5 Kiat untuk Memberitahu Anak-anak Anda tentang Perceraian Anda

Memutuskan untuk mengakhiri pernikahan Anda adalah sebuah keputusan serius dan sulit. Keputusan tersebut kemungkinan besar telah menyita banyak waktu dan pikiran tentang dampak perubahan yang akan terjadi dalam hidup Anda dan anak-anak Anda.

2,874 views   |   5 shares
  • Memutuskan untuk mengakhiri pernikahan Anda adalah sebuah keputusan serius dan sulit. Keputusan tersebut kemungkinan besar telah menyita banyak waktu dan pikiran tentang dampak perubahan yang akan terjadi dalam hidup Anda dan anak-anak Anda. Penelitian memperlihatkan bahwa perseteruan terbuka dan terus menerus dapat berdampak negatif pada anak-anak Anda. Kadang-kadang pilihan terbaik adalah mengakhiri situasi yang merusak setiap orang yang terlibat. Bahkan seandainya alasan Anda untuk bercerai dapat dibenarkan, perceraian tersebut masih menyebabkan banyak penderitaan dan ketidakpastian bagi Anda, anak-anak Anda dan yang segera menjadi mantan pasangan Anda. Orang tua sering ragu-ragu menjelaskan kepada anak-anak tentang keputusan tersebut sebab mereka tahu bahwa anak-anak akan bereaksi disertai kebingungan, kesedihan, kemarahan dan ketidakpercayaan. Perasaan-perasaan tersebut wajar dan jika Anda menanganinya dengan pemahaman dan pertimbangan Anda dapat membantu anak-anak Anda melewati masa-masa sulit tersebut dengan kerusakan yang minimal. Saran-saran berikut akan membantu Anda mengawali percakapan dengan anak-anak Anda tentang perceraian Anda dengan selembut dan sepenuh perhatian mungkin.

  • Kumpulkan seluruh keluarga ketika memberitahu anak-anak Anda

  • Kedua orang tua dan semua anak hendaknya hadir. Skenario ini mungkin sulit secara emosi atau tidak nyaman bagi orang dewasa, tetapi skenario ini akan menolong anak-anak Anda mengerti bahwa keputusan tersebut diambil bersama oleh kedua orang tua mereka dan mereka tidak akan diminta untuk berpihak kepada siapa pun. Kemudian, orang tua hendaknya siap untuk membicarakannya secara terpisah dengan masing-masing anak untuk menjelaskan, menjawab pertanyaan dan memberikan kepastian.

  • Yakinkan kembali kepada anak-anak bahwa mereka tidak dipersalahkan

  • Buatlah sejelas-jelasnya bahwa alasan untuk bercerai adalah perseteruan pernikahan dan bahwa anak-anak bukan penyebabnya. Anak-anak sering khawatir bahwa orang tua mereka bercerai karena anak-anak tidak berperilaku baik. Mereka perlu kepastian tambahan bahwa masalahnya tidaklah demikian. Juga, dengan pernyataan bahwa keputusan tersebut telah diambil oleh kedua orang tua sehingga mereka tidak menyalahkan salah satu orang tua mereka. Meskipun perasaan Anda tentang pasangan hidup Anda sedikit kurang positif, ingatlah bahwa tidak ada untungnya memberi komentar negatif tentang seseorang yang dikasihi anak-anak Anda.

  • Ceritakan kepada anak-anak bahwa kedua orang tua mereka masih tetap mengasihi mereka

  • Advertisement
  • Kerentanan hubungan menjadi sangat menakutkan bagi anak-anak ketika orang tua mereka berpisah. Konsep bahwa pernikahan akan berakhir, tetapi membesarkan anak-anak tetap berlangsung, adalah konsep yang sulit dipahami.

  • Manfaatkan sumber-sumber yang ada untuk anak-anak Anda

  • Banyak buku tentang perceraian telah ditulis tahun-tahun belakangan ini. Jika orang tua sebelumnya telah mengambil konseling, anak-anak mungkin telah diundang ke salah satu sesinya guna mengutarakan perasaan mereka. Beberapa sumber komunitas mendirikan kelompok pendukung untuk anak-anak usia sekolah dan remaja guna berbagi pengalaman mengenai perceraian orang tua mereka.

  • Sediakan pembicaraan tindak lanjut

  • Ketika anak-anak memproses informasi yang disodorkan kepada mereka pada awal pembahasan, mereka akan butuh pembahasan tindak lanjut yang memberi kesempatan untuk bertanya dan mengutarakan perasaan mereka. Pemahaman tentang perceraian mereka dan pengaruhnya terhadap mereka akan terasa dengan berlalunya waktu, dan orang tua harus siap membicarakannya dan mendengarkan sesuai kebutuhan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “5 Tips for telling your children about your divorce” oleh Lyn Scoresby.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

5 Kiat untuk Memberitahu Anak-anak Anda tentang Perceraian Anda

Memutuskan untuk mengakhiri pernikahan Anda adalah sebuah keputusan serius dan sulit. Keputusan tersebut kemungkinan besar telah menyita banyak waktu dan pikiran tentang dampak perubahan yang akan terjadi dalam hidup Anda dan anak-anak Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr