Pentingnya menguatkan hubungan antara adik dan kakak

Sudahkah Anda memupuk hubungan yang harmonis dengan saudara sekandung?

2,212 views   |   40 shares
  • Pertengkaran yang terjadi antara kakak beradik adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam suatu hubungan persaudaraan. Akan sangat jarang sekali kita melihat kakak dan adik bersaudara selalu adem ayem dan tidak pernah bertengkar. Meski begitu, seringkali pertengkaran-pertengkaran yang terjadi penyebabnya adalah suatu hal yang sepele bahkan jika dipikir-pikir tidak perlu diributkan sama sekali, walaupun ada juga sesama saudara bertengkar karena penyebab yang serius.

  • Bertengkar dengan saudara baik itu kakak maupun adik memang tidak dapat dihindari namun dapat dikendalikan dan diminimalisir agar permasalahan yang terjadi tidak terlalu sering apalagi berkepanjangan.

  • Berikut ada beberapa tips yang dapat diikuti agar hubungan kita dengan kakak atau adik menjadi lebih akur dan hangat di tengah keluarga :

  • 1. Peraturan

  • Hak dan privasi sering menjadi penyebab utama pertengkaran yang terjadi dengan kakak atau adik di rumah. Untuk itu sebuah peraturan penting dibuat dan dilaksanakan, dengan memasukkan nilai-nilai kesopanan dan tata krama dalam peraturan yang dibuat juga berpengaruh besar dalam kerukunan antar anggota keluarga. Mintalah bantuan orang tua untuk menerapkan aturan-aturan yang dibuat dan aturan apa sajakah yang pantas atau tidak pantas diadakan dalam rumah serta sanksi yang diberlakukan jika ada seorang yang melanggar.

  • 2. Miliki sifat pemaaf

  • Apapun yang sudah dan akan terjadi dalam pertengkaran, yang terutama yang harus ditanamkan dalam diri setiap anggota keluarga adalah sikap yang mau memaafkan dan meminta maaf. Hentikan pertengkaran yang terjadi sesegera mungkin dan jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut. Dengan segera meminta maaf ketika Anda sebagai kakak ataupun adik yang melakukan kesalahan akan membuat suasana cepat kembali normal.

  • 3. Hilangkan rasa egois

  • Pada dasarnya setiap orang pastinya ingin diperlakukan secara adil, dihormati dan dihargai oleh yang lainnya. Oleh karena itu baiknya kitapun harus mendahulukan memperlakukan anggota keluarga lain dengan baik sebelum meminta diperlakukan dengan baik. Hal ini biasanya sering terjadi pada seorang kakak yang selalu ingin ditinggikan di hadapan adik-adiknya, jika Anda seorang kakak pahamilah bahwa Anda pun juga harus memperlakukan adik-adik Anda seperti Anda juga ingin diperlakukan, dengan begitu suasana hangat dalam keluarga akan mudah terwujud.

  • 4. Luangkan waktu bersama

  • Masing-masing anggota dalam sebuah keluarga sudah pasti memiliki waktu dan kesibukan mereka masing-masing. Rencanakanlah sebuah acara yang melibatkan kakak atau adik Anda ataupun bersama orang tua dan saudara lainnya, Semakin banyak waktu bersama anggota keluarga tentu akan mempererat hubungan didalamnya.

  • Advertisement
  • 5. Selalu menghargai tali kasih persaudaraan

  • Kalau Anda bisa merasa sayang terhadap teman atau bahkan sahabat, terlebih kepada saudara kandung Anda sendiri. Apapun yang terjadi dalam kehidupan keluarga antara kakak dan adik, tali kasih persaudaraan itu tidak akan putus. Pertengkaran, perbedaaan pemikiran, percekcokan atau apapun tidak akan melunturkan rasa sayang karena hubungan darah itu lebih kental dari apapun di dunia ini. Jangan pernah menunda untuk menyatakan rasa sayang Anda kepada kakak atau adik supaya tidak ada penyesalan karena hari esok belum tentu kita masih mempunyai kesempatan untuk melakukannya.

  • Tips-tips di atas cukup ampuh untuk mempererat hubungan persaudaraan dalam keluarga antara kakak dan adik, Jika di dalam keluarga rasa saling menghargai dan menghormati sudah tercipta, otomatis hubungan yang erat dan kuat antar anggota keluarga pun akan tercipta sehingga apapun permasalahan yang terjadi tidak akan mudah untuk membuat perpecahan dalam keluarga. Pertengkaran seringkali menjadi semakin rumit karena secara emosi terkadang orang dapat melontarkan perkataan yang menyakitkan hati. Hal seperti ini lah yang membuat seseorang ingin membalas perbuatan atau perkataan yang diterimanya. Jika Anda bisa memulai untuk menciptakan lingkungan yang baik dirumah dengan sikap yang baik terhadap kakak ataupun adik, saudara yang menyebalkan sekalipun akan bisa berubah dengan sendirinya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Pentingnya menguatkan hubungan antara adik dan kakak

Sudahkah Anda memupuk hubungan yang harmonis dengan saudara sekandung?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr