Pentingnya kenali instansi kesehatan yang tidak pro ASI

Walau sudah tahu manfaat ASI bagi ibu dan bayi, masih banyak loh provider kesehatan yang tidak Pro ASI. Yuk kenali cirinya.

258 views   |   2 shares
  • Pemerintah melalui undang-undang kesehatan telah mengatur tentang kewajiban ASI eksklusif pada bayi 0-2 tahun. UU Kesehatan no. 36 tahun 2009 pasal 200 jelas mencantumkan, negara akan menghukum siapapun yang dengan sengaja menghalangi program pemberian ASI eksklusif dengan hukuman kurungan penjara selama satu tahun dan denda Rp 100 juta rupiah. Peraturan ini mencakup segala lapisan masyarakat dan instansi termasuk rumah sakit dan klinik bersalin.

  • Telah diakui, ASI memiliki manfaat baik bagi anak ketimbang susu pengganti lain. Kandungan gizi di dalam ASI penting bagi pertumbuhan bayi baru lahir dan masih terus bermanfaat hingga mereka beranjak 2 tahun. Namun sayangnya, masih saja ada beberapa instansi kesehatan yang tidak pro ASI. Yuk kenali cirinya:

  • 1. Tidak melakukan atau mendukung program Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

  • Inisiasi Menyusui Dini sangat penting dan diperlukan bagi ibu dan bayi yang akan melaksanakan program ASI eksklusif. Pelekatan pertama saat IMD sangat membantu menyukseskan gerakan ASI eksklusif. Pada proses IMD terjadi bonding antara ibu dan anak sesaat setelah kelahiran dan bayi akan secara otomatis mencari puting susu ibu dan mempelajari pelekatan pertamanya. Bayi yang sudah melakukan IMD sesaat setelah melahirkan akan lebih mudah untuk menyusu dibandingkan dengan yang tidak melakukan IMD.

  • 2. Tidak mendukung program ASI ekslusif.

  • Provider kesehatan yang tidak pro ASI dikenal lewat prosedur rumah sakitnya yang tidak mendukung program ASI eksklusif. Tenaga medis yang tidak terlatih memfasilitasi pemberian ASI eksklusif bagi ibu dan bayinya serta tidak ada sarana dan prasarana yang mendukung ibu memperoleh informasi tentang ASI sebanyak-banyaknya.

  • 3. Promosi susu formula.

  • Provider kesehatan yang tidak pro ASI akan gencar melakukan promosi susu formula. Bahkan ada pula provider kesehatan yang bekerjasama dengan produsen susu formula sehingga ibu tidak didorong untuk menyusui langsung bayi baru lahir, malah diperkenalkan susu formula sebagai gantinya. Seringkali malah dengan iming-iming hadiah menarik yang membuat para ibu tertarik.

  • 4. Tidak mendukung rawat gabung bagi ibu dan bayi.

  • Ibu dan bayi yang dirawat gabung dalam satu kamar akan memudahkan pemberian ASI eksklusif. Jika berniat untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda sebaiknya pilihlah rumah sakit yang memiliki rawat gabung ibu dan bayi. Tetapi jika tidak memungkinkan, cari tahu apakah nantinya ibu akan mudah menyusui bayi Anda jika dirawat pisah? Apakah Anda bisa sesering mungkin mengunjungi bayi Anda untuk disusui secara langsung? Cari tahu hal ini sebelum memilih rumah sakit.

  • Advertisement
  • 5. Menyuruh menandatangani surat perjanjian bagi orang tua yang tidak mau diberikan susu formula.

  • Jika rumah sakit dijumpai menyuruh orang tua untuk menandatangani surat pernyataan menolak memberikan susu formula pada bayinya, sudah pasti Rumah Sakit tersebut tidak pro ASI. Rumah sakit yang pro ASI akan mendukung ibu untuk memberikan ASI sebagai makanan utama dan terbaik bagi bayi baru lahir.

  • Jangan ragu memilih rumah sakit yang tepat dan mendukung kesuksesan pemberian ASI pada bayi baru lahir. Tanyakan beberapa calon tempat Anda melakukan persalinan, pilih yang terbaik bagi kebutuhan Anda dan bayi. Anda berhak memilih tempat bersalin yang mendukung pemberian ASI eksklusif dan dapat memberikan Anda informasi serta bantuan dari tenaga kesehatan terlatih untuk membantu Anda seputar pemberian ASI eksklusif kapan saja dibutuhkan. Kenali mereka sebelum memilih rumah sakit Anda.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Pentingnya kenali instansi kesehatan yang tidak pro ASI

Walau sudah tahu manfaat ASI bagi ibu dan bayi, masih banyak loh provider kesehatan yang tidak Pro ASI. Yuk kenali cirinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr