5 hal yang harus Anda lakukan selagi masih muda, untuk masa tua yang sejahtera

Ketika tiba masa tua tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Untuk itu, persiapkan diri sebaik mungkin dengan giat bekerja selagi masih muda, menabunglah agar kehidupan masa tua lebih terjamin.

1,003 views   |   12 shares
  • Puji syukur kepada Tuhan saya masih memiliki orangtua yang keduanya dalam kondisi sehat, mereka berdua saat ini tinggal di Malang dan mengelola usaha warung di pinggir pantai. Ibu saya pandai memasak, dulu beliau adalah seorang penata rias, berhubung usia dan tenaga yang semakin berkurang saat ini lebih memilih fokus untuk berjualan makanan. Sedangkan ayah adalah seorang pensiunan Kantor Pos, supaya tetap bisa beraktivitas di usia senja beliau memilih bertani menanam pisang dan membantu ibu berjualan di warung.

  • Setiap orang tidak bisa menolak datangnya hari tua. Untuk itu, supaya tetap produktif persiapan-persiapan harus sudah mulai dilakukan ketika masih muda. Apa sajakah itu? Berikut 5 di antaranya:

  • 1. Olahraga

  • Seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh manusia akan mengalami banyak penurunan. Untuk mencegah hal tersebut olahraga secara rutin selagi masih muda adalah cara terbaik untuk mempertahankannya. Melalui olahraga secara rutin dan disertai dengan mengonsumsi makanan serta gaya hidup sehat akan membuat seseorang tetap memiliki tubuh yang bugar hingga usia senja nanti.

  • 2. Mengelola stres

  • Stres adalah musuh terbesar bagi manusia, banyak orang jatuh sakit akibat stres. Stres yang tidak segera ditangani dapat membuat seseorang hidup dalam tekanan, tekanan-tekanan tersebut pada akhirnya akan menimbulkan pelbagai macam penyakit tidak hanya pikiran tapi juga fisik. Dan sekedar untuk diketahui saja, orang yang hidupnya penuh dengan tekanan cenderung memiliki harapan hidup jauh lebih rendah daripada mereka yang bahagia. Maka dari itu kelolalah stres, jauhkan pelbagai macam sumber masalah seperti utang-piutang, pertengkaran, ataupun tindakan kriminal. Sebaliknya kerjakan hobi yang disukai, hiduplah secara damai dengan semua orang, kunjungi tempat-tempat wisata menarik, sehingga dengan demikian stres tidak memiliki peluang untuk memengaruhi kehidupan kita.

  • 3. Bekerjalah dengan giat

  • Ketika tiba masa tua tidak ada banyak hal bisa dilakukan. Untuk itu, persiapkan diri sebaik mungkin dengan giat bekerja selagi masih muda, menabunglah agar kehidupan masa tua lebih terjamin.

  • 4. Perbanyak kegiatan kerohanian

  • Kematian bagaikan seorang pencuri, kita tidak pernah tahu kapan saatnya hari itu akan tiba. Maka dari itu, selagi masih muda perbanyaklah kegiatan rohani supaya kita selalu merasa siap kapan pun Tuhan memanggil.

  • 5. Perbanyak kegiatan amal

  • Meskipun bukan dari kalangan berada, sejak masih muda orangtua saya rutin setiap enam bulan sekali menyisihkan sebagian dari pendapatan mereka untuk disumbangkan kepada orang lain yang membutuhkan. Melalui sebuah yayasan anak yang dikelola oleh sebuah organisasi keagamaan, meskipun bantuan yang mereka berikan tidak seberapa, tetapi hal tersebut mampu membawa kepuasan batin dalam hati kedua orangtua saya. Tidak pernah menjadi sebuah kerugian ketika kita bersedia membantu orang lain dengan tulus itulah yang beliau sering katakan. Bantuan yang kita berikan pun tidak harus selalu berupa materi, tetapi melalui tenaga dan pikiran juga dapat kita berikan untuk membantu mereka yang membutuhkan.

  • Advertisement
  • Tentunya masih ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri memasuki masa tua. Jangan pernah sia-siakan masa muda kita, kita tidak pernah tahu berapa lama kita akan hidup di dunia ini, tetapi melalui persiapan-persiapan yang telah kita lakukan semoga kehidupan masa tua kita nanti lebih bahagia.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 hal yang harus Anda lakukan selagi masih muda, untuk masa tua yang sejahtera

Ketika tiba masa tua tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Untuk itu, persiapkan diri sebaik mungkin dengan giat bekerja selagi masih muda, menabunglah agar kehidupan masa tua lebih terjamin.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr