Tetangga 'usil' dan suka ikut campur? Hadapi dengan trik ini

Dalam kehidupan bertetangga yang saling tolong menolong, ada saja tetangga yang suka usil, gemar bergunjing dan ikut campur urusan orang lain. Anda korbannya? Intip trik ini.

2,193 views   |   12 shares
  • Hidup bertetangga, kita dihadapkan dengan sekumpulan orang dari berbagai latar belakang dan pribadi yang beraneka ragam yang hidup berdampingan bersama-sama. Tidak ada aturan tertulis bagaimana hidup bertetangga yang baik, semuanya terbentuk atas kesadaraan masing-masing pihak.

  • Di antara sekian banyak tetangga yang kerap bersilahturahmi dengan Anda, ada saja beberapa yang kerap usil ikut campur urusan orang lain. Bila Anda adalah korbannya, sikapi dengan trik di bawah ini.

  • 1. Mulailah menanam kebaikan

  • Bisa jadi, ia belum terlalu mengenal Anda dengan baik. Selain bertegur sapa, tidak ada salahnya berkunjung ke rumahnya sambil membawa buah tangan hasil karya Anda sendiri. Boleh juga berbagi makanan istimewa yang Anda masak di hari itu. Di saat Anda berbagi, dia akan merasakan perhatian dan niat Anda untuk menjadi tetangga yang baik. Bisa jadi dia akan merasa malu telah bergunjing tentang Anda. Kebaikan yang dilakukan dengan tulus selalu akan berbuah manis.

  • 2. Hindari prasangka negatif

  • Agar hubungan tetap bisa terjalin aman dan nyaman, sebaiknya tidak ada pihak yang berburuk sangka. Tetangga yang ikut campur urusan Anda mungkin bentuk perhatian dan ingin memberikan sumbang saran atas kondisi Anda (yang diamatinya). Memendam prasangka buruk hanya akan membebani pikiran Anda. Usahakan tetap berpikiran positif terhadap para tetangga.

  • 3. Tetap berkepala dingin

  • Pada kenyataannya tidak mudah untuk tetap tinggal diam ketika tetangga mulai ikut campur urusan rumah tangga Anda. Namun tetap saja yang terbaik adalah menghadapinya dengan kepala dingin. Tidak perlu menegur keras yang dapat berakibat pertengkaran. Jangan juga menyampaikan sindiran-sindiran atau menggunakan kata-kata kasar untuk membalasnya. Olahragawan terkenal, Chuck Tenner berucap, "hal yang paling penting untuk berhasil, pertama: Sabar, kedua: Sabar, ketiga: Sabar." Bersabarlah, toh mereka sendiri yang akan lelah menggunjingkan Anda.

  • 4. Bila waktunya tepat, datangi untuk bertatap muka

  • Tentu bagaimana pun kesabaran ada batasnya. Apabila Anda merasa tindakan campur tangan tetangga sudah di luar batas dan keterlaluan, ada baiknya memberanikan diri untuk menemuinya. Komunikasikan dengan kepala dingin, bicaralah dari hati ke hati. Datangi dengan suasana hati yang tenang dan kepala dingin. Awali dengan membuat suasana yang nyaman dengan berbagi cerita yang menarik bagi Anda berdua. Setelah suasana menjadi cair dan akrab, kemukakan maksud Anda menemuinya. Jangan menuduh. Klarifikasi apa yang Anda dengar, dan minta pendapatnya mengenai hal tersebut. Jadilah pendengar yang baik. Jika memang ada ucapan atau perilaku tidak pantas yang pernah Anda lakukan padanya, sengaja maupun tidak, minta maaflah segera. Semua langkah ini akan melunakkan hati dan membina hubungan bertetangga yang harmonis.

  • Advertisement
  • 5. Berdoa meminta kekuatan

  • Setelah segala upaya dilakukan belum berhasil, berdoalah untuk menenangkan hati sekaligus memaafkan. Berdoa agar sang tetangga yang usil dibukakan pintu hatinya dan menyadari kesalahannya.

  • Nah, semoga saran-saran di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah dengan tetangga yang usil. Yang terpenting, selalu pelihara hubungan baik dengan lingkungan tetangga. Anda tidak akan pernah tahu kapan membutuhkan bantuan mereka dan sebaliknya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Tetangga 'usil' dan suka ikut campur? Hadapi dengan trik ini

Dalam kehidupan bertetangga yang saling tolong menolong, ada saja tetangga yang suka usil, gemar bergunjing dan ikut campur urusan orang lain. Anda korbannya? Intip trik ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr