiri, yang harus Anda pahami adalah segala sesuatu yang terdapat di dalamnya dapat dikonsumsi oleh banyak orang. Bukan tidak mungkin apa yang Anda tulis itu dapat menyakiti perasaan pasangan Anda ketika ia membacanya.

  • 4. Salah pergaulan

  • Tentu Anda pernah mendengar istilah yang mengatakan pergaulan yang salah dapat merusak kebiasaan yang baik. Jika tidak berhati-hati dalam media sosial Anda pun bisa saja mendapat efek yang kurang baik dari orang lain yang memiliki perilaku kurang baik dalam dunia nyata. Sudah banyak contoh kasus pasangan menikah berselingkuh dengan teman media sosialnya.

  • Advertisement
  • 5. Mengacaukan prioritas

  • Pasangan suami istri dalam rumah tangga tentu memiliki hak dan kewajibannya masing-masing, ada tanggung jawab dan komitmen yang dipikul oleh masing-masing pihak. Bila hal-hal yang sudah menjadi prioritas untuk dikerjakan dalam kelangsungan hidup berumah tangga ini terganggu akibat waktu yang penting terbuang karena seringnya bermain dalam media sosial perlahan namun pasti hal ini akan membawa kehancuran pada pernikahan.

  • Kelima alasan di atas lah yang menjadi efek negatif media sosial terhadap pernikahan, rumah tangga yang mapan tentu memiliki berbagai macam fasilitas. Dan fasilitas yang disediakan pada teknologi kini sedang berkembang sangat pesat, begitu banyak yang terbuai hari-harinya dengan gadget untuk berinteraksi sampai melupakan waktu dan kewajiban sebab dunia maya tidak dibatasi ruang dan waktu bagi penggunanya. Jadi, Anda juga harus dituntut bijaksana menggunakannya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Perlahan tapi pasti, sosial media “meracuni” pernikahan Anda

Sepertinya biasa saja melihat masing-masing orang sibuk dengan gadgetnya sendiri di dalam suatu keluarga. Hal inilah yang menjadi lampu kuning terutama bagi hubungan suami istri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr