Cara tepat memberi pengertian pada kakak tentang kehadiran si adik bayi

Kakak cemburu dengan kehadiran adik bayi? Hal ini dapat dihindari dengan mempersiapkan tahapan berikut ini.

597 views   |   9 shares
  • Berbeda dengan saat kehadiran anak pertama, saat anak kedua hadir bukan hanya orang tua dan keluarga besar yang menantikannya, anak pertama juga menjadi orang yang menunggu kehadiran sang adik. Namun bagaimanakah perasaan anak pertama setelah kehadiran adiknya di tengah-tengah keluarga? Beberapa hal yang mungkin dirasakan olehnya adalah perhatian yang tiba-tiba terbagi, kasih sayang yang dirasakan berkurang, dan semakin jarangnya waktu kebersamaan dengan orang tua. Rasa cemburu yang dimiliki anak bisa ditunjukkan secara langsung, bisa juga tidak. Bahkan ada beberapa orang tua yang sering dihalang-halangi anaknya ketika ingin menggendong adiknya. Itu adalah salah satu contoh bagaimana bentuk cemburu seorang anak kepada orang tuanya.

  • Lalu bagaimanakah sikap orang tua untuk mengatasi hal seperti di atas? Tentu hal ini tidak dapat dilakukan secara instan, perlu persiapan dan juga sikap secara terus menerus agar anak pertama kita dapat menerima adiknya sebagai satu anggota baru di tengah-tengah keluarga.

  • Untuk mengupayakan hal tersebut, agar lebih mudah bagilah menjadi tahapan-tahapan yaitu tahap sebelum kelahiran, menjelang kelahiran dan setelah kelahiran.

  • 1. Sebelum kelahiran

  • Tentu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah agar anak Anda mengetahui bahwa ia akan segera memiliki adik. Informasi ini dapat menjadi awal untuk Anda mempersiapkan dirinya dengan hati-hati agar menjadi anak yang mandiri dengan meyakinkannya bahwa ia sudah cukup besar untuk melakukan beberapa kegiatannya sendiri. Jika anak Anda sudah terbiasa untuk berinteraksi dengan baik pada orang tuanya tentu hal ini tidak sulit dilakukan. Tanamkanlah bahwa memiliki adik adalah menyenangkan, dan ajak anak Anda untuk ikut mengalami proses mengandung seperti ikut merasakan tendangan-tendangan si adik bayi dan lain sebagainya.

  • 2. Menjelang kelahiran

  • Tahap ini sangat penting untuk dilakukan agar orang tua dapat mempersiapkan anak menjelang kelahiran. Jika tidak dipahami secara benar, bisa jadi anak Anda akan memaksa masuk ke dalam ruang persalinan. Bagi anak berusia tiga tahun ke atas ditinggalkan tiba-tiba oleh orang tuanya akan menjadi sebuah pertanyaan besar dalam benaknya. Komunikasikan padanya tentang apa yang akan dijalani oleh ibunya adalah perawatan dan untuk anak seusianya tidak diperbolehkan ikut serta, ajarilah anak untuk berdoa agar ibu dan adiknya tetap sehat.

  • 3. Setelah kelahiran

  • Hal pertama dalam tahap ini yang harus Anda lakukan adalah, tunjukkan padanya adik yang telah lahir. Pengungkapan yang baik dalam perkenalan ini akan membuat anak Anda turut merasakan kebahagiaan yang dialami di tengah keluarga. Ajak anak Anda untuk ikut serta merawat adik bayi, minta ia untuk mengambilkan bedak ataupun keperluan adiknya dan ucapkan terima kasih padanya. Sehingga anak merasa ia berperan dalam keluarga dan kehadiran adiknya tidak mengganggu perannya sebagai anak dari oang tuanya.

  • Advertisement
  • Itulah 3 tahapan yang dapat Anda lakukan agar anak Anda dapat menerima adiknya di tengah keluarga. Komunikasi sejak dini yang baik sebelum kehadiran sang adik akan membuat anak Anda jauh lebih siap untuk menghadapi situasi yang berbeda saat sebelum kehadiran dan sesudah kehadiran adiknya. Yang terpenting hindarilah bersikap membandingkan antara kakak dengan adik agar tidak membuat jurang pemisah di antara mereka. Berikan perhatian yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka masing-masing, dengan begitu hubungan antara Anda sebagai orang tua dan anak-anak Anda akan semakin erat dan hangat.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Cara tepat memberi pengertian pada kakak tentang kehadiran si adik bayi

Kakak cemburu dengan kehadiran adik bayi? Hal ini dapat dihindari dengan mempersiapkan tahapan berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr