Miliki keberanian di tengah penderitaan

Memang penderitaan yang sedang dialami kadang terasa sangat berat dan menyakitkan, hanya saja semua itu akan setimpal ketika dengan berani Anda menghadapinya sampai akhir dan mengatakan, “Aku Pasti Bisa.”

463 views   |   10 shares
  • Apakah Anda sedang menghadapi masalah saat ini? Bagaimana Anda mengatasi masalah tersebut? Atau, Apakah Anda sedang bergumul dengan penderitaan saat ini? Bagaimana Anda menyikapinya? Tentunya banyak perkara yang masing-masing dari Anda sedang hadapi dan seberapa tangguh Anda menghadapi perkara-perkara tersebut, menentukan seberapa cepat Anda bisa lepas dari setiap kesulitan dan penderitaan.

  • Keberanian di tengah penderitaan adalah satu-satunya kunci supaya seseorang mampu bertahan. Sebaliknya, rasa takut tidak akan pernah membantu untuk menyelesaikan persoalan, justru akan membuat persoalan jadi terasa makin berat. Anda tentu pernah mendengar ungkapan yang mengatakan, "Setiap persoalan yang terjadi dalam hidup ini bukan untuk dihindari, tetapi harus dihadapi."

  • Apa yang harus dilakukan untuk menghadapi penderitaan?

  • Dalam setiap peperangan prajurit yang memiliki semangat - memiliki keberanian untuk bertindak, ia siap menanggung segala risiko yang akan terjadi, baik maupun buruk. Luar biasanya, banyak di antara para prajurit tersebut akhirnya selamat dari medan perang karena mereka memiliki semangat, semangat disertai dengan keberanian akhirnya terus memotivasi mereka untuk tetap bertahan hidup bagaimanapun caranya.

  • Seorang filsuf Romawi, Saneca, mengatakan "Merasa susah itu biasa, tetapi berani menderita itu luar biasa." Untuk menghadapi penderitaan, selain keberanian setiap orang juga membutuhkan kesetiaan, yaitu kesetiaan kepada Tuhan.

  • Mengapa Tuhan mengizinkan penderitaan terjadi?

  • Bayangkan jika kehidupan ini tanpa penderitaan, akan seperti apa rasanya? Pertama-tama pemikiran semacam ini terlihat menarik. Tidak ada lagi rasa sakit akibat penyakit, tidak ada lagi kesedihan akibat peperangan, tidak ada lagi kepedihan akibat ditinggal oleh orang yang paling dicintai. Namun, Tuhan mengizinkan setiap penderitaan terjadi karena Ia ingin supaya kita sebagai manusia belajar, bahwa di balik setiap penderitaan ada hal-hal baik agar kita bisa mencapai kemajuan pribadi.

  • Janganlah kuatir, bahwa penderitaan yang Anda hadapi tidak akan pernah melampaui kemampuan Anda, itu yang Tuhan janjikan. Ia menjanjikan bahwa akan selalu ada jalan keluar dari setiap kesulitan, Anda harus memiliki iman dan menyerahkan sepenuhnya hidup Anda kepada-Nya.

  • Buang jauh-jauh rasa takut

  • Kekhawatiran berlebih dalam hidup adalah musuh utama setiap orang, ketakutan hanya akan membawa Anda masuk ke dalam lebih banyak penderitaan. Jika Anda ingin bahagia dan keluar sebagai "pemenang" buang jauh-jauh rasa takut Anda, Anda akan mendapatkan kepuasaan yang tidak bisa dirasakan oleh orang lain ketika mampu mengatasi setiap penderitaan Anda.

  • Advertisement
  • Akhir kata, tidak ada seorang pun yang terlepas dari penderitaan hidup, selama kita hidup inilah saat di mana kita akan terus belajar. Memang penderitaan yang sedang dialami kadang terasa sangat berat dan menyakitkan, hanya saja semua itu akan setimpal ketika dengan berani Anda menghadapinya sampai akhir dan mengatakan, "Aku Pasti Bisa."

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Miliki keberanian di tengah penderitaan

Memang penderitaan yang sedang dialami kadang terasa sangat berat dan menyakitkan, hanya saja semua itu akan setimpal ketika dengan berani Anda menghadapinya sampai akhir dan mengatakan, “Aku Pasti Bisa.”
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr