1001 cara mengekspresikan rasa terima kasih

Tidak harus selalu dikatakan, tapi juga bisa lewat perbuatan

616 views   |   5 shares
  • Orangtua biasanya mengajarkan anak-anaknya tiga kata ajaib yang harus terus diucapkan; maaf, tolong dan terima kasih. Kata-kata baik ini bisa membuat orang yang mengucapkan merasa bahagia, begitu pun dengan orang yang ditujukan. Sayangnya, tidak semua orang kerap mengindahkannya.

  • Terima kasih, misalnya. Mudah sekali terlupakan. Apakah kita selalu ingat untuk mengucapkannya, usai bertanya arah jalan kepada orang tak dikenal? Tidak juga. Sebab, ada kalanya setelah bertanya kita cepat-cepat berlalu dengan penuh kekhawatiran. Apakah kita juga selalu ingat untuk mengucapkannya setelah dibantu tukang parkir untuk memarkir mobil? Apakah kita selalu ingat untuk mengucapkannya kepada asisten rumah tangga, usai ia membuatkan teh hangat sepulang kerja?

  • Sederhana, karena itu mudah terlupakan. Padahal, dengan rajin mengucapkannya kita akan merasa sejuk Karena dengan berterima kasih, kita mengungkapkan rasa bersyukur akan sesuatu yang kita dapatkan hari itu. Mensyukuri hal kecil, adalah sesuatu yang sebetulnya efektif untuk menenangkan hati, bukan?

  • Apalagi pihak yang mendapatkan ucapan terima kasih. Kita tidak selalu tahu apa yang ada di dalam hati seseorang. Bisa jadi, asisten rumah tangga kita sedang mengalami kegundahan atau kesedihan. Lalu usai ia membuatkan teh, ia mendapatkan senyuman dan ucapan terima kasih. Bukan tak mungkin hal itu merupakan pelipur laranya. Wah, sederhana namun menebar kebaikan besar.

  • Lalu bagaimana jika sudah terlanjur lupa mengucapkannya? Tenang, selalu ada cara untuk memperbaiki keadaan, kok. Lakukan saja hal-hal yang sarat makna. Di laman cnnindonesia, pernah dituliskan sebuah ide untuk mengungkapkan terima kasih dengan selembar kertas atau kartu ucapan. Selain bisa lebih mendalam, cara ini juga bisa membuat komunikasi menjadi lebih intim.

  • Kartu ucapan terima kasih yang baik mengungkapkan hal-hal yang diapresiasikan secara detil dan spesifik. Jangan cuma menuliskan "Terima kasih ya tehnya, enak sekali," tapi cobalah ungkapkan dengan "Terima kasih ya tehnya. Enak sekali hangat-hangat setelah menempuh macet sepulang dari kerja yang melelahkan. Tenaga rasanya kembali lagi.."

  • Ternyata beberapa tokoh terkenal juga kerap mengungkapkan rasa terima kasih dalam sebuah kartu ucapan. Sebut saja George H.W. Bush, yang telah menuliskan ribuan kartu ucapan terima kasih yang menunjukkan bahwa ia mengapresiasi setiap kontribusi dan pencapaian.

  • Advertisement
  • Hal yang sama dilakukan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Dalam resolusi tahun barunya untuk tahun 2014 lalu, ia menuliskan akan membuat minimal satu kartu ucapan terima kasih setiap harinya. Namun, Zuckerberg tidak hanya mengungkapkannya secara tertulis, ia juga memanfaatkan teknologi masa kini sepeti email, dan media sosial lainnya. Nah, ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan. Bayangkanlah di sela pekerjaan yang menumpuk, tiba-tiba Anda mendapatkan pesan di sosial media dan isinya ucapan terima kasih atas sesuatu yang pernah Anda lakukan. Wah, pasti semangat kembali lagi seketika, bukan?

  • Selain dengan lisan dan tulisan, tindakan juga bisa lho, jadi cara mengungkapkan rasa terima kasih. Salah satunya dengan memberikan perhatian pada hal-hal kecil. Jadilah pendengar yang baik, misalnya seorang rekan kerja yang selalu siap membantu Anda, baru saja mengeluhkan ikat rambutnya yang hilang terus. Keesokan harinya, bisa lho, Anda berikan kejutan dengan sekotak kecil berisi ikat rambut warna warni di meja kerjanya.

  • Selain itu, memberikan perhatian dengan bertanya mengenai hari seseorang dan menjadi pendengar yang baik akan segala ceritanya juga bisa jadi cara mengungkap terima kasih pada hal-hal yang sudah dilakukan seseorang untuk Anda, tak hanya orang lain, pada pasangan pun, harus konsisten mengungkap rasa terima kasih.

  • Melihat suami yang lelah setelah pulang kerja, tak ada salahnya memberi pelukan, kecupan dan ucapan terima kasih karena telah bekerja giat untuk keluarga. Begitupun melihat istri yang lelah mengurus anak dan rumah. Selain pelukan dan ciuman, istri akan sangat bahagia jika suaminya tiba-tiba melakukan salah satu dari tugas-tugas yang selalu dilakukannya, sebagai ungkapan bahwa Anda memperhatikan yang dia lakukan. Mengerjakan tugas rumah tangga tanpa dihargai terkadang dapat menimbulkan kebencian. Ucapan terima kasih meluluhkan benih kebencian sebelum sempat berkembang.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

1001 cara mengekspresikan rasa terima kasih

Tidak harus selalu dikatakan, tapi juga bisa lewat perbuatan
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr