Kapankah waktu yang tepat saya bisa mengajarkan anak menyikat giginya?

Mengajarkan anak menggosok gigi sendiri ternyata bukan perkara mudah. Karena itu, dibutuhkan waktu yang juga tepat.

238 views   |   shares
  • Menggosok gigi merupakan salah satu bagian dari cara Anda menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Kebiasaan menggosok gigi memang harus ditanamkan sejak dini artinya aktivitas menggosok gigi seharusnya dimulai sejak anak-anak agar aktivitas tersebut menjadi kebiasaan dan menjadi rutinitas yang menyenangkan dilakukan setiap hari sampai anak tumbuh dewasa.

  • Namun, sebagai orangtua Anda kadang kita tidak yakin kapan waktu yang tepat mengajarkan anak untuk menggosok gigi sendiri. Minimnya informasi dan pengetahuan yang Anda dapatkan seringkali membuat Anda salah bertindak dalam mengajarkan anak kapan waktu yang tepat menggosok gigi sendiri. Mengajarkan anak menggosok gigi sendiri ternyata bukan perkara mudah. Tidak semua anak bisa langsung mempraktekkan menggosok gigi mereka sendiri. Kadangkala Anda terpaksa "memaksa" anak membuka mulut lalu menggosokkan gigi mereka.

  • Semuanya tergantung lagi kepada kemauan, perkembangan dan usia sang anak. Lalu, adakah usia ideal untuk mengajak anak menggosok gigi sendiri?. Sebenarnya usia ideal setiap anak mungkin tidak sama, namun apabila tanda-tanda berikut telah diperlihatkan oleh anak, itulah saat yang tepat anak bisa mulai belajar menggosok gigi sendiri.

  • 1. Sejak anak mulai tumbuh gigi

  • Sikat gigi dapat Anda perkenalkan pada anak sejak anak mulai tumbuh gigi. Biasanya gigi pada bayi akan tumbuh pada usia 8 bulan. Pada tahap ini mungkin anak belum tahu bagaimana caranya menggosok gigi dengan benar tetapi ketika Anda mulai memperkenalkan yang namanya sikat gigi, lambat laun anak akan tahu apa itu menggosok gigi. Saat gigi anak mulai tumbuh, belilah sikat gigi khusus bayi. Sikat gigi yang Anda beli sebaiknya disuaikan dengan tahap pertumbuhan gigi. Pada tahap ini pemakaian pasta gigi khusus bayi tidak dianjurkan.

  • 2. Sejak anak mampu memegang sikat gigi dan berkumur sendiri

  • Pada usia 1 tahun ke atas anak biasanya sudah mulai bisa memegang sikat giginya sendiri. Dan di atas usia 1,5 tahun anak juga sudah mulai tahu cara berkumur dan meludah, walaupun kadang-kadang mereka masih saja menelan air kumurnya. Untuk itu air kumur, sebaiknya beri air yang sudah dimasak agar tetap aman walaupun tertelan oleh anak. Pada tahap ini, Anda bisa memberikan pasta gigi khusus balita pada saat anak menggosok gigi.

  • 3. Sejak anak mulai mengonsumsi makanan

  • Pada usia 2 tahun ke atas, anak sudah mengenal beraneka macam makanan. Ketika anak mulai bisa makan berbagai makanan yang manis-manis, makanan atau minuman mengandung gula, coklat, kue atau ice cream sebaiknya Anda memastikan bahwa anak Anda sudah bisa sikat gigi sendiri. Bila dimulai dari tahap pertama, anak akan mulai terbiasa dengan aktivitas menggosok gigi. Sehingga ketika tiba waktunya untuk menggosok gigi, mereka tidak perlu dipaksa lagi.

  • Advertisement
  • Tugas Anda selain mengajarkan anak cara menyikat gigi sendiri adalah memberi pemahaman tentang manfaat menggosok gigi, sebaiknya gunakan kata-kata sederhana saat menjelaskan agar anak tahu bahwa menyikat gigi baik bagi kesehatan gigi mereka. Anda harus membuat aktivitas menyikat gigi sebagai aktivitas yang seru dan menyenangkan bagi anak. Bila perlu dampingi anak dan beri tahu cara menggosok gigi yang benar. Tumbuhkan motivasi pada anak-anak agar mereka mau merawat gigi mereka dengan cara menggosok gigi. Terakhir setiap kali anak selesai menggosok gigi sendiri, berikan pujian padanya agar anak merasa usaha mereka dihargai.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Kapankah waktu yang tepat saya bisa mengajarkan anak menyikat giginya?

Mengajarkan anak menggosok gigi sendiri ternyata bukan perkara mudah. Karena itu, dibutuhkan waktu yang juga tepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr