Sayangi jantung Anda agar hidup lebih bahagia

Jantung yang kita miliki hanya satu. Seberapa perhatiankah Anda pada organ yang satu ini?

695 views   |   11 shares
  • Banyak kaum muda masa kini yang tidak menyadari bahwa menjaga kesehatan tubuh ibarat menabung untuk menghadapi hari tua. Namun, mereka justru mengabaikan hal tersebut dan lebih memilih hidup tidak sehat dengan berbagai macam cara.

  • Sekitar dua dekade lalu penyakit jantung banyak dijumpai hanya menyerang para manula. Namun, saat ini penyakit jantung tak jarang diderita juga para pemuda akibat terlalu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk.

  • Pada tahun 2008, berdasarkan data dari kementerian kesehatan RI, diperkirakan ada sekitar 17,3 juta kematian diakibatkan penyakit kardiovaskuler. Ironisnya, lebih dari 3 juta kematian terjadi sebelum seseorang menginjak usia 60 tahun yang mana seharusnya dapat dicegah. Sedangkan pada tahun 2013, berdasarkan diagnosis dokter, penderita penyakit jantung koroner di Indonesia sekitar 0,5% atau diperkirakan sekitar 883.447 orang, sedangkan berdasarkan gejala sebesar 1,5% atau diperkirakan sekitar 2.650.340 orang.

  • Apa saja faktor penyebab penyakit jantung?

  • Dijelaskan bahwa faktor penyebab penyakit jantung terdiri dari dari 2 hal, yaitu:

  • # Faktor yang tidak dapat dimodifikasi

    1. Usia

    2. Riwayat keluarga

    3. Kegemukan

    4. Jenis kelamin

  • # Faktor yang dapat dimodifikasi

    1. Tekanan darah tinggi

    2. Diabetes

    3. Kurang aktivitas fisik

    4. Dislipidemia (Kelainan lemak dalam darah)

    5. Diet tidak sehat

    6. Stres

  • Apa yang harus dilakukan agar jantung senantiasa sehat?

  • Jantung adalah organ yang sangat kuat dan bekerja paling keras dalam tubuh manusia. Karenanya, agar fungsi jantung dapat bekerja secara maksimal, maka kesehatannya perlu dijaga. Beberapa cara untuk menjaga supaya kondisi jantung tetap prima adalah:

    1. Istirahat yang cukup untuk menstabilkan detak jantung.

    2. Berpikir positif untuk menjaga alirah darah dan kolesterol tetap terkendali.

    3. Tidak mengonsumsi sesuatu yang dapat merugikan kesehatan jantung.

    4. Memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh terutama fungsi jantung.

    5. Perbanyak kegiatan fisik.

  • Bagaimana mencegah supaya penyakit jantung tidak menyerang?

  • Adalah dengan cara menjaga supaya alirah darah ke jantung tetap cukup. Adapun cara-cara yang dapat diupayakan di antaranya:

  • Advertisement
    1. Tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak pembuluh jantung koroner, semisal: menghindari makanan berkolesterol, olahraga secara berlebihan, menjaga gula darah tetap stabil, dan tidak merokok.

    2. Jaga tekanan darah tetap stabil dengan cara olahraga secara teratur dan mengurangi timbunan lemak di perut.

    3. Hindari mengonsumsi obat-obatan yang dapat melemahkan otot jantung, semisal: kurare, alkohol, narkotika, dan sebagainya.

    4. Menjaga kebersihan tubuh agar bakteri Beta Streptococcus Haemolyticus tidak berkembang biak menghasilkan racun yang dapat melemahkan kinerja otot jantung.

    5. Perbanyak rekreasi sehat.

  • Jantung yang kita miliki hanya satu, jantung merupakan motor penggerak utama agar kita tetap hidup dan menjalankan aktivitas tanpa kendala. Jangan pernah membayangkan bahwa penyakit jantung hanya milik orang tua saja, zaman telah berubah, bahkan saat ini anak-anak dan remaja sekalipun dapat terserang penyakit jantung nan mematikan ini. Meskipun diciptakan kuat jantung tetap memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, sayangi dan jaga selalu agar kehidupan kita bahagia.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Sayangi jantung Anda agar hidup lebih bahagia

Jantung yang kita miliki hanya satu. Seberapa perhatiankah Anda pada organ yang satu ini?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr