Plus minus alat kontrasepsi yang harus Anda tahu sebelum memilih salah satu

Sedang mencari alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan? Apa saja yang cocok untuk Anda?

9,458 views   |   19 shares
  • Sedang mencari alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan? Apa saja alat kontrasepsi yang cocok untuk Anda? Berikut adalah penjelasannya beserta kebaikan dan kekurangan masing-masing alat tersebut.

  • 1. Intra Uterine Device (IUD)

  • IUD atau yang sering juga dikenal dengan KB spiral, merupakan alat kontrasepsi yang dipasang oleh dokter di dalam rahim. Alat ini berbahan dasar plastik menyerupai huruf T. Spiral ada dua macam, KB spiral tembaga yaitu alat yang mengandung tembaga yang secara berkala akan dilepaskan untuk mencegah kehamilan. Berikutnya adalah KB spiral hormon, yaitu alat mengandung hormon yang akan mencegah penebalan dinding rahim sehingga tidak jadi hamil. KB spiral ini cocok bagi Anda yang menyukai kepraktisan karena sekali pasang bisa tahan hingga tahunan, tergantung jenis KB spiral hormon yang Anda pilih. Dampak negatifnya, KB jenis ini terkadang sering menyebabkan kram perut bagi pemakainya dan membuat masa menstruasi cenderung lama. Setelah dilepas, masa subur akan cepat kembali normal.

  • 2. Pil

  • KB ini mengandung hormon yang akan mencegah kehamilan. Ada dua macam KB pil, yaitu pil hormon progesterone yang aman bagi ibu menyusui, dan pil hormon estrogen dan progesteron yang tidak boleh untuk ibu menyusui. KB pil tidak disarankan bagi Anda jika memiliki riwayat kanker payudara, masalah pada jantung atau tekanan darah tinggi. Kelebihan dari KB pil, sangat mudah digunakan tanpa bantuan dokter dan kesuburan wanita akan cepat pulih segera setelah berhenti mengonsumsi pil KB ini.

  • 3. Suntik

  • Jenis KB ini dilakukan dengan cara menyuntikkan hormon untuk mencegah pelepasan sel telur. Ada dua macam KB suntik yaitu suntik 3 bulan dan suntik 1 bulan. Umumnya KB ini memiliki efek samping bertambahnya berat badan pengguna. KB ini cocok bagi Anda yang menginginkan penambahan berat badan. Selain itu KB suntik 3 bulan cocok dan aman bagi ibu menyusui. KB ini tidak cocok pada Anda yang memiliki masalah hormonal atau jika berisiko terkena kanker payudara. Setelah dilepas butuh waktu 2 sampai 3 bulan masa suburnya kembali normal.

  • 4. Kondom

  • KB dengan menggunakan pengaman berbahan dasar karet setiap saat akan berhubungan ini bertujuan menghambat bertemunya sel telur dengan sel sperma. KB jenis ini sangat mudah karena tidak membutuhkan dokter untuk pemasangannya, tidak memengaruhi wanita secara hormonal dan tidak memerlukan perawatan apapun. Namun KB kondom sering dianggap tidak praktis karena Anda membutuhkannya setiap saat ingin berhubungan.

  • Advertisement
  • Nah, alat kontrasepsi mana yang tepat untuk Anda dan pasangan? Setiap alat kontrasepsi di atas memiliki cara masing-masing untuk mencegah kehamilan. Pilihlah yang nyaman bagi Anda berdua. Selamat mencoba!

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Plus minus alat kontrasepsi yang harus Anda tahu sebelum memilih salah satu

Sedang mencari alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan? Apa saja yang cocok untuk Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr