Langkah cerdas untuk bangkit setelah mengalami kegagalan

Jangan mudah putus asa dengan apa yang telah terjadi.

1,013 views   |   10 shares
  • Tidak ada seorang pun berharap mengalami kegagalan, tetapi nyatanya kegagalan memang menjadi bagian dalam kehidupan. Seseorang yang mampu melihat kegagalan sebagai pendorong, akan mampu mengatasinya dan tidak menjadikannya sebagai sebuah beban.

  • Hanya saja memang tidak mudah mengatasi keterpurukan akibat kegagalan, bagi sebagian orang kegagalan seakan-akan menjadi akhir dari segalanya. Maka dari itu, jika memang kegagalan terpaksa harus terjadi dalam kehidupan Anda, beberapa hal berikut bisa Anda lakukan supaya bisa segera bangkit dan menemukan kembali semangat.

  • Anggaplah kegagalan sebagai "cambuk"

  • Orang-orang hebat di dunia mencapai keberhasilan mereka bukan tanpa rintangan, tetapi menjadi besar karena setiap kali mengalami kegagalan mereka segera bangkit dan menganggap kegagalan tersebut sebagai sebuah cambuk. Jadi, berprinsiplah bahwa mengalami kegagalan bukan sebagai sesuatu yang memalukan, tetapi malulah kepada diri sendiri ketika kita tidak mau berusaha dan berputus asa.

  • Teruslah mencoba dan mencoba lagi

  • Sebagai manusia karakter Anda terlihat saat menghadapi kegagalan, apakah Anda akan menyerah begitu saja atau justru mencoba dan mencoba lagi hingga keberhasilan bisa Anda raih? Hal ini sesuai dengan apa yang telah difirmakan oleh Tuhan bahwa Ia tidak akan mengubah nasib suatu kaum, apabila kaum itu tidak bersedia mengubahnya sendiri.

  • Jangan mengeluh

  • Mengeluh bukan ciri seseorang yang tegar, mengeluh hanya akan menjerumuskan Anda lebih dalam hingga Anda benar-benar tidak mampu untuk bangkit. Sebaliknya, ketika menghadapi kegagalan berpikirlah secara positif, sebisa mungkin evaluasi kembali apa yang sekiranya menjadi penyebab kegagalan tersebut terjadi.

  • Belajarlah dari pengalaman

  • Apabila Anda mengalami kegagalan percayalah bahwa Anda tidak sendiri, melainkan ada banyak orang di luar sana mengalami hal yang sama, bahkan mungkin lebih parah dari apa yang Anda sedang alami saat ini. Anda harus optimis bahwa kesempatan meraih keberhasilan masih terbuka lebar, belajarlah dari pengalaman terdahulu supaya Anda semakin dekat dengan keberhasilan.

  • William O. Uraneck, seorang penulis kenamaan, dalam bukunya berjudul 101 Cases of Creative Problem Solving (https://openlibrary.org/works/OL13678436W/101casesofcreativeproblem_solving), juga memberikan beberapa saran tambahan bagaimana supaya bisa segera bangkit dan mengatasi kegagalan.

    1. Untuk mengatasi kegagalan, maka pertama-tama Anda harus memahami dengan baik letak dari persoalan. Berhati-hati saat mengambil keputusan dan teliti kembali sebelum bertindak, maka Anda pasti akan bisa mengantisipasi terjadinya kegagalan.

    2. Milikilah semangat dengan selalu berpikir positif, perbaiki keahlian dan jalin kerja sama dengan banyak orang.

    3. Segera selesaikan jangan menunda ketika muncul gejala-gejala kegagalan, sebab semakin dini permasalahan di atasi maka kerugian bisa diminimalisir.

    4. Jangan ragu untuk meminta nasihat dari orang yang lebih berpengalaman, ambillah pelajaran dari orang-orang yang pernah mengalami kegagalan, sehingga Anda tidak perlu mengalaminya.

    5. Jangan mudah putus asa dengan apa yang telah terjadi. Nasib bukan sekedar takdir seseorang, tapi merupakan jalan hidup yang harus dihadapi dengan antusiasme tinggi.

    6. Jadilah kreatif.

    7. Jika kegagalan telah terjadi biarkanlah, jangan menoleh ke belakang untuk meratapinya. Melainkan pandanglah ke depan karena kesempatan untuk meraih keberhasilan masih terbuka lebar.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Langkah cerdas untuk bangkit setelah mengalami kegagalan

Jangan mudah putus asa dengan apa yang telah terjadi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr