Anak Tiri Anak Anda Juga

Tidak semua ibu atau ayah tiri jahat terhadap anak-anak tirinya. Berikut ini ada beberapa saran untuk menghilangkan citra buruk orang tua tiri dan mengambil hati anak tiri.

9,382 views   |   88 shares
  • Ibu tiri mempunyai reputasi yang buruk. Dari film yang berjudul "Ratapan Anak Tiri," cerita "Bawang Merah, Bawang Putih," sampai film Disney "Cinderella" dan "Snow White," semua menuturkan kekejaman ibu tiri yang bak nenek sihir. Tidak heran anak-anak takut mempunyai ibu tiri karena terlalu banyak mendengar dongeng yang rata-rata menggambarkan ibu tiri secara berat sebelah. Padahal tidak semua ibu atau ayah tiri jahat terhadap anak-anak tirinya. Berikut ini ada beberapa saran untuk menghilangkan citra buruk orang tua tiri dan mengambil hati anak tiri.

  • 1. Jangan mencoba menggantikan kedudukan orang tua kandung

  • Baik masih hidup atau sudah tiada orang tua kandung menempati kedudukan istimewa di hati anaknya. Betapa pun baiknya, orang tua tiri tidak bisa menggantikan kedudukan orang tua kandung. Terutama bila anak tiri Anda sudah berusia remaja, jangan paksakan anak tiri Anda memanggil "Papa," atau "Mama," bila bukan kehendaknya sendiri. Biarkan dia memanggil "Om," atau "Tante," kalau itu yang dia inginkan.

  • 2. Berikan perhatian yang sama besarnya

  • Bila Anda sudah mempunyai anak sendiri, Anda hendaknya tetap memberikan perhatian yang sama besarnya kepada anak tiri Anda. Ini tidak mudah, terutama kalau anak Anda anak pertama dan masih bayi. Mau tidak mau perhatian Anda tercurah kepada anak kandung Anda. Anda dapat melibatkan anak tiri Anda dalam mengurus bayi Anda, kalau dia cukup besar dia dapat menjaga adiknya atau mengganti popoknya, dengan demikian dia tidak merasa terkucil dan akan menyayangi adiknya. Anda hendaknya meminta pertolongannya dengan lemah lembut, supaya dia tidak merasa diperbudak.

  • 3. Jangan pernah membeda-bedakan

  • Bila Anda membeli sesuatu untuk anak kandung Anda, jangan lupakan anak tiri Anda. Apakah itu berupa pakaian, makanan, atau mainan, hendaknya Anda memilih dengan bijak supaya dia tidak merasa dianaktirikan. Tanyakan apa kesukaannya, dan camkan hal itu untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar menaruh perhatian kepadanya.

  • 4. Ajaklah dia berbicara

  • Komunikasi adalah jalan untuk membuka pintu hatinya. Dengarkan keluhannya, berikan tanggapan bila perlu. Akan sangat sulit memenangkan hatinya bila Anda menikah dengan ayahnya sementara ibu kandungnya masih hidup. Sebagai anak dia masih tetap berharap agar orang tuanya bersatu kembali, karena itu dia menganggap Anda sebagai penghalang bagi harapannya. Jelaskan kepadanya secara baik-baik bahwa tidak ada yang lebih penting bagi Anda selain kebahagiaan ayahnya dan anak-anak Anda (tiri maupun kandung).

  • Advertisement
  • 5. Adakan kegiatan bersama keluarga

  • Paling tidak seminggu sekali adakan acara untuk sekeluarga. Anda dapat bersama-sama ke taman, bermain bola, menaikkan layang-layang, bersepeda atau piknik ke luar kota. Kegiatan seperti ini akan mempererat hubungan antara anggota keluarga dan Anda akan mendapat kesempatan untuk lebih mengenal anak tiri Anda.

  • 6. Jangan berpihak

  • Pertengkaran di antara anak-anak adalah lumrah. Dalam melerai mereka janganlah Anda berat sebelah dan selalu memenangkan anak kandung Anda. Bersikaplah adil dan berikan hukuman kepada siapa pun yang bersalah.

  • Anak tiri adalah anak Anda juga, karena dia anak orang yang Anda kasihi dan jangan lupa apa pun yang dia miliki menjadi milik Anda juga. Sudah sepantasnya Anda memperlakukan anaknya seperti anak Anda sendiri.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Anak Tiri Anak Anda Juga

Tidak semua ibu atau ayah tiri jahat terhadap anak-anak tirinya. Berikut ini ada beberapa saran untuk menghilangkan citra buruk orang tua tiri dan mengambil hati anak tiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr