Amankah Mammogram untuk deteksi kanker payudara?

Selain dengan metode Periksa Payudara Sendiri (SADARI), Anda juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit dengan melakukan tes Mammogram. Tapi, apa ada efek sampingnya?

712 views   |   5 shares
  • Mammogram, metode deteksi kanker payudara yang aman.

  • Selain dengan metode Periksa Payudara Sendiri (SADARI)-yang akhir-akhir ini gencar dikampanyekan para survivor kanker payudara, Anda juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit dengan melakukan deteksi Mammogram. Mammogram adalah metode pemeriksaan payudara dengan cara menggunakan mesin x-ray. Metode ini termasuk efektif untuk mendeteksi apakah di dalam payudara terdapat benjolan penanda kanker atau tidak.

  • Tapi pada kenyataannya, sayangnya masih banyak perempuan yang justru ragu untuk melakukan deteksi kanker dengan Mammogram. Hal tersebut dikarenakan, berdasarkan informasi beredar; Mammogram dapat menyebabkan kanker dan bukan mendeteksi keberadaannya.

  • Seperti disampaikan oleh Dr Esther Chuwa—dokter spesialis bedah payudara dari Gleneagles Hospital Singapura, tidak benar informasi yang menyebutkan Mammogram dapat menyebabkan kanker.

  • "Mammogram masih terbukti sebagai langkah deteksi dini yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang. 85% dari DCIS, sel kanker yang terperangkap di dalam pembuluh, dapat terdeteksi oleh Mammogram," jelasnya, ketika ditemui dalam kesempatan media gathering yang diselenggarakan Parkway Hospitals Singapore Sabtu (22/10) lalu.

  • Berikut adalah fakta yang perlu Anda ketahui seputar deteksi dan operasi terhadap kanker payudara:

    1. Biopsi TIDAK menyebabkan sel kanker menyebar

    2. Mastektomi BUKANLAH satu-satunya prosedur operasi untuk Kanker Payudara

    3. Rekonstruksi payudara TIDAK mempengaruhi tingkat kesuksesan maupun kegagalan dalam pengobatan kanker

    4. TIDAK semua kelenjar getah bening di ketiak perlu ditangani dengan bedah pengangkatan

    5. Terkadang, pembedahan saja tidak cukup untuk mengobati kanker. Dibutuhkan adanya pemeriksaan lebih lanjut untuk memahami dan mengetahui tindakan penanganan yang tepat.

  • Pada kanker payudara stadium awal, Breast Conservation Surgery (BCS) atau bedah konservasi payudara dapat memberikan hasil yang efektif, seperti halnya mastektomi.

  • Pembedahan konservasi payudara merupakan teknik pengangkatan kanker dan upaya menyelamatkan payudara yang tidak ditemukan sel kanker. Proses ini merupakan alternatif bagi sebagian besar mastektomi atau operasi pengangkatan seluruh payudara. Salah seorang selebriti yang memutuskan melakukan mastektomi untuk menghilangkan risiko kanker payudara adalah Angelina Jolie.

  • Inovasi terbaru bedah payudara

  • Advertisement
  • Seiring semakin berkembangnya teknologi medis, para penderita kanker payudara juga kini memiliki pilihan. Selain dengan BCS, perkembangan teknologi menghasilkan inovasi Oncoplastic Breast-Conserving Surgery (OBCS) atau bedah konservasi payudara onkoplastik.

  • "Dampak kanker payudara terhadap kepercayaan diri seorang perempuan menginspirasi kami untuk berinovasi dengan menyediakan opsi bedah konservasi payudara onkoplastik. Teknik onkoplastik tidak saja mengobati kanker tetapi juga membantu untuk menjaga penampilan perempuan. Dengan teknik bedah plastik, onkoplastik dapat mencapaikan hasil estetika yang lebih diinginkan," ungkap Dr. Esther.

  • Ia menambahkan, "pemahaman mendalam pada akhirnya tetap harus diiiringi dengan tindakan pencegahan seperti menjaga pola hidup sehat dengan menjaga berat badan, rajin berolahraga, hindari mengkonsumsi alkohol dan merokok."

  • "Hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan mandiri dengan rutin. Selain itu juga menjaga pola hidup sehat. Rutinlah melakukan cek mandiri pada payudara," sarannya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

Amankah Mammogram untuk deteksi kanker payudara?

Selain dengan metode Periksa Payudara Sendiri (SADARI), Anda juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit dengan melakukan tes Mammogram. Tapi, apa ada efek sampingnya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr