Mengenal diet 'gluten free' beserta manfaatnya

Berhati-hatilah selalu ketika Anda membeli makanan di restoran, jika perlu tanyakan terlebih dahulu kepada pihak restoran jika mereka memiliki produk makanan yang betul-betul bebas gluten.

281 views   |   shares
  • Mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah diet bebas gluten. Tapi apakah itu? mungkin Anda belum benar-benar memahaminya. Berdasarkan informasi yang saya rangkum dari laman Mayoclinic, inilah jenis diet bebas gluten.

  • Apakah itu?

  • Diet bebas gluten adalah jenis diet yang mengesampingkan konsumsi gluten protein. Gluten yang umumnya dapat dijumpai dalam biji-bijian seperti gandum, barley, rye dan persilangan antara gandum dan gandum hitam yang biasa disebut triticale.

  • Diet bebas gluten umumnya digunakan untuk mengobati penyakit celiac. Penyakit celiac merupakan masalah autoimun di mana sistem kekebalan tubuh penderita celiac menganggap gluten sebagai ancaman bagi tubuh. Ketika sang penderita mengonsumsi gluten, lapisan dinding usus kecil akan diserang sehingga tubuh tidak dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Timbul juga beberapa efek samping serius seperti perut kembung, diare, berat badan menurun, pertumbuhan terhambat hingga sering merasa kelelahan. Komplikasi lain yang mungkin juga dapat terjadi adalah kekurangan zat besi, osteoporosis, berat badan bayi saat lahir kurang dan kemungkinan terkena kanker usus.

  • Konsumsi makanan bebas gluten dapat membantu penderita penyakit celiac dan mencegah terjadinya komplikasi. Tentu pada awalnya, mengikuti diet bebas gluten bisa sangat melelahkan. Namun seiring waktu melalui kreativitas dan kesabaran, Anda akan menemukan banyak makanan yang selama ini telah Anda konsumsi ternyata bebas gluten. Tidak perlu khawatir lagi menikmati bahan-bahan makanan pengganti gluten.

  • Manfaatnya

  • Diet bebas gluten adalah metode pengobatan untuk mengatasi penyakit celiac. Namun beberapa orang tanpa riwayat penyakit celiac pun dapat menunjukkan gejala sensitif dan sering digolongkan sebagai non-celiac sensivitas.

  • Orang-orang dalam golongan non-celiac ini dapat mengambil manfaat dari diet bebas gluten. Namun bagi penderita dengan riwayat celiac, perlu benar-benar menjauhi gluten untuk mencegah agar gejala dan komplikasi tidak terjadi.

  • Beralih ke diet bebas gluten

  • Ini adalah sebuah perubahan besar yang tampak sebagai awal baru. Kebiasaan ini membutuhkan penyesuaian yang cukup lama untuk benar-benar terbiasa. Awalnya mungkin Anda akan merasa sangat kesulitan dengan adanya pembatasan diet, terutama jika tidak memiliki gejala yang mengganggu sebelum didiagnosa.

  • Advertisement
  • Anda mungkin sering melihat label 'gluten-free' pada beberapa produk pangan seperti pasta dan roti. Banyak pula toko-toko kelontong yang khusus menjual makanan bebas gluten. Namun, jika Anda tidak dapat menemukannya di daerah Anda, coba periksa dan bergabunglah dengan kelompok pendukung celiac atau mencari informasinya melalui internet.

  • Bagi Anda yang baru mulai menerapkan diet bebas gluten, sebaiknya awali dengan berkonsultasi pada ahli gizi tentang pola makan seimbang bagi para penderita celiac. Berikut beberapa jenis makanan sehat yang secara alami bebas dari gluten, seperti: kacang-kacangan dan biji-bijian dalam bentuk masih segar dan belum diproses. Telur, daging ikan dan unggas, buah dan sayuran serta sebagian besar produk susu olahan, bayam, ararut, soba, jagung dan tepung jagung, beras dan tepung beras, kedelai, kentang, kacang tanah dan tapioka.

  • Hindari semua jenis makanan dan minuman yang mengandung barley (malt, penyedap rasa malt dan cuka malt yang biasanya dibuat dari barley), gandum hitam, triticale (persilangan antara gandum dan gandum hitam) dan gandum.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Mengenal diet 'gluten free' beserta manfaatnya

Berhati-hatilah selalu ketika Anda membeli makanan di restoran, jika perlu tanyakan terlebih dahulu kepada pihak restoran jika mereka memiliki produk makanan yang betul-betul bebas gluten.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr