Menikah di usia muda dan segala tantangannya

Meninggalkan kesenangan pribadi dan ego ketika memutuskan menikah di usia yang masih muda, mungkinkah?

868 views   |   11 shares
  • Pernikahan merupakan salah satu tahap dalam kehidupan seseorang. Hal ini terjadi di manapun dan kapanpun di mana pernikahan adalah sebuah proses bersatunya dua pribadi manusia yang saling mengikat komitmen untuk menjalani hidup rumah tangga.

  • Salah satu fenomena yang sering terjadi pada pernikahan adalah pernikahan antara pasangan yang sama-sama masih berusia muda. Maraknya fenomena menikah pada usia muda ini menimbulkan berbagai macam alasan tidak hanya disebabkan oleh kehamilan di luar nikah saja, namun juga keinginan dari masing-masing pihak itu sendiri. Keinginan untuk hidup bersama dan membangun rumah tangga tanpa paksaan, di usia muda.

  • Biasanya, mereka yang memutuskan untuk menikah di usia muda sudah paham benar dengan konsekuensi yang akan dihadapi terutama dengan hilangnya kesenangan di masa muda yang sebenarnya masih dapat dinikmati, digantikan dengan berbagai tanggungjawab sebagai pelaku peran dalam rumah tangga baik itu laki-laki maupun perempuan.

  • Berbagai macam tanggung jawab itulah yang nantinya akan menjadi tantangan-tantangan dalam kehidupan berumah tangga mereka. Peluang konflik yang terjadi dalam keluarga baik terhadap pasangan yang menikah di usia muda maupun bagi pasangan yang menikah di usia yang lebih tua sebenarnya akan sama saja. Hanya saja di usia yang masih muda biasanya seseorang masih memiliki berbagai keinginan pribadi yang ingin dicapai untuk kepentingan sendiri sebagai bentuk aktualisasi diri. Jika hal ini tidak dapat dikompromikan tentu akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan dengan pasangannya.

  • Di samping itu, bagaimana kesiapan setiap pasangan muda untuk memiliki anak dan menjadi orangtua juga masih sering dipertanyakan. Selama pasangan muda ini memang menikah atas dasar kemauan sendiri dengan penuh kesadaran, memiliki tujuan yang jelas dan baik, maka mereka dapat mempersiapkan diri untuk menjadi suami istri maupun menjadi ayah dan ibu bagi anak mereka. Pasalnya tidak ada pendidikan formal yang mengajarkan bagaimana menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak. Setiap orang belajar menjadi orang tua hanya dengan cara menjalaninya baik itu sebagai ayah maupun sebagai ibu.

  • Seseorang dapat belajar dari pengalaman sendiri maupun dari pengalaman orang lain yaitu dari orangtua sendiri. Jadi proses belajar untuk menjadi orangtua adalah sebuah proses belajar yang akan terus berlangsung. Yang terpenting dari semuanya itu adalah komitmen yang harus terus dijalankan dengan dasar keputusan bahwa telah sama-sama ingin menikah di usia yang tergolong masih muda.

  • Advertisement
  • Misalnya pasangan yang menikah di usia 18 tahun namun mereka telah memiliki komitmen yang kuat dan baik untuk selanjutnya akan bersama membangun rumah tangganya, maka dapat dikatakan proses yang mereka jalani akan berjalan dengan lebih baik dibandingkan dengan pasangan yang menikah di usia jauh lebih tua tetapi di dalam pribadi masing-masing masih memiliki keinginan atau rasa egois yang kuat untuk mementingkan kepentingan pribadi saja.

  • Jadi, sebenarnya pada prinsipnya ketika seseorang sudah memutuskan untuk memasuki hidup berumah tangga, maka sudah menjadi keharusan untuk berkomitmen membawa keluarga yang dimiliki untuk bersama-sama mencari masa depan yang lebih baik dari sebelumnya. Apabila hal ini dapat tertanam dalam masing-masing pihak baik suami maupun istri yang telah memutuskan untuk menikah, maka apapun tantangan yang di hadapi dalam rumah tangga mereka pasti dapat dilalui dengan baik.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Menikah di usia muda dan segala tantangannya

Meninggalkan kesenangan pribadi dan ego ketika memutuskan menikah di usia yang masih muda, mungkinkah?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr