Bagaimana Menyajikan Makanan Sehat yang Digemari Anak Balita

Anak balita sering susah makan, walau ada juga yang mempunyai pembawaan doyan makan, namun rata-rata mereka suka memilih-milih. Sebagai orangtua kita ingin memberi mereka makanan yang sehat dan cepat dilahap.

6,829 views   |   5 shares
  • Anak balita sering susah makan, walau ada juga yang mempunyai pembawaan doyan makan, namun rata-rata mereka memilih-milih makanan. Sebagai orang tua kita ingin memberi mereka makanan yang sehat dan cepat dilahap. Kita tidak ingin mereka menyantap makanan cepat layan setiap hari, selain kurang sehat juga boros. Berikut ini beberapa cara menyediakan menu bergizi yang bisa kita siapkan di rumah dengan pedoman 4 sehat 5 sempurna.

  • Karbohidrat

  • Kebanyakan orang Asia menyukai nasi sebagai makanan pokok. Ada orang yang menganggap dirinya belum makan bila belum makan nasi. Kita hendaknya mengajarkan kepada anak-anak bahwa banyak makanan yang dapat menggantikan nasi seperti kentang, roti, bakmi, pasta, dsb. Mereka juga akan merasa kenyang dan memperoleh tenaga dengan menyantap makanan-makanan ini. Dengan menghidangkan makanan yang berbeda-beda, anak balita kita tidak akan cepat bosan karena harus makan nasi setiap hari.

  • Daging

  • Anak-anak balita mungkin sulit makan daging yang berpotongan besar karena itu mereka menyukai chicken nugget. Kita dapat menyesuaikan cara memasak kita agar mereka gampang makan daging. Misalnya bila kita biasanya membuat bistik dengan potongan besar-besar, kita dapat menggantinya dengan daging cincang. Atau kalau membuat sup ayam, potonglah dagingnya kecil-kecil, bahkan daging ayam cincang dapat kita buat bola-bola kecil dengan memakai telur kocok. Salah satu sumber protein yang disukai anak balita ialah telur. Jangan membatasi mereka makan satu telur dalam sehari karena mengingat nasihat keliru yang mengatakan makan telur akan menyebabkan timbulnya bisul. Nasihat itu mungkin diberikan karena harga telur 'tempoe doeloe' sulit dijangkau kantong orang tua.

  • Sayur

  • Bagaimana mengalahkan musuh anak balita yang satu ini? Kita dapat menyembunyikannya dalam masakan yang kita olah. Misalnya kita membuat kroket dengan diisi daging sapi cincang dan wortel serta buncis yang dipotong kecil-kecil. Kalau kita tidak ingin membuat gorengan, kita dapat menaruh daging dan sayur yang sudah kita tumis itu di dasar cetakan kue dan menutupnya dengan kentang yang dihaluskan, kemudian memanggangnya sebagai pastel tutup. Salah satu cara lain ialah membiarkan mereka menonton Popeye supaya mereka suka bayam.

  • Buah

  • Anak balita paling menyukai pisang, karena lunak dan mudah digigit. Namun kita dapat menyajikan buah-buahan lain dan memotongnya kecil-kecil supaya gampang dikunyah. Sebaiknya bila memberikan buah yang agak keras seperti apel potonglah tipis-tipis supaya mereka tidak tersedak.

  • Advertisement
  • Susu

  • Walau dalam 4 sehat 5 sempurna susu disebut sebagai pelengkap saja, namun susu banyak mengandung kalsium yang sangat membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak balita sangat membutuhkan susu. Di samping itu kebanyakan anak balita menggemari susu. Bila kita memiliki anak balita yang tidak tahan laktose yang dikandung susu sehingga setiap kali dia minum dia sakit perut, kita dapat menggantinya dengan susu kedelai.

  • Dengan mengingat hal-hal di atas kita dapat menyajikan menu bergizi yang disukai anak balita. Kita tidak perlu memaksa mereka makan sesuatu yang tidak mereka sukai, karena makin dipaksa mereka akan makin membencinya. Cobalah berkompromi dengan memakai akal kita sebagai orang tua supaya mereka makan dengan senang hati. Dengan demikian anak balita kita tumbuh sehat dan kita tidak perlu capai membujuk-bujuk mereka supaya mau makan atau marah-marah karena mereka tidak mau makan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana Menyajikan Makanan Sehat yang Digemari Anak Balita

Anak balita sering susah makan, walau ada juga yang mempunyai pembawaan doyan makan, namun rata-rata mereka suka memilih-milih. Sebagai orangtua kita ingin memberi mereka makanan yang sehat dan cepat dilahap.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr