Duh! Keluarga besar menentang hubungan saya dengan pasangan

Tunjukkan niat baik Anda dan pasangan untuk memperoleh restu keluarga. Hindari berkonflik dan pilih cara berkomunikasi yang tepat.

269 views   |   2 shares
  • Seringkali saat masih dalam proses pendekatan dengan seseorang untuk mencari calon pasangan, Anda tidak melibatkan orang tua dan keluarga terlebih dahulu. Namun saat Anda mulai berpikir melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, di situ Anda mulai berusaha memperkenalkan pasangan Anda kepada keluarga besar Anda untuk meminta restu dan penerimaan.

  • Namun, bagaimana bila ternyata sikap atau respon keluarga besar Anda tidak sesuai harapan? Apa yang harus Anda lakukan jika keluarga besar tidak cocok dengan pilihan Anda?

  • Pertimbangkan keluarga besar yang menolak mungkin akan menyakiti hati Anda. Di satu sisi Anda ingin mempertahankan pasangan Anda, tetapi di sisi lain Anda tidak ingin berselisih dengan keluarga. Lalu apa yang harus Anda lakukan agar mereka bersedia menerima kehadiran pasangan Anda?

  • 1. Tanyakan langsung pada orang tua atau kepada pihak keluarga yang menentang, alasan ketidak cocokan yang dirasakan

  • Jangan langsung berpikiran buruk terhadap sikap keluarga. Sebaiknya tanyakan langsung kepada mereka apa alasannya. Bisa saja mereka merasa tidak cocok karena memikirkan kebahagiaan Anda, mungkin karena usia yang terpaut jauh, status pasangan yang pernah menikah, dan lain sebagainya. Nah, sebaiknya hal ini dikomunikasikan, berikan pandangan Anda terhadap isu tersebut dan cari jalan keluarnya bersama.

  • 2. Bersikaplah dewasa dan tegas

  • Walaupun restu dan pendapat orang tua dan keluarga besar Anda penting, Anda tetap harus bersikap dewasa dan tegas. Ambil masukan keluarga dan pikirkan dengan kepala dingin. Jangan sampai menelan begitu saja pendapat keluarga dan mengorbankan kebahagiaan Anda sendiri. Anda punya hak besar juga dalam menentukan keputusan. Jika alasan mereka karena sisi negatif dari pasangan, yakinkan mereka semua dapat diperbaiki. Jangan bersikap kekanak-kanakan di hadapan keluarga, agar mereka mengerti kesungguhan Anda mempertahankan hubungan.

  • 3. Jika Anda memang sudah yakin dengan pasangan Anda, berjuanglah untuk mendapatkan restu keluarga__

  • Ketika Anda berdua sudah sangat yakin dengan hubungan yang lebih serius dan berencana untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, kejarlah restu keluarga. Jangan pernah menyerah walau respon orang tua mengecewakan. Tunjukkan keseriusan Anda berdua. Semuanya butuh pengorbanan termasuk korban perasaan. Jika pasangan memang mencintai Anda , dia pun akan berusaha mendapatkan restu keluarga Anda.

  • 4. Selalu dukung dan memberi motivasi kepada pasangan untuk bisa mengambil hati keluarga besar Anda__

  • Advertisement
  • Minta pasangan untuk selalu berusaha mendekatkan diri atau berbaur dalam keluarga Anda. Beri dia motivasi yang positif agar bisa mengambil hati keluarga dengan cara yang positif. Lakukan pendekatan tetapi jangan berlebihan. Buatlah keluarga yakin bahwa pasangan Anda pantas menjadi bagian dalam keluarga. Dukung pasangan untuk bersikaplah sopan, baik dan tulus.

  • 5. Berpikirlah positif

  • Untuk meluluhkan hati keluarga mungkin tidak mudah, tetapi tetaplah berusaha dan selalu berpikiran positif. Orang tua dan keluarga Anda yang lain pasti mengharapkan Anda mendapatkan pasangan yang terbaik. Hanya saja mereka belum bisa menerima bahwa pasangan Anda adalah orang yang terbaik bagi Anda. Seiring waktu, usaha dan doa Anda berdua, percayalah lambat laun keluarga akan dapat melihat niat baik hubungan Anda berdua.

  • Jika keluarga besar merasa tidak cocok, pasti ada alasan di balik itu, karenanya berusahalah meyakinkan mereka dengan cara yang tepat. Teruslah berusaha bersama pasangan, dan selalu tunjukkan niat baik dalam hubungan Anda. Semoga pada akhirnya keluarga dapat melihat kesungguhan kalian dan niat baik pasangan untuk membahagiakan Anda.

Baca, hidupkan, bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Duh! Keluarga besar menentang hubungan saya dengan pasangan

Tunjukkan niat baik Anda dan pasangan untuk memperoleh restu keluarga. Hindari berkonflik dan pilih cara berkomunikasi yang tepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr