Pentingnya "bonding time" antara ayah dan anak perempuannya

Ada banyak hal baik yang bermanfaat bagi anak perempuan yang dekat dengan ayahnya. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

601 views   |   19 shares
  • Seorang ayah adalah 'pangeran' bagi setiap anak perempuannya. Bagi mereka, sosok ayah adalah pria ideal segala-galanya. Bersama dengan ayah, mereka akan merasakan kedekatan yang berbeda dari yang didapatkan dari seorang ibu.

  • Ayah adalah sosok yang dibanggakan, apalagi jika hubungannya dengan ibu berjalan harmonis maka saat besar nanti si anak seringkali memilih pasangan yang serupa dengan karakter ayahnya.

  • Banyak hal baik yang didapatkan seorang anak perempuan yang memiliki kedekatan baik dengan ayahnya. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

  • Rasa aman

  • Seorang anak perempuan mencari perlindungan dan rasa aman lewat pria pertama yang dikenalnya. Hal ini didapatkan dari ayahnya. Hubungan yang baik antara ayah dan anak perempuannya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Ada perasaan yang mungkin sulit diungkapkan, namun bagi mereka di manapun berada akan ada seorang 'pahlawan' yang menjaga setiap langkahnya, melindunginya kapan saja dan di mana saja.

  • Percaya diri

  • Kedekatan antara anak perempuan dan ayahnya dapat terjalin jika ada komunikasi yang baik sehingga seorang anak perempuan lebih percaya diri. Ia jadi lebih percaya diri dan yakin untuk melakukan sesuatu yang digemari. Saran dan komentar dari sang ayah adalah hal yang paling ditunggu-tunggunya. Bagi anak, keberhasilan melakukan sesuatu adalah kebanggaan untuk ayahnya, dan kegagalan adalah hal yang dapat membuat ayahnya sedih.

  • Cerdas secara sosial

  • Anak perempuan yang mempunyai kedekatan dengan ayahnya mampu tumbuh menjadi anak yang cerdas secara sosial. Ia dapat tumbuh menjadi anak yang mudah bergaul, supel dan ramah. Rasa percaya diri yang terbentuk dan rasa aman yang dirasakan akan memberikan dampak positif kepada anak saat berada di lingkungan sosialnya. Ia akan tumbuh menjadi anak yang lebih berani, mudah beradaptasi dan mampu bertahan saat lingkungan sosial tidak mendukungnya saat itu.

  • Kesan positif tentang pernikahan

  • Ayah yang baik adalah ayah yang mampu menjaga, menghormati, menyayangi, melindungi dan mengasihi ibu dari anak-anaknya. Perlakuan positif inilah yang akan dirindukan sang anak perempuan, ia ingin merasakan hal yang sama, bagaimana ayah memperlakukan ibunya. Jadi tidak heran ketika anak perempuan punya banyak siasat untuk bermanja-manja dan melakukan banyak cara agar mendapatkan izin dari ayahnya. Sisi positifnya, ia akan memiliki gambaran yang baik tentang pernikahan. Karena ayah adalah contoh nyata gambaran 'pria ideal' sebagai acuan mencari pasangan kelak.

  • Advertisement
  • Kedekatan ayah dan anak perempuan memang tidak bisa disamakan dengan kedekatan ibunya. Namun kedekatan anak perempuan dengan ayahnya memiliki dampak positif bagi tumbuh kembang anak di tiap tahapan usianya. Kehilangan sosok ayah dapat membuat anak perempuan mencari 'sosok' pria panutan lewat orang lain yang mungkin saja kurang tepat baginya. Penelitian dari Universitas Bristol, Inggris, mengindikasikan temuan bahwa absennya sosok ayah di fase kanak-kanak dapat mengakibatkan depresi bagi anak di usia remajanya.

  • Karenanya hai para ayah, dekatkan diri sebaik-baiknya pada anak perempuan Anda. Jadilah superhero, sahabat dan Ayah yang selalu ada untuk mereka.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Pentingnya "bonding time" antara ayah dan anak perempuannya

Ada banyak hal baik yang bermanfaat bagi anak perempuan yang dekat dengan ayahnya. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr